3 Tips Memilih Selang yang Berstandar dan Sesuai Kebutuhan!


3 Tips Memilih Selang yang Berstandar dan Sesuai Kebutuhan!

Memilih selang yang berstandar memang tidak bisa dilakukan secara sembarang, Anda harus memperhatikan beberapa poin penting dalam pemilihannya. Berikut ini tips memilih selang yang berstandar untuk Anda ikuti.


Tips Memilih Selang yang Berstandar dan Sesuai Kebutuhan


Dalam memilih selang yang berstandar dan sesuai dengan kebutuhan untuk digunakan dalam segala hal, ada beberapa tips yang harus Anda lakukan di antaranya sebagai berikut:


1. Pilih Merek Terbaik

Agar Anda benar-benar memilih selang yang sesuai dengan standar, maka pilihlah brand atau merek terbaik dan ternama yang pasti sudah terbukti mengenai kualitasnya.


Oleh sebab itu, untuk mendapatkan merek terbaik Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu terkait citra perusahaan yang akan Anda pilih. Selain itu pastikan juga spesifikasi material yang digunakannya.


Bila perlu Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu pada teknisi yang mengurus soal instalasi selang hidrolik.


Akan lebih baik lagi jika Anda membandingkan kualitas brand satu dengan brand lain untuk menemukan pilihan terbaik.


2. Jangan Salah Pilih Spesifikasi!

Tips kedua yang harus Anda pastikan dalam memilih selang berstandar, Anda tidak boleh salah memilih spesifikasi. Kesalahan pemilihan spesifikasi biasanya dialami oleh orang awam yang baru menyelami jenis selang.


Hose atau selang memiliki banyak spesifikasi berdasarkan kategorinya, mulai dari ukuran, panjang hingga jenis kawatnya.


Lebih rincinya agar Anda bisa menemukan jenis selang dengan spesifikasi yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:


Panjang Selang

Pertama pilih panjang selang yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda menggunakan selang untuk menyiram tanaman, maka tentukan berapa meter panjang selang yang digunakan dalam menyiram tanaman dan mengukur batas maksimal ke halaman yang dituju.


Atau jika digunakan untuk pertambangan, pastikan panjang selang sesuai dengan kebutuhan penyaluran cairannya.


Tebal Selang

Kedua dalam memilih selang yang sesuai dengan kebutuhan, pastikan ketebalan selang yang akan digunakan untuk kebutuhan. Sebab, ketebalan pada selang mempengaruhi operasi selangnya.


Bahan Selang

Tips ketiga agar tidak salah memiliki spesifikasi, Anda bisa memilih jenis bahan yang disesuaikan dengan iklim dan cuaca tempatnya.


Semisalnya, iklim atau cuaca di tempat Anda panas, maka pilihlah bahan selang yang tidak mudah rusak dan tahan akan cuaca panas atau ekstrim.


Contohnya, Anda bisa memilih jenis selang yang terbuat dari bahan karet sintetis, teflon hingga termoplastik. Kedua bahan ini sangat berkualitas dan tidak akan mudah rusak meskipun pada cuaca yang ekstrim.


Keamanan Selang

Jika Anda ingin memilih jenis selang yang aman, Anda bisa memilih selang yang dilindungi dengan antimikroba untuk menghindari pertumbuhan bakteri dalam selang.


Desain Selang

Terakhir pilihlah desain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa memilih ujung selang yang dapat diatur penyemprotannya, biasanya ini terbuat dari bahan plastik dan kuningan. Fitur ini akan bermanfaat untuk penyemprotan air.


Selain itu, Anda bisa memilih selang yang mudah untuk disimpan seperti selang dengan relnya.


3. Jangan Tergiur Harga Murah

Memang siapa yang tidak akan tergiur dengan sesuatu yang dibandrol dengan harga murah? Namun harus Anda pertimbangkan kembali spesifikasi yang didapatkan. Biasanya harga murah memiliki spesifikasi yang rendah.Semakin bagus spesifikasi yang didapat semakin mahal harganya.

Itulah tips memilih selang yang berstandar dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa mendapatkan berbagai selang yang sesuai dengan kebutuhan di PT Indah Jaya, info lengkapnya klik tautan berikut ini INDAHJAYA.com.