top of page

Mengenal Lebih Jauh yang Dimaksud dengan Listrik Dinamis yang Wajib Diketahui



Dinamis adalah istilah umum yang merujuk kepada segala sesuatu atau kondisi yang memang terus-menerus berubah, bergerak secara aktif dan mengalami perkembangan berarti. Dinamis sering dianggap suatu sikap yang patut dimiliki semua manusia. Beragamnya kondisi yang terjadi pada sesuatu atau seseorang disebut dinamika. Nah dalam pengertiannya itu, dinamis juga masuk dalam aliran listrik, alias listrik dinamis.


Melalui artikel ini pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba memperkenalkan Anda sesuatu yang dinamakan sebagai listrik dinamis, yang mana itu sangat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda terkait dengan kelistrikan. Nah maka dari itu pengertian listrik dinamis yang cukup jarang diketahui banyak orang ini perlu Anda ketahui, yang mana Anda bisa ketahui dengan menyimak artikel ini selengkapnya!


Mengenal Lebih Jauh Tentang Listrik Dinamis yang Perlu Anda Ketahui

Arti dari Listrik Dinamis

Apa itu listrik dinamis? Nah listrik dinamis itu adalah muatan-muatan listrik yang memang mengalir atau bergerak sama seperti listrik pada umumnya. Namun listrik yang mengalir ini bisa disebut juga dengan arus listrik. Lalu arus listrik sendiri adalah aliran partikel dengan bermuatan positif yang melalui konduktor atau penghantar dari potensial tinggi ke potensial rendah.


Jadi dengan demikian, jika arus listrik dapat dianalogikan dengan aliran air yang terjadi karena adanya perbedaan ketinggian, maka itu sama dengan air yang dapat mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. Itu juga berlaku dengan arus listrik dinamis yang ternyata memang dapat bergerak dengan perbedaan energi potensial yang ada.


Karakteristik Listrik Dinamis

Terdapat beberapa karakter listrik dinamis yang mendefinisikan bahwa ia adalah listrik dinamis. Nah karakteristik tersebut antara lain:

  • Listrik dinamis yang memang terdiri dari muatan listrik yang bergerak, sehingga dengan begitu maka bisa menghasilkan arus listrik.

  • Listrik dinamis pun bisa berperan untuk menjaga beban agar tetap mengalir, yang mana itu diperlukan oleh agen untuk melakukan pekerjaan yang diperlukan, sehingga beban pun bisa tetap bergerak.

  • Dalam Satuan Sistem Internasional, muatan bisa diukur dalam satuan coulomb (C) dan arus dalam coulomb / detik, satuan yang disebut ampere (A). Nah arus 1 A berarti luas penampang penghantar mengalir 1 C setiap detik.

  • Kemudian ada juga karakteristik berupa arus listrik yang memang butuh jalur tertutup untuk mempertahankan alirannya. Jalur ini disebut sirkuit dan harus tertutup, jika arus yang mengalir melalui jalur terbuka, maka itu akan berhenti.

  • Tentunya semua muatan yang bergerak bisa menghasilkan medan magnet, termasuk juga kawat yang membawa arus.

  • Pada prinsipnya listrik dinamis, arah arus adalah gerakan yang diikuti oleh elektron dalam penghantar, yang mana itu meninggalkan kutub negatif baterai dan menuju positif.

Jenis-Jenis Listrik Dinamis

Listrik dinamis terdiri dari beberapa jenis yang tentunya saling membedakan, yang mana jenis tersebut yakni:

  • Arus searah (DC), yaitu arus listrik dinamis yang terjadi ketika elektron mengalir hanya dalam satu arah. Contohnya seperti arus yang dihasilkan oleh panel fotovoltaik.

  • Arus bolak-balik (AC), yaitu arus listrik dinamis yang terjadi ketika elektron mengubah arahnya berulang-ulang dari positif ke negatif. Untuk contohnya kami ambil beberapa alat elektronik seperti AC, TV, dan sebagainya yang membutuhkan listrik.

Jadi itulah pengenalan lebih jauh mengenai listrik dinamis yang perlu Anda semua ketahui. Semoga bermanfaat bagi Anda dan semuanya. Bilamana Anda ingin memiliki Genset, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah Genset Tenka. Nah mengenai Genset Tenka, tentunya Anda bisa memilikinya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page