6 Cara Menghidupkan Genset yang Benar untuk Hindari Kerusakan


6 Cara Menghidupkan Genset yang Benar untuk Hindari Kerusakan

Genset menjadi mesin penting yang diperlukan oleh semua orang dalam berbagai macam keperluan. Apalagi jika dalam masalah listrik yang padam. Hampir semua orang suka dengan pelayanan atau manfaat yang dapat genset berikan. Dengan begitu, tidak harus merasa panik jika tidak ada listrik. Anda hanya perlu menggunakan cara menghidupkan genset yang benar.


Banyak orang menggunakan jenis mesin ini untuk berbagai macam keperluan juga. Karena merupakan sumber energi pengganti PLN, perannya sangat penting.


Dengan begitu, harus Anda manfaatkan sebaik mungkin dan menggunakan prosedur yang sesuai. Jika tidak begitu, mesin akan rusak sebelum waktunya dan membuat banyak orang kesulitan juga.


6 Cara Menghidupkan Genset yang Benar


Untuk menghidupkan genset dengan mudah, ada berbagai macam langkah yang dapat dilakukan. Langkah ini juga membantu Anda untuk mendapatkan mesin dengan pekerjaan yang jauh lebih baik. Jika menggunakan cara yang tepat dalam menyalakan genset.

Maka, besar kemungkinan kalau genset akan menyala dengan mudah dan bertahan dalam waktu yang lama. Berikut cara mudahnya:


1. Memeriksa bahan bakar

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa bahan bakar mesin. Solar menjadi hal yang penting untuk membuat mesin menyala. Pastikan kalau tidak ada bahan bakar yang tercampur air karena membuat genset sulit menyala. Anda dapat memastikan kalau bahan bakar kran juga ada dalam posisi on.


2. Cek air radiator

Pengecekan adalah langkah yang paling penting sebelum menyalakan mesin. Anda dapat memeriksa pada air radiator yang merupakan salah satu komponen terbaik. Pastikan kalau bagian ini tidak berada di bawah takaran. Jika memang sudah ada di bawah takaran, Anda dapat melakukan penambahan jauh lebih dulu.


3. Periksa bagian ACCU

Memeriksa bagian ACCU juga menjadi hal yang penting dalam cara menghidupkan genset yang benar. Sama halnya dengan pemeriksaan bahan bakar atau juga air radiator.


Anda dapat memastikan kalau air ACCU ada dalam kondisi yang ideal untuk menghidupkan mesin. Pastikan untuk menambahkan air ACCU jika sudah kurang dari kriteria seharusnya.


4. Cek oli mesin

Oli mesin juga menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik. Anda tidak boleh membiarkan oli mesin kurang dari seharusnya karena membuat mesin sulit menyala.


Cukup gunakan langkah sederhana dengan menambahkan oli agar tidak berada di bawah takaran pemakaian. Ingat untuk menambahkan agar tidak terjadi kesalahan lain dalam menyalakan mesin.


5. Memasang kabel

Setelah komponen bagian dalam mesin dipastikan sudah aman dan sesuai kriteria menyala. Maka, Anda dapat langsung memasang kabel dengan benar. Jangan asal dalam pemasangan kabel karena hal ini dapat membuat mesin sulit menyala.


Untuk kabel warna merah, berarti kutub positif dan hitam berarti kutub negatif. Naikkan semua MCB dengan benar untuk menyalakan mesin.


6. Nyalakan mesin

Jika sudah, Anda dapat langsung menyalakan mesin untuk digunakan. Jangan lupa untuk memanaskan mesin jauh lebih dulu. Pemanasan dapat Anda lakukan dengan mudah dan tunggu 5 sampai 10 menit. Pastikan semua indikator menyala dan mesin dapat berjalan dengan baik.


Itulah beberapa cara menghidupkan genset yang benaruntuk dilakukan. Dengan menggunakan cara dasar seperti ini, Anda dapat menggunakan mesin dengan baik. Bahkan, dalam waktu yang cukup lama karena tidak harus memperbaiki terus. Jangan lupa untuk menggunakan produk terbaik dari PT Indahh Jaya Teknik Presisi di http://indahjaya.com