top of page

Mengenal Apa Itu Isolasi Listrik dan Kegunaan Serta Fungsinya



Nah apakah Anda tahu arti dari kata isolasi? Nah tentunya kalimat tersebut sering kita dengar, terutama ketika masa-masa pandemi datang di tahun 2020. Isolasi merupakan suatu kegiatan yang berkaitan dengan sekumpulan banyak orang, yang mana isolasi sendiri dimaknai sebagai penjauhan dari banyak kalangan atau orang. Jelasnya, isolasi itu merupakan pembatasan seseorang atau yang lainnya dari kelompoknya, demi suatu tujuan tertentu atau dampaknya.


Isolasi memang terkadang berkaitan dengan manusia, tetapi isolasi juga bisa berkaitan dengan kelistrikan, yang mana itu dikenal dengan nama isolasi listrik. Nah apa itu isolasi listrik dan apa saja kegunaan atau fungsinya, tentunya semua itu bisa Anda ketahui jawabannya di artikel kami ini. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin tahu apa itu isolasi listrik dan apa saja kegunaan serta fungsinya isolasi listrik, maka Anda semua bisa simak artikel ini selengkapnya!


Mengenal Apa Itu Isolasi Listrik?

Isolasi listrik sebenarnya bisa dianggap sebagai suatu properti dari material yang tidak memungkinkan muatan listrik lewat secara bebas, lalu pada gilirannya akan menahan aliran arus listrik yang melewatinya. Jelasnya, isolasi listrik adalah isolasi kabel yang memang dikenal juga dengan nama lain sebagai lakban listrik, selotip listrik, selotip kabel, solasi listrik, solasi kabel, electrical tape atau juga bisa insulation tape. Tentunya apapun itu pengertiannya namanya, ia memang sangat berguna sekali dalam pemasangan instalasi listrik dan sering dipakai dalam penyambungan kabel mulai dari jalur utama sekring hingga ke beban Instalasi listrik.


Ada banyak kegunaan dari isolasi listrik, mulai dari menyekat dan mengisolasi kabel listrik PLN di rumah, kanotr, ruko, gedung, gudang dan pabrik hingga untuk membungkus serta merapikan kabel wire harness otomotif, sepeda motor dan wire harness elektronika. Perlu Anda ketahui, isolasi listrik terbuat dari PVC (Poly Vinyl Chloride) dan PET Polyester dengan perekat lem karet solvent atau akrilik solvent, yang mana memang ia memiliki ketahanan terhadap tegangan listrik hingga mencapai 600 Volt. Selain itu, ia mempunyai daya rekat serta elastisitas lebih tinggi, sehingga mampu bertahan lebih lama di segala kondisi cuaca.


Inilah Kegunaan dan Fungsi Isolasi Listrik

Mampu Mencegah Terjadinya Korsleting Antar Sambungan Kabel Listrik

Nah ketika Anda memperbaiki kabel listrik di suatu tempat, lalu setelah itu pastinya bagian tembaga yang disambung tentunya perlu pembungkus kabel yang dapat melapisi kabel antara kabel yang satu dengan kabel yang lainnya. Jadi guna isolasi listrik agar saat terjadi sentuhan antara sambungan kabel terutama bagian netral dengan fasanya, ia tidak menimbulkan korsleting.


Menghambat Terjadinya Percikan Bunga Api

Jika ada sambungan kabel kurang rapat dan beban pemakaian listrik besar, maka itu akan mengakibatkan percikan bunga api dan tegangan yang tidak stabil. Jadi dengan menggunakan isolasi listrik, maka ia dapat mengurangi tingkatan percikan bunga api yang ada.


Mencegah Sengatan Arus Listrik Terhadap Kulit atau Tubuh

Tentunya jika Anda sedang menyambung kabel listrik, maka jangan sampai terjadi sentuhan langsung terhadap kulit atau tubuh Anda, hal itu karena listrik bisa memberikan damage pada kulit atau tubuh Anda. Jadi dalam penyambungan suatu instalasi kabel listrik, diperlukan sambungan yang baik dengan balutan isolasi listrik agar aman dari sentuhan manusia dan bahkan juga pada binatang.


Menutup Sambungan Listrik agar Tidak Mudah Diakses

Baik itu anak-anak atau orang yang awam, tentunya mereka-mereka itu wajib sekali dijauhkan dari peralatan listrik. Jadi agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan, maka tutupi sambungan listrik dengan lakban atau penutup khusus seperti isolasi listrik. Namun jika memungkinkan, tempatkan barang besar yang berat di depannya.


Menghambat Resapan Air Hujan

Apabila sambungan kabel basah karena tumpahan air atau dikarenakan hujan, pastinya itu dapat mengakibatkan korsleting listrik, dengan ciri keluarnya asap pekat. Nah hal ini tentunya sangat membahayakan, sehingga dengan begitu perlu adanya penggunaan isolasi listrik untuk menghambat resapan air hujan.


Itulah segalanya yang perlu Anda ketahui mengenai isolasi listrik, baik itu pengenalan maupun juga kegunaan serta fungsinya. Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Jika Anda membutuhkan Genset, maka rekomendasi kami yang terbaik dan berkualitas adalah Genset Tenka, yang mana itu bisa Anda dapatkan atau ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page