top of page

Alat Pemindah Oli: Solusi Cerdas untuk Penggantian Oli Kendaraan yang Lebih Efisien



Pompa sudah dikenal sebagai suatu mesin yang dapat dipergunakan untuk menggerakan fluida, yang mana itu menggerakan fluida dari tempat bertekanan rendah ke tempat dengan tekanan yang lebih tinggi. Jadi untuk mengatasi perbedaan tekanan ini maka diperlukan tenaga, sebagaimana itu sama dengan pompa yang digunakan untuk mengalirkan oli, yakni dengan mengandalkan alat bernama alat pemindah oli.


Oli atau minyak adalah fluida yang licin dan akan sulit dipindahkan begitu saja ke suatu tempat, baik dalam mesin atau sebagainya. Jadi untuk memungkinkan itu, maka dibutuhkanlah alat pemindah oli sebagai solusi terbaik dan utamanya. Nah jika memang Anda masih kurang begitu mengerti dengan alat pemindah oli, seperti cara kerja, fungsi dan kegunaan, atau sebagainya, maka kami sarankan Anda simak artikel ini selengkapnya!


Mengenal Alat Pemindah Oli yang Memang Menjadi Solusi Terbaik untuk Pindahkan Oli


Memindahkan oli yang memang terkenal licin akan sulit dilakukan hanya dengan tangan kosong, hal itu juga berlaku jika hanya mengandalkan wadah begitu saja. Jadi agar tidak repot atau tidak membuat oli tumpah, maka memindahkan oli bisa menggunakan alat pemindah oli. Hal ini penting, karena oli dan pompanya adalah komponen penting dalam sistem pelumasan. Melalui pompa tersebut, oli bisa bersirkulasi melumasi mesin dengan baik.


Dengan seiring pemakaian, maka mesin seperti mesin kendaraan pun akan menghasilkan kerak yang menempel di ruang pembakaran. Tentunya kerak tersebut tak hanya mengurangi performa mesin, tetapi juga dapat berisiko merusak mesin. Tak jarang dengan begitu maka sang pemilik melakukan skir klep atau turun setengah mesin. Padahal sebenarnya ada cara mudah yang dapat dilakukan sendiri menggunakan alat pemindah oli yang dapat digunakan juga untuk pembersih karbon tanpa membongkar mesin.


Cara kerja alat ini sendiri adalah dengan mengandalkan plunger (piston) yang bergerak naik dan turun dalam silinder untuk menghasilkan perpindahan cairan (air). Pada saat langkah naik ke atas, piston dalam plunger memaksa oli keluar melalui katup keluar. Pada saat yang bersamaan oli yang tersimpan dari dalam akan ditarik ke dalam silinder melalui katup masuk, pada saat langkah ke bawah membawa piston dalam plunger kembali ke posisi semula, dan menekan katup bawah sedangkan katup atas terbuka mengakibatkan air masuk melewatinya dan berkumpul di dalam plunger. Sehingga ketika tuas ditekan ke bawah dan piston naik ke atas membawa oli dan keluar melalui output.


Fungsi dan Kegunaan dari Alat Pemindah Oli yang Memang Efisien


Agar semakin mengenal dan tahu alat pemindah oli, maka Anda bisa tahu beberapa fungsi dan kegunaannya dari alat tersebut, yang mana memang semuanya hampir berkaitan dengan perpindahan cairan oli atau minyak.

  • Alat pemindah oli tentunya sangat berguna berguna untuk memompa cairan oli dan serupa agar dapat tertuang keluar. Yakni dengan menggunakan sistem pompa tangan manual yang dapat bekerja dimanapun dan kapanpun tanpa perlu bantuan listrik.

  • Dengan cara kerjanya yang memompa oli tanpa menggunakan listrik, maka alat ini pun memang sangat berguna jika Anda butuh mengisi cairan oli seperti minyak, bensin, dan sebagainya di saat-saat genting.

  • Walaupun dikenal sebagai pompa manual, tapi alat ini pun tetap dapat mengeluarkan output oli dengan cepat yaitu bisa mencapai 5 liter per menit tergantung kondisi atau keadaan produknya.


Jadi itulah yang perlu Anda semua ketahui mengenai alat pemindah oli yang memang menjadi solusi cerdas untuk mengganti oli kendaraan menjadi lebih efisien. Sekian dan semoga bermanfaat untuk Anda semua. Bilamana Anda tertarik dengan perkakas, maka yang terbaik dan berkualitas untuk Anda adalah perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com


bottom of page