Mengenal Apa itu Anchor Bolt Load serta Kegunaannya Untuk Hoist dan Crane



Dalam suatu alat atau mesin, pastinya memiliki beberapa komponen penting, tetapi yang paling sering ada adalah baut. Nah bicara soal baut, baut sendiri juga memiliki beberapa banyak variasi, dimana ada baut dengan ukurang kecil, medium, hingga yang besar. Dan yang paling menarik serta yang akan menjadi topik utama dalam artikel ini adalah Anchor Bolt.


Tentunya masih banyak yang belum tahu tentang Anchor Bolt secara keseluruhan, dan oleh karena itu maka kami melalui artikel ini akan jelaskan kepada anda apa itu Anchor Bolt. Selain menjelaskan pengertian Anchor Bolt, kami juga akan kaitkan apa kegunaannya untuk Hoist dan Crane. Jadi simak selengkapnya sampai tuntas!

Mengenal Lebih Dalam Apa itu Anchor Bolt?

Anchor adalah jangkar atau angkur, jadi Anchor Bolt adalah baut angkur atau jangkar baut, atau anda bebas memahami penyebutannya seperti apa. Namun penyebutan yang sering digunakan banyak orang terutama yang ahli dalam bidang bangunan, Anchor Bolt biasa dikenal sebagai Dynabolt. Nah Dynabolt atau dikenal dengan Anchor Bolt adalah sambungan antara beton dengan elemen struktural maupun non-struktural.


Anchor Bolt sendiri menyalurkan gaya tekan dan gaya tarik di antara sambungan tersebut. Biasanya digunakan untuk menghubungkan beton dengan struktur besi, seperti tiang lampu jalan ke pondasi beton bertulang di bawahnya, struktur atap baja ringan, dan sebagainya. Anchor Bolt sendiri memiliki cara pasang yang unik, dimana pemasangannya ditanam di dalam beton atau tembok, dan dengan begitu maka biasanya juga ia disebut juga sebagai baut tanam.

Jenis-Jenis Anchor Bolt yang Perlu Anda Ketahui

  1. Anchor Klasik: Bersifat ditanam atau dimasukkan terlebih dahulu, pemasangannya juga dilakukan secara bersamaan dengan pengecoran struktur bangunan. Jadi dengan begitu maka anda tidak perlu lagi membuat lubang tanam atau pengeboran lebih dahulu pada jenis Anchor tersebut. Lalu Anchor tersebut adalah Anchor yang mudah ditemukan di pasaran, hal itu lantaran Anchor jenis ini sering sekali digunakan.

  2. Chemical Anchor: Chemical anchor merupakan jenis Anchor yang menggunakan zat kimia sebagai bahan campurannya. Hal itu berguna untuk menambah kekuatan agar memiliki daya tahan yang semakin baik terhadap kondisi yang rawan rusak, seperti air, laut, dan lain sebagainya.

  3. Anchor Non-Kimia: Jenis Anchor Bolt ini jelas tidak menggunakan bahan kimia sebagai bahan campurannya. Tetapi walaupun begitu, Anchor ini memiliki kekuatan media tanamnya, baik beton ataupun batu-bata, dan juga titik leleh dari material Anchor sangat mempengaruhi kekuatan yang dihasilkan oleh Anchor tersebut. Untuk jenis Anchor ini, biasanya memiliki bentuk yang berbeda, dan itu tergantung dari bahan material yang digunakan untuk ditanam.

Kegunaannya Untuk Hoist dan Crane

Anchor Bolt atau Dynabolt memiliki kegunaan untuk menghubungkan beton dengan struktur besi, jadi jelas kegunaannya pada Crane atau Hoist sangat diperlukan dalam pemasangannya. Anchor Bolt bisa anda gunakan pada penghubungan Hoist dan Crane, yang mana bisa anda hubungkan pada titik sudut dari Hoist dan Crane, karena tentu kebanyakan alat tersebut membutuhkan tumpuan dalam menopangnya. Namun semua itu balik lagi pada jenis dan tipe Hoist dan Crane, karena anda perlu tahu dulu jenis-jenis Hoist dan Crane yang akan anda gunakan dan terapkan pada suatu tempat.


Jadi itulah artikel menarik pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda dan juga yang lainnya. Nah apabila anda tertarik ingin mengganti Hoist dan Crane atau ingin memilikinya yang terbaik dan terpercaya, maka kami sarankan Elephant Hoist Crane. Untuk detail serta keterangan lebih lanjut mengenai Elephant Hoist Crane, maka kunjungi IndahJaya.com