top of page

Air Limbah: Pengolahan dan Pemurnian untuk Menjaga Kualitas Air Bersih



Air merupakan zat yang memang penting bagi kehidupan, tapi tidak kepada beberapa air, seperti air racun, air kimia, hingga air kotor atau air limbah. Nah limbah bisa menghasilkan air, yang mana itu umumnya ada pada limbah organik, seperti sayur, buah, dan sebagainya yang memang memiliki tingkat air yang tinggi. Namun ada juga limbah yang memang murni berupa air, seperti air kakus, air dari proses industri, dan sebagainya.


Mengelola atau memurnikan limbah air atau cair, tidak dengan cara membuangnya begitu saja ke danau, kali, ataupun sungai. Itu karena jika demikian, maka air limbah yang kotor dan penuh zat berbahaya pun bisa mencemari lingkungan, begitu juga dengan danau, sungai, serta kali dan beberapa kehidupan lainnya. Nah maka dari itu, untuk mengelola atau memurnikan air limbah untuk menjaga kualitas air bersih, maka Anda bisa simak artikel ini!


Inilah Cara Mengelola dan Memurnikan Air Limbah untuk Menjaga Kualitas Air Bersih


Air limbah bisa terjadi atau muncul dari beberapa tempat, seperti dari rumah tangga, industri, pabrik, hingga tempat umum sekalipun. Tentunya semua air buangan dari kegiatan di rumah tangga, industri, maupun tempat umum biasanya sudah tak terpakai lagi. Jadi supaya air limbah tidak merusak lingkungan, maka perlu dilakukan pengolahan yang tepat sesuai karakteristiknya.

Nah untuk mengelola air limbah, maka ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan dengan tepat dan sesuai, yang mana itu adalah:


  • Pengolahan Pendahuluan: Nah tahap awal ini akan membawa air limbah yang nantinya akan dipisahkan dari padatan kasar dan lemak atau minyak. Fasilitas yang dibutuhkan untuk itu antara lain saringan, pencacah, bak penangkap pasir, penangkap lemak dan minyak, serta bak penyetaraan.

  • Pengolahan Tahap Pertama: Setelah itu maka Anda bisa lakukan tahapan pertama atau cara pertama dengan melakukan pengolahan air limbah yang menerapkan cara berupa pengurangan kandungan padatan yang tersuspensi. Caranya adalah melalui proses pengendapan. Tentunya partikel padat yang ada akan dibiarkan mengendap, hal itu bertujuan untuk menambah kemampuan netralisasi atau pengurangan padatan tersuspensi, bahan kimia bisa digunakan.

  • Pengolahan Tahap Kedua: Kemudian Anda bisa melakukan pengolahan atau pemurnian dengan cara yang menggunakan mekanisme oksidasi biologis, yakni dengan tujuan untuk mengurangi zat organik. Untuk melakukan hal tersebut, maka Anda perlu mempertimbangkan kuantitas limbah cair, kemampuan pengurangan zat organik, serta lahan yang tersedia. Nah unit yang digunakan untuk keperluan ini pun adalah saringan tetes, kolam stabilisasi, dan bahkan bisa juga unit lumpur aktif.

  • Pengolahan Lanjutan: Berikutnya ada pula pengolahan lanjutan yang sangat bertujuan untuk menghilangkan kontaminan tertentu pada limbah. Pengolahan lanjutan ini tentunya juga berguna jika limbah akan dimanfaatkan kembali. Pada tahap ini, pengolahan bertujuan untuk menghilangkan senyawa fosfor dan nitrogen, serta menghilangkan sisa bahan organik bahkan senyawa penyebab warna. Kemudian bisa juga untuk menghilangkan padatan yang terlarut dalam limbah, yakni dengan cara yang digunakan berbeda-beda tergantung pada kebutuhannya.


Jadi itulah pengolahan dan pemurnian air limbah untuk menjaga kualitas air bersih. Perlu Anda ketahui, cara pengolahan yang dilakukan sebenarnya ada standar yang harus dipenuhi sesuai aturan yang berlaku. Standar tersebut adalah orang yang bertanggung jawab untuk pengolahan air limbah wajib memiliki sertifikasi yang menunjukkan kompetensinya. Sertifikasi bisa didapatkan setelah melakukan pelatihan khusus. Nah untuk mengikuti pelatihan tersebut, Anda bisa memanfaatkan jasa Mutu Institute, lembaga yang menyediakan berbagai training dan sertifikasi, termasuk bagi yang ingin menjadi Penanggung Jawab Pengendalian Pencemaran Air (PPPA).


Sekian artikel dari kami yang membahas mengenai pengolahan dan pemurnian air limbah untuk menjaga kualitas air bersih. Semoga bermanfaat bagi Anda semua, terutama dalam memurnikan serta mengelola limbah. Untuk mengelola atau memurnikan air limbah, Anda bisa mengandalkan pompa celup, yang mana yang terbaik dan berkualitas ada pada Tsurumi di IndahJaya.com


Comments


bottom of page