top of page

Air Hoist: Panduan Komprehensif Mengenai Fungsi dan Perawatannya



Untuk mengangkat atau memindahkan beban dengan memanfaatkan keunggulan teknologi sehingga kemampuan angkatnya menjadi sangat besar, itu ada pada alat yang bernama hoist. Tentunya gaya angkat yang dihasilkan diperoleh dari perubahan energi baik secara mekanik, hidrolik, pneumatic maupun elektrik. Baik itu hoist apapun, penggunaan, hingga fungsi dan perawatannya memiliki perbedaan yang berbeda.


Dengan perbedaan dalam fungsinya, hoist yang beragam pun juga memiliki teknik perawatannya tersendiri, yang mana memang itu sangat diwajibkan bagi semua hoist agar hoist dapat optimal serta prima setiap saat. Tidak terkecuali Air Hoist, yakni hoist yang memang dikenal juga dengan nama Pneumatic Hoist. Di artikel ini, kami akan berikan panduan komprehensif mengenai fungsi dan perawatan Air Hoist, oleh karena itu silahkan simak!


Panduan Komprehensif Dalam Fungsi serta Perawatan dari Air Hoist


Panduan dari Fungsi Air Hoist

Air hoist atau bisa disebut juga dengan nama Pneumatic Hoist, merupakan hoist yang menggunakan tekanan udara sebagai daya untuk mengangkat dan menurunkan beban. Pengoperasian Pneumatic Hoist dapat melalui pendant control atau sejenisnya. Nah adapun fungsi dari Air Hoist adalah untuk memberikan gaya yang diperlukan untuk mengangkat beban. Operator mengoperasikannya melalui pendant control untuk menaikan atau menurunkan beban, yang mana itu juga didukung dari tekanan udara yang diterima sebelumnya.


Dengan pengerjaan yang demikian, maka Air Hoist adalah hoist yang sangat unggul daripada hoist pada umumnya. Yaitu dari keunggulannya yang memang tidak memerlukan aliran listrik, sehingga dengan begitu maka bobotnya lebih ringan, begitu juga lebih tahan terhadap kotoran, debu, uap, temperatur tinggi dan bahkan tahan terhadap kelembaban. Namun sayang, hoist ini juga dilengkapi dengan kekurangan, yakni kekurangannya adalah relatif lebih sulit untuk mengatur kecepatan. Tapi itu tidak menjadi masalah jika memang pengerjaannya sesuai dengan Air Hoist.


Panduan Perawatan dari Air Hoist


Layaknya alat pneumatic lainnya, Air Hoist yang juga sebagai Pneumatic Hoist pastinya perlu dirawat dengan cara yang cukup sama. Perawatan pada Air Hoist tentunya memang sangat berguna untuk hoist tersebut, baik dalam pengecekan, membuatnya prima, hingga sebagainya yang memang berdampak bagi keawetan serta ketahanan lamanya Air Hoist. Adapun perawatan untuk Air Hoist, yakni adalah perawatan yang memang pastinya harus rutin serta berkala.


Pemeriksaan Air Hoist bisa dengan memeriksa pistol paku pneumatik, periksa keamanan dan pelatuknya pada kurun waktu yang rutin serta berkala, itu karena pemeriksaan tersebut berguna untuk memastikan mereka bergerak bebas. Kemudian, pastikan semua sekrup dikencangkan, karena jika sekrup tutup longgar, maka itu bisa menyebabkan ketidakefisienan penggunaan hoist tersebut.


Tidak berhenti disitu, pistol alat pneumatik yang terdapat pada hoist tersebut pun juga membutuhkan perawatan harian adalah sistem umpan. Sistem umpan harus mulus sepanjang jalan ke depan. Oleh karena itu,untuk membersihkannya, maka Anda bisa bersihkan dengan cara yang hati-hati, atau bisa juga dengan tiup menggunakan udara daripada menggunakan pelumas berminyak. Mengapa? Karena pelumas sebenarnya menarik kotoran dan kotoran lainnya.


Sebenarnya Anda bisa melumasi Air Fitting pada bagian pneumatik Air Hoist. Yaitu dengan meneteskan beberapa tetes oli alat pneumatik ke dalam fitting udara setiap harinya. Apabila memang Air Hoist digunakan sepanjang hari, maka Anda bisa ulangi prosesnya pada tengah hari atau waktu yang tepat. Nah jika alat tidak terlalu sering digunakan, maka Anda bisa cukup olesi saja saat alat hoist tersebut hendak digunakan.


Jadi itulah panduan komprehensif mengenai fungsi dan perawatan dari Air Hoist. Sekian dari kami, semoga bermanfaat bagi Anda semua. Untuk hoist atau crane terbaik, maka yang berkualitas untuk itu adalah Elephant Hoist and Crane, yang mana itu bisa Anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page