top of page

4 Cara Memilih Merk Genset yang Bagus


4 Cara Memilih Merk Genset yang Bagus

Genset sudah menjadi produk yang wajib dimiliki oleh banyak orang. Apalagi yang menjalankan usaha selama 24 jam. Misalnya, seperti Indomaret dan lain sebagainya. Tanpa adanya alat seperti ini, Anda akan kesulitan jika mendadak terjadi pemadaman listrik. Karena itu, dapat mempertimbangkan pembelian mesin dengan menggunakan cara memilih merk genset yang bagus.


Ada berbagai macam mesin yang dapat Anda gunakan sesuai dengan keinginan sendiri. Setiap mesin mempunyai perbedaan harga dan juga kelebihan. Tentunya, untuk melakukan pembelian, Anda harus melakukan berbagai macam pertimbangan.


Cara Memilih Merk Genset yang Bagus


1. Menghitung Kebutuhan Listrik

Kebutuhan listrik adalah kebutuhan daya listrik untuk sebuah tempat. Jika Anda hendak memilih generator set untuk rumah, maka hitung kebutuhan listrik di rumah Anda. jika Anda hendak memilih generator set untuk industri, maka hitung kebutuhan listrik di industri tersebut. Sebagai contoh sederhana, Anda hendak memilih generator set untuk rumah.


Di rumah Anda, terdapat lima buah lampu, sebuah lemari es, sebuah kipas angin, sebuah televisi, dan barang elektronik yang membutuhkan daya listrik harus Anda hitung. Guna mengetahui kapasitas generator set yang akan dipilih nanti. Perlu ditekankan, hitung kebutuhan listrik yang paling utama untuk dibebankan pada generator set ketika listrik di rumah padam. Jadi, Anda tidak menghitung seluruh barang elektronik yang ada.


2. Pilih Daya Generator Set Lebih Besar 10% dari Total Kebutuhan Listrik

Setelah Anda mengetahui berapa total kebutuhan listrik, maka cara selanjutnya adalah memilih daya generator set. Pastikan Anda memilih daya generator set dengan beban lebih besar 10% dari total kebutuhan listrik yang telah Anda hitung. Hal ini guna mengantisipasi agar beban daya generator set sesuai dengan kebutuhan listrik di tempat Anda ketika listrik padam atau memang tidak ada aliran arus listrik sama sekali.


3. Pilih Tipe Generator Set yang Berkualita

Ada baiknya Anda memilih tipe genset handal dan berkualitas. Pilihlah tipe open jika hendak meletakkannya di daerah terpencil atau seperti gudang. Pilihlah tipe silent jika hendak meletakkannya di daerah yang ramai.


4. Pilih Bahan Bakar yang digunakan pada Generator Set

Pilihlah Genset yang menggunakan bahan bakar bensin atau gas. Usahakan tidak memilih generator set yang menggunakan bahan bakar solar. Sebab seperti yang diketahui, bahan bakar solar saat ini semakin sulit untuk diperoleh. Jangan sampai Anda kesulitan untuk menghidupkan generator set hanya karena mesin penggerak listrik tersebut kehabisan bahan bakar.


5. Pastikan Spare part Mudah diperoleh

Tidak ada yang mengharapkan generator set rusak pada waktu yang cepat. Namun ketika salah satu komponen pada generator set rusak, yang diharapkan adalah Anda mudah untuk memperoleh spare part. Sehingga ketika ada kerusakan pada bagian spare part generator set, Anda tidak akan kesulitan mendapatkannya. Selain itu, ketika ada kendala pada generator set, maka Anda juga dapat meminta layanan pada pihak teknisi sesuai dengan merk generator set yang dibeli.


6. Pilih Generator Soundproof

Sebuah generator set yang handal adalah mesin penggerak listrik yang tidak bising ketika dinyalakan. Anda tentu sering mendengar suara mesin generator set yang menderu dan bising. Saat ini generator set telah dilengkapi dengan soundproof. Sehingga ketika mesin penggerak listrik dinyalakan, Anda tidak akan mendengar suara yang bising.


Itulah beberapa cara memilih merk genset yang bagusdan dapat menjadi pilihan Anda dalam pembelian. Anda juga dapat melihat berbagai macam produk menarik lainnya dengan kualitas tinggi dalam PT. Indah Jaya Teknik Presisi. Langsung saja cek penawaran yang diberikan dan berbagai macam informasi lainnya dalam http://indahjaya.com

Comments


bottom of page