Mengenal Apa Itu Impact Obeng dan Fungsi Serta Kegunaannya



Untuk membuka suatu komponen yang terpasang, maka salah satu alat yang dapat memungkinkan untuk melakukan itu adalah alat yang bernama obeng. Tidak hanya untuk membuka, obeng juga dapat digunakan untuk memasang baut, mur, atau sekrup yang memang sejenis dengan obengnya. Hingga kini, banyak sekali jenis obeng, dimana obeng-obeng tersebut dapat disesuaikan dengan cara penggunaannya.


Melalui artikel kami pada kesempatan kali ini, kami akan bantu memperkenalkan kepada anda salah satu obeng yang cukup jarang diketahui orang, obeng tersebut adalah obeng Impact. Nah apa itu obeng impact dan apa fungsi serta kegunaannya, semua itu kami akan jelaskan kepada anda di artikel ini. Maka dari itu bagi anda yang ingin lebih mengenal obeng impact, maka silahkan simak artikel ini selengkapnya!


Apa Itu Impact Obeng?

Nah perlu anda semua ketahui, impact obeng itu adalah obeng yang sejenis dengan obeng ketok, tetapi ada beberapa perbedaan yang mencolok dari keduanya. Nah obeng ketok sendiri adalah alat yang digunakan untuk mengencangkan atau melepas sekrup dengan kekencangan yang lebih. Dimana itu dapat diaplikasikan dengan cara memutar gagang obeng ke arah yang mengencangkan atau mengendorkan. Lalu kemudian menahan dengan tetap menekan, selanjutnya ujung gagang obeng dipukul dengan palu.


Lalu impact obeng berbeda dengan obeng ketok, dimana impact obeng itu adalah obeng yang juga bisa disebut dengan drill driver, yaitu alat yang bisa juga mengencangkan dan melepas sekrup atau membuat lubang dengan cara memberikan daya putar pada bit (mata bor). Tentunya jelasnya bisa anda lihat melalui bentuknya yang sangat berbeda, dimana obeng ketok cenderung dilakukan manual, sementara impact obeng menyerupai alat bor yang bisa dilakukan secara otomatis.


Fungsi Serta Kegunaan dari Impact Obeng

Fungsi serta kegunaan dari impact obeng kurang lebih cukup sama dengan obeng ketok, yang mana obeng tersebut juga merupakan alat yang bisa mengencangkan dan melepas sekrup atau membuat lubang dengan cara memberikan daya putar pada bit (mata bor). Nah perbedaan dengan obeng ketok adalah tidak adanya daya tekan pada objek target, lalu obeng ketok cenderung sesuai digunakan pada pekerjaan keras, contohnya seperti membuat lubang pada bahan yang keras, dan sebagainya.


Obeng ketok jelas sangat praktis digunakan, itu karena obeng tersebut dapat digunakan untuk penggunaan sehari-hari, dikarenakan obeng tersebut memiliki daya tahan yang sangat baik. Tetapi jika dibandingkan dengan driver drill atau impact obeng, obeng ketok tentunya dinilai tidak cocok digunakan pada bahan lunak, itu karena akurasi nya akan terus menurun.


Obeng impact bisa mengontrol kecepatannya dan memungkinkan untuk mengubah kecepatan perputarannya ke tahap dua. Karena hal tersebut, maka obeng tersebut bisa digunakan pada bahan yang lunak dan keras, dikarenakan adanya torsi yang bisa disesuaikan dan dapat diubah dengan ring. Selain itu, obeng impact juga cocok untuk membuat lubang, mengencangkan dan melepas sekrup pendek, objek target yang lunak, dan juga cocok untuk merakit furniture.


Nah itulah segalanya yang perlu anda ketahui mengenai impact obeng. Bila anda ingin memiliki obeng terbaik atau berkualitas, maka obeng tersebut ada pada perkakas merk Tenka. Mengenai perkakas Tenka, anda bisa miliki itu dan juga ketahui lebih detail mengenai perkakas Tenka hanya di IndahJaya.com


Sekian artikel bermanfaat pada kesempatan kali ini untuk anda, yang mana pastinya bisa membuat anda semakin tahu dan mengenal obeng impact, beserta juga dengan fungsi serta kegunaannya. Jangan lupa anda bisa bantu kami untuk memperluas manfaat dari artikel ini, dimana itu bisa dilakukan dengan cara share artikel ini kepada yang lainnya.