Mengenal yang Dimaksud Apa Itu Dimensi Mur M6 dan Kegunaannya



Dimensi merupakan istilah yang memiliki pengertian sangat luas. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, istilah ini bisa dimaknai sebagai ukuran yang berupa panjang, tinggi, lebar, dan juga luas. Tidak hanya itu, dimensi bisa diartikan dari berbagai sudut pandang, tergantung konteks yang dibicarakan. Salah satu yang menggunakan istilah dimensi ada pada ukuran, seperti ukuran pada suatu mur.


Baut, mur, serta sekrup memang sebuah komponen yang berperan sebagai penghubung beberapa part satu dengan yang lainnya. Selain itu, komponen tersebut juga dapat dilepaskan dengan mudah tanpa menimbulkan resiko kerusakan. Meski terlihat serupa, ternyata ketiga komponen tersebut terdiri dari beberapa ukuran, yang mana ada dimensi ukuran berupa M6. Untuk lebih jelasnya mengenai dimensi mur M6, maka anda bisa coba simak artikel ini!


Mengenal yang Dimaksud dengan Dimensi Mur M6 dan Juga Kegunaannya


Definisi Dimensi Mur M6

Dimensi mur M6 merupakan mur yang tentunya memiliki dimensi seperti M6, yang M6 sendiri lebih ke arah kode dari ukuran suatu mur dan baut. Jelasnya, dimensi mur M6 itu memiliki pitch sepanjang 1.00mm, lalu itu ditambah dengan drill yang mencapai 5.00mm. Untuk dimensinya sendiri untuk kepala bautnya bisa berkisar 10.0mm, lalu ulirnya sebesar 5.0mm, ditambah dengan diameter batang mur sebesar 8mm.


Untuk ulirnya sendiri dari dimensi mur M6 juga memiliki ukuran khususnya sendiri, yaitu dengan Thread Pitch 1, dimana memiliki lebar datar ulir 10 (Max) dengan 9.78 (Minus). Lalu pada lebar sudutnya, M6 memiliki ukuran 11.05 (Min), yang mana itu juga diikuti dengan ketebalan maksimal 5.2 lalu ketebalan minimum 4.9. Jadi itulah yang perlu anda pahami mengenai dimensi mur M6, tetapi jika memang anda tidak mau ribet, maka anda sebenarnya bisa mengukur dimensi baut dengan menggunakan jangka, atau bisa juga dengan peralatan lain tanpa harus mengetahui kode dari mur tersebut.


Kegunaan Dimensi Mur M6

Tentunya dimensi mur M6 memiliki pitch sepanjang 1.00mm, lalu drill yang mencapai 5.00mm. Ditambah dengan dimensi kepala baut 10.0mm, lalu ulirnya sebesar 5.0mm, ditambah dengan diameter batang mur sebesar 8mm. Sehingga dengan begitu maka mur tersebut dapat dipasangkan dengan kunci atau obeng yang pastinya sesuai dengan ukuran tersebut.


Lalu dari segi kegunaannya, jelas sama dengan kebanyakan mur yang ada. Dimana kegunaannya jelas untuk menggabungkan 2 komponen bersatu, tetapi itu harus mempunyai dudukan yang sesuai dengan ukuran mur M6, yaitu Thread Pitch 1, ditambah lebar datar ulir 10 (Max) dengan 9.78 (Minus). Lalu lebar sudut yang memiliki ukuran 11.05 (Min), yang mana itu juga diikuti dengan ketebalan maksimal 5.2 lalu ketebalan minimum 4.9.


Nah itulah yang bisa anda ketahui mengenai dimensi mur M6, berikut juga dengan kegunaannya. Semoga jadi manfaat serta bisa menambah pengetahuan anda semua terkait dengan mur dengan dimensi seperti yang ada di mur M6. Sekian dari kami, jika anda tertarik ingin memiliki kunci seperti obeng, maka rekomendasi kami yang terbaik serta berkualitas ada pada produk perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.