top of page

Alat Diagnostik Kendaraan: Mengungkap Rahasia di Balik Teknologi Diagnosis Canggih



Dalam KBBI, diagnostik itu adalah kata atau kalimat yang mengacu pada suatu ilmu dalam menentukan jenis masalah yang ada, seperti sakit penyakit, atau lain sebagainya yang memang perlu diperiksa. Tidak hanya ada pada manusia atau makhluk hidup, diagnostik pun juga bisa diterapkan pada mesin-mesin, seperti pada mesin kendaraan atau mesin lainnya. Tujuannya, jelas agar dapat disimpulkan dan diketahui kondisi dari mesin tersebut.


Melakukan suatu diagnostik pada mesin kendaraan tentunya tidak bisa dilihat begitu saja atau diraba begitu saja, karena dibutuhkan alat-alat khusus yang memang memungkinkan diagnostik. Alat tersebut adalah alat diagnostik yang ternyata memang berguna untuk diagnostik kendaraan dengan tujuan mengetahui kondisi dari mesin kendaraan. Nah untuk mengetahuinya lebih jelas, maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Mengenal Lebih Lengkap Alat Diagnostik Kendaraan yang Memiliki Teknologi Canggih


Alat diagnostik pada kendaraan sebenarnya lebih dikenal dengan nama scanner, yaitu alat yang dapat membuat cara mudah untuk memeriksa mesin kendaraan beserta dengan komponennya. Alat scanner kendaraan atau alat diagnostik, jelas adalah alat penting yang memang dipergunakan untuk membaca dan menghapus suatu kode pada mesin, menjalankan pemeriksaan sistem mesin, dan terkadang bisa juga digunakan untuk melakukan penyesuaian pada CPU yang ada di kendaraan.


Perlu Anda ketahui, sebagian besar alat diagnostik kendaraan memiliki beberapa fitur seperti live data, atau penyaluran data, yang mana itu semua umumnya dicari dan dibutuhkan saat dilakukan pemeriksaan suatu kendaraan. Live data tersebut tentunya bisa digunakan untuk melihat penghematan bahan bakar, efisiensi termal dan kinerja mesin secara umum. Hingga pada akhirnya, Anda pun bisa menemukan banyak informasi tentang performa kendaraan secara keseluruhan.


Inilah Fungsi dari Alat Diagnostik Kendaraan yang Perlu Diketahui

  • Mengetahui kinerja mesin dengan cepat dan murah, sehingga dengan begitu maka alat tersebut bisa menyelesaikan masalah yang ada pada kendaraan.

  • Tentunya alat ini bisa menjadi alat alternatif yang lebih murah dibandingkan dengan mengirim kendaraan untuk pengujian rumit, itu karena alat ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dikarenakan memiliki teknologi yang begitu canggih.

  • Anda pun bisa langsung mengetahui masalah yang dialami mesin kendaraan dengan cepat hanya menggunakan alat pemindai tersebut, sehingga dengan begitu maka secara tidak langsung berfungsi untuk menghemat waktu dan biaya Anda.

  • Fungsi lainnya dari alat ini adalah bisa membaca fuel trim dari suatu kendaraan. Fuel trim sendiri pada dasarnya mengacu pada seberapa banyak bahan bakar yang digunakan oleh mesin ke sistem pengiriman bahan bakar.Biasanya, Anda bisa mengetahui hasil dari fuel trim ini dengan melihat alat layar scanner pada kendaraan dalam bentuk persentase.

  • Dengan teknologinya, alat ini pun bisa menampilkan RPM idle mesin, hal itu agar Anda tahu apakah mesin bekerja secara efisien atau tidak.

  • Alat diagnostik kendaraan juga bisa digunakan untuk mengetahui Sensor MAP. Hal ini juga menjadi faktor yang memiliki pengaruh cukup besar pada efisiensi mesin kendaraan Anda.


Inilah Cara Benar dalam Menggunakan Alat Diagnostik Pada Kendaraan

  1. Pastikan kendaraan Anda terlebih dahulu ada dalam kondisi menyala (stand by), itu dengan tujuan agar bisa terhubung dengan alat scan dan terhindar dari fault.

  2. Kemudian siapkan alat diagnostik kendaraan Anda lalu hubungkan konektornya ke kendaraan yang ingin dilakukan diagnostik. Perlu Anda ketahui bahwa setiap kendaraan itu memiliki lokasi soket untuk konektor yang berbeda, tapi pada umumnya di mobil ada berada di depan dashboardnya.


Jadi itulah alat diagnostik kendaraan yang ternyata memiliki rahasia berupa teknologi canggih yang banyak manfaatnya. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat dan bisa menambah wawasan bagi Anda semua. Untuk perkakas yang terbaik dan berkualitas, maka Anda bisa dapatkan itu di perkakas Tenka yang bisa Anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Kommentare


bottom of page