top of page

Simak Apa Itu Kunci T dan Biasanya Digunakan Untuk Apa Saja



Perkakas merupakan alat yang pastinya wajib ada di setiap bengkel ataupun tempat yang memang bergerak di bidang rakit merakit atau berkaitan dengan sebuah part. Namun perkakas yang dibutuhkan pastinya tidak hanya terdiri dari 1 saja, melainkan harus ada beberapa perkakas, seperti perkakas yang sangat umum atau perkakas lainnya yang memang sesuai dengan pengerjaan dan juga fungsinya.


Jenis perkakas memang memiliki beberapa jenis, tetapi ada juga yang memiliki beberapa bentuk, dimana bentuk tersebut memang sengaja dibentuk atau disesuaikan dengan pengerjaannya. Nah salah satu perkakas tersebut adalah kunci T, yaitu perkakas yang memang berbentuk huruf T, tetapi memiliki banyak manfaat dan juga fungsinya. Untuk lebih jelasnya mengenai kunci T, maka Anda bisa simak selengkapnya di artikel ini!


Mengenal Apa Itu Perkakas Kunci T

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, bahwa kunci T itu adalah perkakas, yang mana cirinya adalah ia yang berbentuk seperti huruf besar “T”. Nah kunci T sendiri tentunya memiliki ujung yang dilengkapi dengan mata kunci, yaitu mata kunci yang biasanya menyerupai dengan kunci shock, mengapa shock karena memang kunci T termasuk sebagai kunci shock key atau kunci shock. Ada beberapa jenis kunci T, seperti kunci T dengan mata kunci shock pada 1 bagian ujungnya, tetapi ada juga ada 3 bagian mata kunci yang berbeda di setiap sudut ujung dari kunci T.


Fungsi dan Kegunaan dari Kunci T

Berguna Untuk Mengencangkan Busi Kendaraan

Pada dasarnya beberapa jenis busi memiliki ukuran hingga 17 mm, yang mana itu jelas bisa dibuka pasang dengan kunci T, tetapi tentunya itu dengan ukuran yang sama. Hal itu bisa dilakukan mudah, karena memang kunci T mempunyai torsi lebih besar sehingga mudah mengencangkan busi.


Berguna Untuk Membuka Baut yang Slek

Fungsi kunci T berikutnya adalah mampu untuk membuka baut yang mulai slek. Hal itu karena baut slek bila dibuka menggunakan kunci pas atau kunci ring, maka itu akan beresiko membuat kepala baut slek tersebut bertambah dol atau slek. Saat baut mulai slek maka kunci ring tidak sanggup lagi membukanya, tetapi berbeda dengan kunci T yang masih bisa melonggarkan baut dengan baik.


Berguna Untuk Mengencangkan dan Membuka Baut di Celah Sempit

Apabila ada baut yang menjorok, contohnya seperti pada blok kopling atau CVT, maka itu akan menyebabkan kesulitan saat dibuka dengan kunci pas ataupun kunci ring. Nah baut yang menjorok ke dalam ini membuat sudut kunci pas atau kunci ring tidak optimal bekerja, sehingga dengan begitu bisa saja membuat stuck. Jadi disarankan dalam keadaan tersebut menggunakan kunci T, dikarenakan ia mampu mencapai celah sempit, tetapi itu asal ada ruang cukup bagi handle kunci T secara vertikal maupun horizontal.


Berguna Untuk Mencegah Slek Pada Mur

Ada kemungkinan kepala baut bisa slek atau semakin dol karena pemakaian kunci yang tidak tepat. Nah karena kunci T memiliki bentuk dan ukuran yang ringkas, maka pastinya ia mampu mencegah baut slek. Kunci T sendiri bisa membantu mencegah terjadinya slek pada mur saat proses pengenduran atau pengencangan. Itu karena pada bagian gagang bisa dipegang dengan kedua tangan sehingga seimbang posisinya.


Berguna Untuk Membuka & Mengencangkan Baut Pada Torsi

Kunci T juga berguna untuk keperluan membuka dan mengencangkan baut yang memiliki karakter di torsi, seperti baut dan mur pada as roda hingga blok mesin. Kemudian kunci T mampu membuka baut dengan mudah asal ukuran gagang tersebut cukup besar.


Berguna Untuk Melonggarkan Baut Pada Blok Mesin

Kunci T berguna dan sangat mampu melonggarkan baut di blok mesin. Hal itu karena memang pada blok mesin kendaraan memiliki banyak bagian dan biasanya menyisakan ruang kecil. Jadi lokasi baut tersebut sebagian besar hanya bisa dijangkau dengan kunci T.


Jadi itulah apa itu kunci T dan juga kegunaannya yang bisa digunakan untuk apa saja. Semoga bermanfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Bilamana Anda tertarik dengan kunci T atau mungkin perkakas lainnya, maka yang terbaik dan berkualitas ada di perkakas Tenka yang berada di IndahJaya.com


Comentarios


bottom of page