top of page

Mengenal Apa Itu Kunci Pipa dan Macam-Macamnya yang Wajib Diketahui



Kunci adalah alat yang terbuat dari logam, yang mana banyak orang tahu bahwa itu adalah alat untuk membuka dan mengunci pintu dengan cara memasukkannya ke dalam lubang yang ada di pintu. Namun kunci juga bisa diartikan sebagai perkakas, yaitu kunci yang digunakan untuk memasang atau melepas komponen atau part, yang mana itu bisa disesuaikan dengan jenis dari kunci-kunci tersebut.


Ada banyak sekali jenis kunci yang bisa digunakan dalam hal memasang atau melepas part, tetapi ada juga kunci tertentu yang digunakan untuk benda lain, yaitu tepatnya untuk pipa. Nah kunci dalam perkakas, ternyata ada kunci dengan jenis pipa, yaitu kunci pipa. Apa itu kunci pipa? Untuk mengetahuinya maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya. Anda wajib simak artikel ini, karena selain mengenal kunci pipa, kami juga akan sertakan macam-macamnya.


Apa Itu Kunci Pipa?

Kunci pipa adalah alat yang termasuk dalam perkakas, tetapi kunci tersebut bukanlah kunci yang berbentuk seperti pipa. Kunci pipa adalah kunci yang hampir menyerupai kunci inggris, dimana konsepnya sama juga dengan kunci pas. Kunci pipa memiliki bentuk dengan 4 komponen, yaitu gagang pada kunci tersebut yang juga bisa diandalkan dalam grip dengan satu lagi komponen pada kunci pipa, alias ada handle, rahang geser, ulir penyetel, serta rahang diam.


Hampir sama dengan kunci inggris atau kunci pas, kunci pipa juga sebenarnya memiliki kegunaan yang sama tetapi berbeda. Kunci pipa adalah kunci yang dapat digunakan untuk membuka dan mengencangkan pipa atau logam bulat lainnya. Hal itu karena pada rahang-rahangnya dapat disetel sesuai ukuran pipa atau logam, yang mana itu kurang lebih sama dengan kunci inggris dan pas setelan.


Macam-Macam Jenis Kunci Pipa

Berikut adalah macam-macam jenis kunci pipa yang perlu Anda ketahui semuanya:

  • Kunci pipa standar: Yaitu kunci pipa yang terbuat dari bahan carbon steel yang mana kegunaannya tidak jauh berbeda dengan kunci pipa yang dikenal selama ini.

  • Kunci pipa Offset Type: Merupakan kunci pipa yang rahang gesernya miring, alias offsite. Tidak hanya itu, posisi rahang geser dan handlenya pun terbalik di jenis ini.

  • Kunci pipa French Type: Adalah kunci pipa yang sebenarnya tidak berbeda dari kunci pipa pada umumnya. Namun perbedaannya hanya ada pada ulir penyetel, yang mana jika biasa kunci pipa berada di luar handle, maka French Type berada di dalam handle.

  • Kunci pipa European Type: Kunci pipa yang tidak ada perbedaan mencolok dari bentuknya. Perbedaannya hanya ada pada handle kunci pipa ini, yaitu terdapat beberapa lubang pada handlenya.

  • Kunci pipa Stillson Type: Kunci pipa yang sama dengan kunci pipa French Type, tetapi hanya ada perbedaan dari bentuk modelnya, yaitu pada handle serta rahang penjepitnya.

  • Kunci pipa German Type: Merupakan kunci pipa yang kurang lebih sama dengan model offsite. Tetapi perbedaannya paling mencolok, yaitu pada rahangnya yang panjangnya sama dengan handlenya. Lalu ulir penyetelnya terdapat di dalam handle, alias tertanam di dalam handle kunci pipa tersebut.

  • Kunci pipa Swedish Type: Kunci pipa yang konsepnya menggunakan handle dalam menjepit, layaknya sama dengan cara kerja gunting. Rahangnya pun melengkung, dengan ulir penyetel yang berada di bawah dan paling belakang.

  • Kunci pipa Fast Tongs: Kunci pipa yang mirip dengan kunci inggris, tetapi rahang penjepitnya melengkung. Lalu ulir penyetel berada ditanam di sekitar rahangnya.

Jadi itulah segalanya yang perlu Anda ketahui mengenai kunci pipa, begitu juga dengan macam-macamnya. Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah bilamana Anda ingin memiliki perkakas terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami kepada Anda adalah perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com


bottom of page