top of page

Beragam Alat-Alat Perkakas Tangan Serta Fungsi dan Kegunaannya



Dengan perkembangan zaman saat ini yang semakin pesat, tentunya itu membuat beberapa pekerjaan kini juga menjadi lebih cepat dan mudah, yang mana itu sudah tidak menggunakan tangan manusia lagi melainkan dengan robot atau sistem. Banyak hal yang sudah berkembang menjadi elektrik, seperti salah satunya adalah perkakas. Tetapi meski begitu, banyak alat perkakas saat ini masih populer digunakan dengan menggunakan tangan.


Perkakas yang digunakan oleh tangan adalah perkakas tangan, yang mana itu adalah perkakas manual karena hanya bisa digerakan atau digunakan hanya dengan tangan manusia, alias bukan elektrik. Ada banyak perkakas tangan yang bisa Anda andalkan untuk beberapa pekerjaan, yang mana perkakas-perkakas manual tersebut tidak akan pernah bisa digantikan oleh perkakas otomatis. Nah perkakas-perkakas manual tersebut bisa Anda ketahui di artikel ini!


Inilah Beragam Alat-Alat Perkakas Tangan dan Fungsi Serta Kegunaannya

Kikir

Kikir adalah perkakas yang dapat menghaluskan, mengikis, serta meratakan benda tertentu. Ada banyak jenis kikir, yaitu ada kikir plat yang digunakan untuk mengikir bidang rata, lalu kikir pilar untuk bidang yang berukuran besar, kikir segiempat untuk mengukir penampang berbentuk persegi atau lubang segiempat, dan kikir segitiga yang difungsikan untuk lubang segitiga.


Ragum

Ragum adalah perkakas yang digunakan untuk menjepit sebuah benda, baik itu yang akan dipahat, dikikir, digergaji, ditap, dan lainnya. Untuk cara menggunakannya, yaitu hanya dengan memutar tangkai ragum, lalu kemudian mulut ragum akan terbuka dan akan menjepit benda yang mau dipahat, dikikir, digergaji, dan sebagainya.


Palu

Merupakan perkakas atau alat yang terdiri dari lempengan besi yang dikaitkan dengan gagang. Gunanya untuk memukul atau menghantam sesuatu seperti paku atau sebagainya, yaitu tepatnya untuk menghasilkan lubang bagi paku atau sekrup. Kegunaan lainnya, yaitu pada beberapa palu yang dapat mencungkil paku yang tertanam pada suatu objek.


Obeng

Obeng bisa untuk memasang, melepas, mengencangkan, hingga mengendurkan sesuatu yang terpasang, seperti baut, mur, dan juga sekrup. Namun itu harus disesuaikan dengan mata obeng dan juga ulir pada baut, mur, ataupun juga sekrupnya.


Tang

Tang adalah perkakas yang dapat menjepit objek secara kuat, yaitu bertujuan untuk menarik semakin kuat dan presisi. Selain itu, tang juga memiliki mata gerigi yang dapat berguna untuk memotong, baik itu kawat, kabel, dan objek tertentu lainnya.


Kunci

Kunci yang dimaksud adalah semua kunci, seperti kunci T, kunci L, kunci pas, kunci shock, dan kunci lainnya yang menggunakan tenaga manusia. Tentunya dengan banyak jenis kunci, maka itu bisa dikatakan bahwa kunci memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda dari beberapa jenisnya.


Alat Ukur

Alat ukur merupakan perkakas yang berguna untuk mengukur dengan menggunakan tangan. Contoh alat ukur seperti ada waterpass, jangka, meteran, sigmat, dan lain sebagainya yang hanya bisa mengukur menggunakan tenaga sendiri. Tentunya, setiap alat ukur memiliki cara baca dan cara pengukuran yang berbeda.


Gergaji

Bukan gergaji mesin, melainkan gergaji yang menggunakan tangan manusia. Kegunaan gergaji, yaitu untuk memotong objek yang ingin dipotong, seperti kayu, besi, dan lain sebagainya.


Gunting dan Cutter

Tidak hanya ada gergaji, gunting dan cutter pun juga termasuk perkakas yang bisa memotong. Namun bukan memotong objek besar seperti kayu atau lempengan besi, melainkan gunting dan cutter bisa diandalkan untuk memotong kabel, kertas, ataupun sebagainya.


Nah itulah berbagai perkakas tangan yang perlu Anda semua ketahui, begitu juga dengan fungsi serta kegunaannya. Semoga bermanfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Bilamana Anda ingin memiliki perkakas terbaik dan berkualitas, maka perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com bisa menjadi rekomendasi utama Anda.


Comments


bottom of page