5 Tahapan dalam Cara Menggunakan Pompa Celup


5 Tahapan dalam Cara Menggunakan Pompa Celup

Seperti namanya, pompa air ini memiliki kegunaan dalam memindahkan cairan dari satu tempat ke tempat lain. Pompa air sendiri terdiri dari banyak jenisnya salah satunya pompa celup. Cara menggunakan pompa celup tidak jauh berbeda dengan lainnya Anda bisa menyimaknya di bawah ini.


Tahap Cara Menggunakan Pompa Celup


Dalam menggunakan pompa celup Anda harus memastikan beberapa hal terlebih dahulu mulai dari pemasangan hingga penyalaannya. Lebih jelasnya bisa Anda ikuti di bawah ini


1. Memasang Kabel dengan Benar

Pertama dalam penggunaan pompa celup, Anda harus memasang kabel terlebih dahulu khususnya untuk jenis pompa celup yang dilengkapi dengan kabel.


Sebab pompa celup atau submersible ini terdiri dari dua jenis yakni dilengkapi kabel dan tidak. jika Anda tidak ahli dalam memasang serta menyambung kabel baik yang sudah dilengkapi dengan kabel untuk menghindari adanya kesalahan atau konsleting.


Jika pompa yang Anda pilih tidak dilengkapi dengan kabel bawaan pada motornya, Anda harus menyambung kabel secara tepat, pastikan kabel tidak tertekuk atau terlipat. Gunakan aksesori untuk menyambungkan kabel dalam memudahkannya.


2. Mengikat Pompa Celup

Setelah Anda memastikan kabel pada pompa sudah benar, selanjutnya Anda harus mengikat pompa celup atau submersible dengan menggunakan tali berupa sling kawat yang anti karat.


Mengikat pompa celup ini berfungsi untuk menempatkan pompa pada posisi yang ideal di dalam sumur serta dapat membantu untuk memudahkan pengangkatan jika nantinya pompa mesin mengalami kerusakan.


Ikat pompa dengan tepat dan kuat, ya agar penempatan posisi di dalam sumur tidak terjadi kesalahan.


3. Memasang Pipa Paralon dan Aksesori Lain

Selanjutnya setelah Anda melakukan pengikatan pada pompa celup, Anda bisa melakukan pemasangan pipa paralon beserta aksesori lain.


Dalam memilih jenis pipa Anda harus menyesuaikannya dengan aturan standar yang telah ditetapkan, pilih juga jenis paralon yang memiliki kualitas tinggi agar daya tahan yang dimilikinya lebih lama. hal ini bertujuan untuk mengurangi pengeluaran terhadap pemeliharaan dan perawatannya.


Selain itu, Anda bisa memasang aksesori sebagai pengaman nantinya, seperti breaker, sensor sumur, dan sensor tandon.


4. Masukkan Pompa ke Dalam Sumur

Setelah melakukan tahap demi tahap di atas, sekarang Anda bisa memasukan pompa tersebut ke dalam sumur bor.


Dalam memasukkan pompa ke dalam sumur, Anda harus berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan atau kecelakaan. Pastikan Anda memasukan pompa ke dalam sumur dengan benar dan tepat.


5. Cobalah Nyalakan

Selanjutnya setelah Anda berhasil memasukan dan memasang pompa ke dalam sumur secara benar, Anda bisa langsung menyalakan pompa air untuk mengetesnya.


Pompa celup atau submersible merupakan jenis pompa yang memiliki semburan yang kencang karena cara kerjanya yang mendorong air ke atas.


Jika Pompa bekerja, maka Anda selesai memasangnya dan siap digunakan dengan menyalakan seperti pompa umumnya.


Demikianlah cara pemasangan dan cara menggunakan pompa celup. Dengan demikian Anda bisa menggunakannya secara tepat. Caranya sangat mudah untuk Anda praktikan di rumah, bukan? Dalam menggunakan pompa celup tentunya Anda harus bisa memilih jenis pompa yang berkualitas dan memiliki kinerja yang baik.


Apabila Anda membutuhkan pompa untuk proyek sumur yang dibuat Anda bisa menghubungi perusahaan Indah Jaya. Jika Anda tertarik, Anda bisa melihat koleksinya dan mencari informasi lebih lanjutnya di situs resmi Indah Jaya atau dengan klik https://Indahjaya.com