top of page

Optimalkan Sistem Injeksi dengan Alat Uji Injeksi Bahan Bakar



Injeksi bahan bakar dikenal sebagai sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar. Penggunaannya pun akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator, karena injektor membuat bahan bakar tercampur secara homogen. Hal ini, membuat ia dapat mengontrol pencampuran bahan bakar lebih baik dan mengontrol udara secara tepat.


Nah seperti yang Anda ketahui, bahwa banyak kendaraan saat ini dilengkapi dengan teknologi injeksi, yang mana ia memiliki modul pompa bahan bakar yang dipasang di dalam tangki bahan bakar. Itu juga dapat terdiri dari fuel suction filter, pompa, fuel pressure regulator, serta float (pelampung). Tentunya, injeksi bahan bakar harus terus dalam keadaan optimal, yang mana untuk bisa mewujudkan itu bisa dengan menggunakan alat uji injeksi bahan bakar.

Mengenal Alat Uji Injeksi Bahan Bakar yang Bisa Optimalkan Sistem Injeksi

Alat uji injeksi bahan bakar yang bisa digunakan untuk optimalkan sistem injeksi, adalah alat yang bernama Pressure Gauge. Dia merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur tingkat tekanan dalam suatu cairan atau gas, hingga lintas industri. Peranannya sendiri memang membantu mengontrol tingkat tekanan dalam cairan dan gas serta menjaganya dalam batas yang diperlukan.Tentunya alat ini akan menimbulkan alarm jika terdapat tekanan yang melebihi batas.


Pastinya alat satu ini memang penting, karena jika dilihat dari sudut pandang keselamatan, alat ini berguna mengetahui tekanan. Karena apabila tidak dioptimalkan maka mesin pun dapat meledak, sehingga memunculkan banyak masalah lainnya. Jelas jika dibiarkan terjadi maka itu dapat membahayakan pekerja serta merusak peralatan. Jadi, alat pengukur tekanan ini sangat penting untuk keselamatan instalasi secara keseluruhan, terutama untuk diandalkan uji injeksi bahan bakar.

Prinsip Kerja Alat Uji Injeksi Bahan Bakar yang Perlu Anda Pahami

Prinsip kerja alat uji injeksi bahan bakar didasarkan pada hukum Hooke, yang mana itu menyatakan bahwa gaya yang diperlukan untuk memperluas atau mengompres skala pegas secara linier berkaitan dengan jarak ekstensi atau kompresi. Jelasnya jika ada tekanan diterapkan pada permukaan benda, maka itu lebih kepada sisi dalam karena area tekanannya lebih kecil.


Perlu Anda ketahui, bahwa alat uji injeksi bahan bakar terdiri atas 2 jenis, yaitu analog dan digital. Alat uji dengan sistem digital sendiri saat ini sudah banyak digunakan. Dalam kasus Pressure Gauge digital, catu daya AC dan DC memainkan peran utama. Sirkuit switching atau AC diubah menjadi DC. Tekanan yang diukur ditransmisikan ke diafragma sensor yang merasakan tekanan, yang mana itu menjadi dasar sinyal listrik yang dihasilkan untuk mencapai komputer atau smartphone, atau bisa juga pada layar LCD yang tertera.

Cara Menggunakan Alat Uji Injeksi Bahan Bakar untuk Optimalkan Sistem Injeksi

Berikut adalah cara yang tepat dan benar dalam menggunakan alat uji injeksi bahan bakar, yang mana cara tersebut dapat mengoptimalkan sistem injeksi bahan bakar bagi mesin-mesin kendaraan Anda:


  1. Pertama matikan mesin kendaraan dan pastikan kunci kontak berada di posisi off.

  2. Kemudian setelah itu, lepaskan connector pompa bahan bakar.

  3. Lanjutkan dengan putar kunci kontak ke posisi on.

  4. Coba hidupkan mesin kendaraan Anda sampai mesin mati.

  5. Lalu putar kunci kontak ke posisi off kembali.

  6. Untuk selanjutnya Anda bisa lepaskan selang bahan bakar.

  7. Kemudian pasang alat uji injeksi bahan bakar, yakni full pressure gauge dengan secara tepat serta benar.

  8. Berikutnya Anda pasang kembali connector pompa bahan bakar.

  9. Lanjutkan dengan putar kunci kontak ke posisi on.

  10. Anda bisa hidupkan mesin kendaraan Anda dan lihat hasil pengukuran.

  11. Pastikan tekanan yang dihasilkan sesuai, seperti 294 kilopascal (Kpa). (sj).


Jadi itulah artikel dari kami mengenai alat uji injeksi bahan bakar yang bisa optimalkan sistem injeksi. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Untuk perkakas terbaik dan berkualitas, kami rekomendasikan Tenka. Anda bisa dapatkan perkakas Tenka atau bisa mengetahui lebih lengkapnya di IndahJaya.com


Comments


bottom of page