top of page

Alat Penyetel Celah Katup: Mengoptimalkan Performa Mesin dengan Penyetelan yang Tepat



Katup atau disebut juga klep, sebenarnya adalah sebuah alat yang dipergunakan untuk mengatur, mengarahkan atau mengendalikan arus fluida, bisa juga seperti gas, cairan, atau benda padat terfluidisasi. Hal itu dilakukan dengan membuka, menutup, mengecilkan atau membesarkan arusnya. Kemudian pada katup terbuka, arus air diatur dari tekanan tinggi ke tekanan rendah.


Tentunya katup pada kendaraan harus disetel dengan benar dan tepat, itu agar mesin dan kompresi dan sebagainya tidak mengalami masalah. Untuk melakukan hal tersebut, maka akan ada beberapa alat yang dibutuhkan, seperti salah satunya yang penting dan utama adalah alat penyetel celah katup. Apa itu alat penyetel celah katup dan apa saja fungsi atau kegunaannya, semua itu akan kami jelaskan kepada Anda di artikel pada kesempatan kali ini!


Mengenal Alat Penyetel Celah Katup yang Perlu Anda Ketahui Selengkapnya


Alat penyetel celah katup bisa juga disebut sebagai feeler gauge, yaitu alat dengan bentuk seperti lembaran baja tipis yang tersedia dengan berbagai jenis ukuran. Alat tersebut memang sudah umum dikenal banyak para mekanik kendaraan, hal itu karena alat tersebut selalu digunakan ketika sedang servis atau tune up kendaraan.


Sering digunakan para mekanik kendaraan, hal itu karena memang katup memiliki sifat logam, yang mana logam pasti akan memuai apabila terkena panas. Jadi karena umumnya mesin itu cepat panas karena umumnya mesin melakukan pembakaran yang menimbulkan panas. Maka apabila tidak ada celah katup, maka pemuaian yang terjadi akan menyebabkan beberapa masalah pada mesin.


Nah baik bentuk lebar dan panjang alat penyetel katup sebenarnya sama, hanya saja ketebalan baja yang dimiliki berbeda. Setiap plat tertera ukuran yang berbeda-beda mulai dari 0,01 mm hingga 1 mm. Kemudian tingkat keakuratan yang tersedia pada alat tersebut pun bisa mencapai 1/100 mm atau 0,01 mm. Jadi setelah mengukur dengan alat penyetel celah katup, maka celah mesin dapat disetel kembali seperti normal seperti ukuran standar pabrik.


Fungsi Alat Penyetel Celah Katup yang Bermanfaat untuk Performa Mesin


Tanpa alat penyetel celah katup, maka mesin seperti mesin kendaraan dan sebagainya akan mengalami beberapa masalah yang terjadi karena katup tidak disetel sebagaimana mestinya. Nah maka dari itu alat penyetel celah katup sangat dibutuhkan, itu karena alat tersebut sangat bermanfaat untuk optimalkan performa mesin dan penyetelan lainnya yang tepat, yang mana itu antara lain:


  • Fungsi alat penyetel celah katup yang paling utama adalah mengukur adanya celah atau gap di setiap bagian mesin yang saling bersinggungan.

  • Komponen yang jadi pintu keluar masuknya gas pada mesin tentunya dapat berubah ukuran celahnya. Oleh karena itu dibutuhkan alat penyetel celah katup yang berguna untuk mengukurnya.

  • Penyetelan celah katup memang harus dilakukan secara berkala, biasanya akan ada pada saat servis. Nah maka dari itu para teknisi pun akan menggunakan alat penyetel celah katup ini untuk bisa mengaturnya, tujuannya agar celah ini ukurannya kembali seperti semula.

  • Alat penyetel celah katup berguna untuk mengukur bagian celah di kontak platina. Itu karena fungsi utama dari platina adalah untuk memutus dan menghubungkan arus listrik supaya busi bekerja.

  • Kegunaan atau fungsi berikutnya alat penyetel celah katup adalah untuk menutup silinder mesin.

  • Jika terjadi kerataan dari blok silinder yang berubah, maka itu harus diukur terlebih dahulu untuk menyetelnya kembali, yang mana tentunya itu dengan menggunakan alat penyetel celah katup.

  • Alat penyetel celah katup berguna untuk menyetel celah busi, hal itu karena celah standar memiliki ukuran 0,7 mm hingga 0,9 mm. Sehingga dengan begitu maka tidak bisa diukur sembarangan jika tanpa alat penyetel celah katup.

  • Celah yang terlalu kecil bisa membuat kinerja piston macet, jadi penyetelan celah ini perlu dilakukan secara rutin dengan alat penyetel celah katup.

  • Alat penyetel celah katup juga berguna menyetel celah pompa oli, mulai dari kerataan rotor, celah ujung rotor, sampai celah pada bodi rotor.


Itulah segala informasi yang perlu Anda ketahui mengenai alat penyetel celah katup. Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Nah bilamana Anda tertarik ingin perkakas untuk membongkar pasang katup mesin atau sebagainya, maka rekomendasi kami yang terbaik dan berkualitas adalah perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com


Comments


bottom of page