top of page

Mengenal Apa Itu Listrik Pintar dan Apa Saja Keuntungan Menggunakannya



Perusahaan Listrik Negara atau disingkat PLN, adalah sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di negara Indonesia. Dalam pelayanan pendistribusian kelistrikan PLN membagi-bagi fungsi unit induknya kedalam beberapa unit induk berdasarkan pada sistem tenaga listrik yaitu pembangkitan, transmisi, dan distribusi. Selain itu ada juga unit induk atau pusat-pusat lain sebagai penunjang keberlangsungan perusahaan.


Jadi dengan demikian listrik pada dasarnya diperoleh dari PLN, tetapi tahukah Anda bahwa PLN bisa juga memberikan listrik dalam keadaan tidak biasa, alias listrik yang pintar. Nah apa itu listrik pintar dan apa saja keuntungan dalam menggunakannya? Untuk Anda yang ingin tahu jawabannya, maka Anda bisa ketahui dengan menyimak artikel ini selengkapnya, dikarenakan di artikel ini sudah kami berikan penjelasan tentang apa itu listrik pintar dan kegunaannya.


Mengenal Apa Itu Listrik Pintar?

Dilansir dari PLN langsung, listrik pintar bukan suatu listrik yang memiliki akal pintar, melainkan itu berkaitan dengan sebuah layanan pintar dari PLN. Nah jelasnya, listrik pintar itu adalah suatu layanan listrik prabayar yang memungkinkan para pelanggannya untuk mengendalikan sendiri penggunaan listriknya sesuai kebutuhan dan kemampuan. Seperti halnya dengan sistem pulsa atau isi ulang pulsa pada telepon seluler, pada sistem listrik pintar pun pelanggan terlebih dahulu akan membeli pulsa (voucher/token) listrik isi ulang melalui gerai ATM sejumlah bank atau melalui bisa loket-loket pembayaran tagihan listrik online, atau bisa juga melalui e-commerce.


Nah jadi dengan demikian, listrik pintar itu sebenarnya adalah sistem prabayar dari PLN, yaitu beli token listrik untuk digunakan nantinya sesuai dengan token listrik yang diperoleh. Nah token atau pulsa listrik yang terdiri dari 20 digit angka yang sudah didapatkan harus dimasukkan (di input) ke dalam KWh yang ada pada meteran khusus yang disebut sebagai meteran prabayar (MPB). Nah layar MPB akan menyajikan sejumlah informasi penting yang langsung bisa diketahui dan dibaca oleh pelanggan terkait dengan penggunaan listriknya, yakni

  • Informasi jumlah energi listrik (KWH) yang dimasukkan (di input).

  • Jumlah energi listrik (KWH) yang sudah terpakai selama ini

  • Jumlah energi listrik yang sedang terpakai saat ini (real time).

  • Jumlah energi listrik yang masih tersisa.

Perlu Anda ketahui, ketersediaan KWh tersebut bisa ditambah berapa saja dan kapan saja sesuai kebutuhan dan keinginan para pelanggannya. Jika energi listrik yang tersimpan di MPB sudah hampir habis, maka MPB tersebut akan memberikan sinyal awal agar para pelanggan bisa dengan segera melakukan pengisian ulang. Dengan sistem seperti itu, maka para pelanggan dapat mengetahui secara persis dan real time penggunaan listrik di rumah setiap saat dan kapan saja. Jadi para pelanggan juga dapat mengoptimalkan konsumsi listrik dengan mengatur sendiri jadwal dan jumlah pembelian listrik.


Inilah Keuntungan Menggunakan Listrik Pintar

Biaya Instalasi yang Cukup Murah

Dikarenakan Anda yang menggunakan listrik pintar hanya dikenakan biaya pemasangan saja dan uang jaminan langganan pada pemasangan pertama. Kemudian penggunaan listrik hanya dibebani pada suatu token listrik atau pulsa.


Praktis dan Tidak Sulit dalam Menggunakannya

Seperti yang sudah dijelaskan atau yang memang banyak orang tahu, bahwa sistem dari listrik pintar itu mirip seperti pulsa pada gadget. Jadi beli dulu pulsa atau token listrik, lalu input ke meteran, lalu kemudian Anda bisa gunakan sesuai dengan yang dibeli.


Tidak Ada Deadline dalam Pembayaran

Karena berupa pulsa yang bahkan tidak ada masa tenggang, maka penggunaan listrik pintar atau prabayar tidak ada deadline dalam pembayarannya. Berbeda dengan pascabayar yang ada deadline pembayaran, yaitu sebulan sekali pada tanggal yang harus tepat.


Tidak Ada Denda

Karena tidak ada deadline dalam pembayaran, maka pastinya juga tidak ada denda dalam keterlambatan. Sehingga itu berbeda dari pascabayar yang akan ada denda jika telat dalam membayar tagihan listrik.


Mampu Menyadarkan Diri Sendiri Tentang Penghematan Listrik

Berapa banyak penggunaan listrik, maka itu akan berpengaruh pada pulsa atau token listrik yang ikut berpengaruh. Jadi secara tidak langsung dengan hal ini bisa meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya berhemat dalam penggunaan listrik.


Jadi itulah segalanya yang perlu Anda ketahui mengenai listrik pintar, baik itu pengenalannya maupun keuntungan menggunakannya. Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Bilamana Anda ingin memiliki Genset sebagai alternatif mendapatkan daya listrik, maka rekomendasi Genset terbaik dan berkualitas dari kami adalah Genset Tenka yang ada di IndahJaya.com


bottom of page