4 Perbedaan Hose Oli dan Hose Air Paling Menonjol


4 Perbedaan Hose Oli dan Hose Air Paling Menonjol

Di dunia industri nama hose adalah perlengkapan dalam instalasi mesin produksi yang punya peran krusial. Hose sama dengan selang. Sebagai pekerja pabrik Anda harus tahu apa saja perbedaan hose oli dan hose air supaya tahu cara perawatan dan penggunaannya secara tepat.


Selang fungsi utamanya adalah wadah untuk penyalur yang punya fungsi secara umum untuk dipakai sebagai zat seperti air, angin, steam, atau oli dari satu benda ke benda lainnya. Sedangkan untuk zat tersebut memiliki fungsi untuk jadi media utama penggerak benda ataupun part dalam mesin produksi.


Untuk itulah hampir seluruh pabrik industri memiliki part hose oli dan air karena hampir semua mesinnya membutuhkan alat tersebut. Namun, pemilihan selang juga harus tepat supaya tidak terjadi kesalahan karena kecerobohan manusianya.


4 Perbedaan Hose Oli dan Hose Air


Setidaknya ada dua jenis selang yang harus diketahui karena banyak dipakai. Di bawah ini akan dijelaskan terkait dengan hose oli dan air serta 5 perbedaannya yang paling nampak.


1. Dari Segi Fungsi

Mulai dengan hose oli fungsinya adalah menyalurkan suatu unsur zat yang sifatnya memiliki tekanan tinggi seperti oli. Ketika terjadi pemompaan oli akan menunjukkan tekanan yang sangat tinggi sehingga jadi media penyalur yang kuat untuk jadi penahan oli tinggi tersebut.


Sedangkan untuk hose air biasanya lebih kepada penyalur zat air ke satu benda ke benda kerja dalam sebuah mesin. Tekanannya lebih rendah dibandingkan dengan penyalur oli.


2. Dari Segi Bentuk

Bentuk hose air lebih terlihat lentur dan juga ringan sedangkan untuk hose oli lebih terlihat kaku. Panjang selangnya juga berbeda satu sama lain. Jika hose oli terkadang lebih pendek, hose air akan lebih panjang.


Begitu pula dengan daya lekukannya. Hose air meskipun bentuknya banyak yang lebih panjang dan diameternya lebih besar namun daya lekuknya lebih bagus dibandingkan dengan hose oli kebanyakan.


3. Dari Segi Perawatan

Tingkat risiko hose oli bocor lebih membahayakan dibandingkan dengan hose air. Itulah kenapa ketebalan lapisan kedua hose ini berbeda begitu juga dari segi perawatannya, hose oli lebih membutuhkan perawatan yang detail.


Perbedaan hose oli dan hose air untuk perawatannya ini juga membuat cara simpannya berbeda. Hose air lebih mudah dan bisa disimpan dimanapun, hanya akan lebih baik jika tidak berlama di bawah panas matahari begitu juga dengan hose oli.


4. Dari Segi Warna

Untuk warna dari hose oli ataupun air biasanya sangat beragam. Untuk hose air akan lebih variatif sedangkan hose oli lebih identik dengan warna gelap dengan kulit yang tidak transparan. Hose air beberapa tipe memiliki jenis yang transparan sehingga bisa dilihat dari luar ketika mengalirkan air dengan jelas.


Itulah perbedaan dasar dari Hose oli dan air yang sering dipakai di bidang industri pabrik. Jika Anda pekerja pabrik yang sedang mendapat tugas mencari toko yang menjual berbagai selang terbaik, maka jangan asal pilih. Pasalnya ada saja toko yang menjual selang tidak berstandar sehingga menimbulkan kecelakaan kerja. Jadi, usai mengetahui perbedaan hose oli dan hose air disini juga direkomendasikan salah satu toko selang terbaik Indah Jaya yang bisa langsung Anda lihat selang dan harganya secara online di Indahjaya.com.