Mengenal Apa Itu Lever Hoist dan Fungsinya yang Wajib Diketahui



Untuk mengangkat suatu beban berat maka dibutuhkanlah hoist crane, pesawat pengangkat yang biasanya terdapat pada industri, pergudangan dan perbengkelan, yang memang ditempatkan pada langit-langit dan dapat berjalan diatas rel khusus yang sudah dipasangi pada langit-langitnya. Nah hoist and crane sendiri memiliki banyak jenis dan ragam, yang mana salah satunya ada akan kami jelaskan di artikel ini.


Nah jenis hoist crane tersebut adalah lever hoist atau bisa juga disebut dengan lever block. Apa itu lever hoist dan juga apa fungsinya, tentunya itu semua perlu anda ketahui agar anda semakin paham dan bisa mempunyai wawasan luas mengenai hoist crane. Oleh karena itu silahkan anda simak artikel ini selengkapnya agar anda tahu lever hoist, berikut juga dengan fungsi serta kegunaannya.


Apa Itu Lever Hoist?

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, lever hoist bisa juga disebut sebagai lever block, yang dimana itu adalah salah satu alat lifting yang tentunya sangat penting dan berguna untuk kebutuhan di berbagai industri, pabrik, hingga bengkel. Hal itu dikarenakan, hoist ini bisa memungkinkan mudah dalam menarik atau memindahkan barang. Nah jelasnya apa itu lever hoist, itu adalah alat lifting portable yang dapat dioperasikan secara manual, yang mana kegunaannya cukup sama dengan alat lifting pada umumnya, tetapi dengan beberapa perbedaan.


Lever hoist cirinya bisa terbuat dari material baja stainless steel yang tentunya itu tahan terhadap karat atau korosi, itu dikarenakan material tersebut memang tahan terhadap air dan perubahan suhu yang terjadi di dalam atau luar ruangan. Diketahui terdapat 2 pengait atau hook pada sebuah lever hoist, yaitu ada pada bagian atas lever hoist dan juga di bagian bawah lever hoist. Nah hook yang terletak pada bagian atas lever hoist berfungsi untuk mengaitkan alat lever hoist pada penarik seperti crane. Sedangkan hook yang terletak pada ujung rantai atau kabel digunakan untuk mengaitkan kepada beban.


Fungsi Serta Kegunaan Lever Hoist yang Wajib Diketahui Semuanya

Fungsi serta kegunaan dari lever hoist sendiri yaitu untuk mengangkat, menurunkan dan juga dapat menarik beban yang pastinya berbobot besar. Nah dari segi bentuk lever hoist, ia agak mirip dengan chain block tetapi lebih fleksibel dari segi fungsinya. Dimana lever hoist memang bisa digunakan untuk menarik beban secara horizontal, yang mana itu tidak bisa dilakukan dengan chain hoist.


Selain itu, lever hoist sendiri cenderung menggunakan tenaga pengguna untuk dapat menarik benda. Meskipun memiliki tuas sebagai penggeraknya, tetapi penggunaan tuas lever hoist tidak boleh diputar melingkar seperti jarum jam. Itu karena dapat berakibat mengurangi masa pakai lever hoist, sehingga penting untuk memastikan posisi rantai pada saat pengangkatan tegak lurus.


Jadi itulah segalanya yang perlu anda ketahui mengenai lever hoist, berikut juga dengan fungsi serta kegunaannya yang tentunya semuanya wajib untuk diketahui. Kiranya bisa jadi manfaat untuk anda semua, terutama bermanfaat sebagai penambah wawasan anda semua terkait hoist crane berjenis lever hoist. Bilamana anda tertarik ingin memiliki hoist crane tetapi ingin yang terbaik atau berkualitas, maka Elephant Crane and Hoist bisa menjadi rekomendasi utama anda. Mengenai Elephant Crane and Hoist, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.