Mengenal Apa Itu Engine Block Pada Genset dan Beragam Masalah Umumnya



Ketika terjadi mati lampu atau pemadaman listrik, maka Genset dapat diperlukan untuk itu. Nah Genset sendiri adalah suatu mesin atau alat yang dapat digunakan untuk menghantarkan daya listrik, tetapi itu dapat terjadi dengan beberapa komponen yang ada pada mesin Genset, tentunya salah satunya yang utama itu adalah engine block yang ada pada mesin Genset.


Sama dengan mesin atau engine pada kendaraan mobil atau motor, engine pada Genset adalah komponen penting, dimana tanpa itu maka jelas Genset tidak bisa digunakan sama sekali. Untuk lebih jelasnya, anda perlu simak artikel ini selengkapnya, karena kami akan jelaskan apa itu engine block pada Genset, berikut juga dengan beragam masalah umumnya. Maka dari itu silahkan simak artikel ini selengkapnya!


Apa Itu Engine Block Pada Genset dan Juga Fungsi Serta Kegunaannya?


Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, engine block pada mesin Genset tentunya adalah bagian dari Genset, dimana itu adalah komponen penting dalam rangkaian mesin Genset dan juga merupakan komponen terbesar yang ada di mesin Genset. Nah oleh karena itu, maka jelas komponen satu ini akan menjadi penopang atau dudukan untuk komponen mesin lainnya.


Nah komponen mesin lain yang ditopang pada engine block Genset, yaitu ada poros engkol, kepala silinder, piston, dan lainnya sebagainya yang berkaitan dengan engine block pada Genset. Komponen-komponen tersebut tentunya berada tepat di bawah, di samping, di atas, dan juga bahkan bisa di dalam. Engine block Genset tentunya memiliki banyak fungsi yang penting untuk Genset, dimana sebagian besar untuk performa dari Genset tersebut.


Inilah Fungsi Serta Kegunaan dari Engine Block Pada Genset

  • Sebagai tempat atau dudukan untuk naik turunnya piston. Itu karena piston akan naik turun di dalam lubang silinder tersebut.

  • Sebagai tempat untuk mengarahkan energi pembakaran yang dilakukan oleh Genset.

  • Engine block pada Genset dapat menjadi tempat mekanisme engkol, yang dimana itu memiliki dua komponen, yaitu connecting rod dan poros engkol. Nah kedua komponen tersebut terletak di blok silinder, dengan mekanisme engkol yang mampu membalikkan piston ke atas.

  • Tempat saluran oli pelumas.

  • Dapat berguna sebagai mainframe mesin Genset.

  • Engine block Genset bisa sebagai tempat untuk silinder liner, kepala silinder, dan juga flywheel atau roda gila.

Beragam Masalah Umum yang Ada Pada Engine Block Genset

Berikut adalah beberapa masalah umum yang ada pada engine block Genset, dimana beberapa yang akan kami jelaskan bisa menjadi pelajaran untuk anda agar anda dapat mewaspadai terjadinya masalah berikut pada engine block Genset anda.


  • Dinding silinder yang ada pada engine block Genset bisa menjadi tidak kasar, itu karena apabila kasar akan menghasilkan panas dan gesekan besar yang akan membuat ring piston menjadi lebih cepat aus.

  • Piston tidak bekerja dengan baik, itu karena lubang silinder tidak halus dan licin. Sehingga permukaan lubang silinder yang kasar dapat membuat piston akan bergerak lebih berat dan akan mempengaruhi kinerja mesin Genset.

  • Katup silinder mengalami kebocoran, dikarenakan kondisinya sudah begitu aus hingga akhirnya harus berpengaruh terhadap kompresi dari Genset. Nah keausan ini bisa terjadi dikarenakan adanya benturan yang terjadi terus menerus antara silinder dengan katupnya.

  • Mengalami overheat atau panas berlebih, dimana itu dapat membuat beberapa komponen menjadi meleleh, termasuk kepala silinder.

  • Packing cylinder head rusak sehingga bisa menimbulkan air dan juga oli bercampur. Itu dapat terjadi karena usia kepala silinder sudah usang bahkan dari segi pemasangannya juga salah.


Jadi itulah segalanya yang perlu anda semua ketahui mengenai engine block pada Genset, berikut juga dengan beberapa masalahnya yang umum terjadi. Bilamana anda tertarik dengan Genset, maka kami rekomendasikan Genset berkualitas dan terbaik dari produk Tenka, yang dimana Genset Tenka bisa anda miliki serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com