Apa Itu Hose Reel Hydraulic? Dan Apa Saja Jenisnya? Selengkapnya Di Sini!


Apa Itu Hose Reel Hydraulic? Dan Apa Saja Jenisnya? Selengkapnya Di Sini!

Gulungan selang atau hose reel hydraulic merupakan mekanisme penyimpanan dan penggunaan selang, khususnya pada tong agar akses lebih mudah. Selain itu, ini merupakan sistem yang dirancang untuk membuat selang, kabel, tabung fleksibel, dan kawat, mudah digunakan dengan segera.


Adapun jenis gulungan selang sangat bervariasi. Ini bergantung pada penggunaan gulungan selang yang dirancang khusus, sehingga mampu menyimpan beberapa macam bahan, contohnya kabel. Supaya Anda lebih tahu tentang sistem penyimpanan selang ini, baca ulasan berikut dengan seksama, agar mendapat keseluruhan insight-nya!


Mengenal Hose Reel Hydraulic dan Jenisnya

Silinder gulungan selang terbuat dari beberapa bahan seperti logam, fiberglass, serta plastik. Bentuk yang paling umum dan mudah dikenali adalah pegas yang ditarik sendiri. Variasi lainnya, termasuk engkol tangan dan penggerak motor. Adapun diameter silinder dan panjang selang, yang dipegang oleh gulungan selang menentukan bagaimana produk dikategorikan.


Hal ini juga menjadi penentu dalam peringkat tekanan dan metode penggulung selangnya. Hose reel dapat dipasangkan pada dinding atau bagian bangunan lainnya, yang memudahkan dalam mobilisasi ke atas truk, gerobak, ataupun wagon.


Untuk desain gulungan selang memiliki variasi yang beragam, tergantung bagaimana digunakan nantinya. Contohnya, penggunaan untuk rumah cenderung lebih ringan, karena perawatan tidak terlalu berat. Sedangkan pada operasional industri lebih kokoh, tahan lama, dan fitur yang berbeda, karena menangani tugas yang lebih berat lagi.


Adapun untuk mengenal beberapa jenis hose reel hydraulic, baik manual, cara rewinding listrik, hidrolik, pegas dan pneumatik. Berikut akan dijelaskan rinciannya!


Cable Hose Reel

Metode ini memungkinkan area kerja lebih bersih dan terhindar dari kekacauan. Dimana, ini disebabkan penyimpanan kabel yang sesuai untuk daya tahan tinggi, serta kemudahan akses ke kabel ataupun tali. Cable hose reel dapat berupa pegas, motor ataupun engkol tangan, yang bergerak dengan cara penarikan kabel.


Power Cord Hose Reel

Metode ini cocok digunakan untuk sarana penyimpanan selang, sehingga keamanan terjamin dan aksesnya mudah. Adapun produk penyimpanan ini memiliki ketebalan dan panjang yang variasinya mulai 30 hingga 250 kaki. Ini berupa metode engkol tangan, listrik, dan pegas.


Static Discharge Hose Reel

Metode ini dikhususkan untuk kondisi pertanahan atau pengisian bahan bakar yang rawan akan bahaya. Biasanya static discharge hose reel bisa ditemui di industri pesawat untuk pengisian bahan bakar, pabrik kimia, elevator biji-bijian, operasi penyelamatan, dan situasi hazmat.


High Pressure Hose Reel

Tipe hose reel hydraulic berikut merupakan perangkat keamanan, yang digunakan untuk menyimpan selang bertekanan tinggi agar aman. Perangkat ini dirancang, untuk menahan tekanan pada selang bertekanan tinggi, sekaligus menjaganya supaya tidak kusut, tertekuk, dan rusak.


Air Hose Reel

Hose reel ini terhubung ke kompresor udara, dengan selang dililitkan di sekitar gulungan. Dimana air hose reel digunakan untuk mencegah aus ekstra pada selang, dan sering dilihat pada langit-langit bengkel mobil atau ban.


Audio Cable Reel

Tipe hose reel ini dapat menyimpan kabel audio sepanjang 1800 kaki. Ini juga memudahkan saat mobilisasi kabel ke beberapa lokasi. Audio cable reel dirancang untuk menampung kabel video, serat optik, dan audio berukuran 10, 12, 14.


Berikut menjadi penjelasan singkat tentang hose reel hydraulic beserta jenis-jenisnya. Untuk Anda yang membutuhkan penyimpanan kabel berikut bisa berkunjung di website Indah Jaya Group. Dimana laman tersebut menyediakan informasi seputar hose hydraulic dan aneka ragamnya, secara rinci. Semoga bermanfaat!