4 Penyebab dan Cara Mengatasi Pompa Celup Tidak Kuat Menyedot


4 Penyebab dan Cara Mengatasi Pompa Celup Tidak Kuat Menyedot

Berbagai permasalahan pada pompa celup air bisa Anda jumpai, salah satunya pompa yang tidak mampu menyedot atau menghisap air. Meski begitu Anda tidak perlu khawatir, sebab ada cara mengatasi pompa celup tidak kuat menyedot yang bisa Anda lakukan.


Penyebab dan Cara Mengatasi Pompa Celup Tidak Kuat Menyedot


Dalam mengatasi pompa yang tidak kuat menyedot atau menghisap air, anda harus mengenali penyebabnya terlebih dahulu yang mana akan dijelaskan sebagai berikut:


1. Putaran Dinamo yang Lemah

Pertama yang menjadi penyebab pompa tidak kuat menghisap air yakni disebabkan oleh putaran dinamonya, putaran dinamo yang lemah membuat pompa tidak bisa menghisap air. Maka, sebagai solusi untuk mengatasinya Anda bisa mengangkat pompa dan membawanya ke tempat gulung dinamo untuk melakukan servis gulungan dinamo. Namun, mengenai biaya service untuk gulung dinamo memiliki harga yang hampir sama dengan membeli pompa baru. Oleh sebab itu, lebih baik Anda membeli yang baru.


2. Penurunan Ketinggian Air dalam Sumur

Penyebab kedua yang memungkinkan pompa celup tidak dapat menghisap air ialah adanya penurunan ketinggian air di dalam sumur.


Pompa celup ini memang berbeda dari lainnya, sebab jika ia dioperasikan dalam keadaan air yang kurang bahkan tidak ada pompa bisa saja tidak berfungsi bahkan rusak.


Maka kemungkinan pompa yang tidak dapat menghisap dan mengeluarkan air ialah adanya penurunan ketinggian airnya.


Sebagai solusinya Anda harus mengatasi permasalahan minimnya daya air dalam sumur atau sebagai langkah mencegahnya Anda bisa membuat sumur serapan atau melakukan injeksi air tanah dan cara lainnya.


3. Adanya Kebocoran

Penyebab lain yang membuat pom air tidak dapat menghisap yakni adanya kebocoran pada pipa. Maka untuk solusinya Anda harus mengecek adanya kebocoran tersebut.


Langkah pertama Anda bisa memeriksa tabung angin yang mana jika tidak terdapat angin sama sekali atau sedikit maka kemungkinan adanya kebocoran.


Langkah akhirnya Anda harus mengangkat pipa di dalam sumur untuk menemukan adanya kebocoran baik itu berupa retak atau pipa yang pecah.


Adanya kebocoran pada pipa dapat membuat mesin pompa kehilangan kevakuman yang berakhir daya sedot atau hisap menjadi lemah atau bahkan tidak dapat menghisap air sama sekali.


Anda bisa mencoba untuk merangkai kembali pipa tersebut secara tepat dan benar, lalu kembali mengeceknya.


4. Kesalahan Pemasangan Pompa Celup

Terakhir yang menjadi penyebab pompa tidak dapat menghisap air ialah adanya kesalahan pada instalasi atau pemasangan pompa celupnya.


Biasanya kesalahan ini terjadi ketika pengguna melakukan pemasangan pompa tanpa bantuan dari ahlinya atau menggunakan jasa pompa yang kurang paham dalam melakukan instalasinya.


Yang mana mereka melakukan instalasi atau pemasangan pompa ini hanya agar dapat menempatkan mesin pompa serapi mungkin tanpa mementingkan prosedur teknis dan efektifitasnya.


Oleh sebab itulah pompa tidak kuat menghisap air, dengan ini dalam melakukan pemasangan pompa celup Anda harus benar-benar paham prosedur instalasinya atau menyerahkan ke jasa ahli pemasangan pompa yang sudah berpengalaman.


Nah itulah penyebab dan cara mengatasi pompa celup tidak kuat menyedot air. Dengan memahami ini Anda bisa lebih tahu dan paham bagaimana cara mengatasi atau mencegah permasalahan pompa yang tidak dapat menghisap air. Jika Anda membutuhkan pompa celup atau bantuan terkait instalasi pompa celup Anda bisa mengkonsultasikan kepada Indah Jaya, untuk informasi lebih lanjut mengenai perusahaan Indah Jaya Anda bisa mengklik https://indahjaya.com