top of page

Mengenal Apa Itu Colokan Listrik dan Perbedaannya dengan Stop Kontak



Banyak alat atau benda yang memang bisa berfungsi jika ia tersambung dengan aliran listrik, alias itu dari colokan yang memang dapat menghantarkan listrik dari PLN. Jadi walaupun sudah memiliki daya listrik dari PLN, seperti token yang cukup atau sudah membayar segala tagihan listrik, maka itu akan sia-sia jika di tempat tersebut tidak tersedia colokan untuk menghantarkan listrik. Karena bagaimana bisa mendapatkan daya listrik tanpa adanya colokan?


Nah bicara mengenai colokan listrik, sayangnya colokan listrik sering dianggap sama dengan yang namanya stop kontak, padahal keduanya itu sebenarnya cukup berbeda dari beberapa sudut pandangnya. Jika Anda adalah salah satu yang memang menganggap bahwa colokan dan stop kontak itu sama, maka Anda perlu tahu bahwa keduanya itu berbeda. Nah cara cari tahu perbedaannya, yaitu dengan Anda menyimak artikel kami ini selengkapnya!


Perbedaan Colokan Listrik dan Stop Kontak

Mengenal Colokan Listrik yang Ternyata Berbeda dengan Stop Kontak

Seperti namanya, colokan listrik atau steker adalah colokan yang dapat dipergunakan untuk menyambungkan kabel colokan listrik ke colokan listrik tersebut. Hal itu dilakukan agar kabel colokan listrik dari suatu perangkat dapat berfungsi karena teraliri aliran listrik dari colokan listrik yang memang sudah terpasang. Nah biasanya, alat listrik satu ini bisa dipasang pada ujung kabel, yang mana itu berguna untuk mengalirkan arus listrik dari barang elektronik ke stop kontak.


Jadi kesimpulannya, alat ini adalah alat penyambung ujung kabel dari beberapa perangkat seperti televisi, radio, lampu, atau charger agar dapat dicolokkan ke stop kontak. Nah itu dengan fungsi utamanya adalah mengalirkan listrik dari sumber listrik ke elektronik atau alat yang diinginkan. Perlu Anda ketahui, sebenarnya terdapat beberapa jenis steker listrik yaitu ada adapter, bengkok, steker T, dan arde. Nah jenis-jenis tersebut dapat Anda sesuaikan dengan kabel elektronik Anda dan tempat stop kontak. Lalu bentuk dari setiap jenis berbeda-beda sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan.


Kemudian untuk pemasangan stop kontak, Anda harus memanggil orang profesional agar tidak terjadi kesalahan dan mengakibatkan korsleting listrik. Jadi dengan begitu bisa dikatakan terdapat hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pemasangan seperti apakah baut-baut pada steker listrik tersebut kencang, lubang yang sesuai dengan kabel elektronik Anda, dan kelengkapan baut.


Mengenal Stop Kontak yang Ternyata Berbeda dengan Colokan Listrik

Pada dasarnya stop kontak adalah sebuah alat pemutus ketika terjadi kontak antara arus positif, arus negatif dan juga grounding pada instalasi listrik. Jadi jika ada saklar memiliki tombol pencet, maka stop kontak tidak memilikinya. Kemudian stop kontak sendiri merupakan sebuah terminal listrik dengan fungsi untuk menghubungkan listrik dari jalur main line (jalur utama) ke perangkat elektronik.


Stop kontak akan menghantarkan listrik ke perangkat elektronik penerima arus listrik sehingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Lalu alat ini memiliki bentuk yang berbeda-beda, tetapi selalu memiliki lubang untuk dicolokkan ke sumber listrik. Bentuk yang berbeda biasanya ditemukan di beda negara, contohnya seperti di Indonesia, stop kontak memiliki 2 lubang kaki, sedangkan di banyak negara Eropa, stop kontak memiliki 3 lubang kaki.


Stop kontak dapat dipasang di rumah Anda melalui instalasi dan itu harus dilakukan dengan desain diagram kelistrikan dahulu. Hal itu bertujuan agar tahu keperluan titik mana saja yang harus dipasangkan stop kontak. Instalasi yang dilakukan juga berbeda-beda tergantung letak pemasangan. Jadi ada pemasangan grounding bawah, jalur tengah, saklar tunggal, dan lain-lain. Untuk menghindari kesalahan, maka ada baiknya Anda konsultasi dengan yang ahli, atau menggunakan jasa yang memang sudah ahli.


Itulah pengenalan colokan listrik dan stop kontak yang ternyata berbeda. Semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Jika Anda berniat ingin memiliki Genset untuk antisipasi saat keadaan tidak ada listrik karena padam, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah Genset Tenka yang ada di IndahJaya.com


Comentarios


bottom of page