Mengenal Apa Itu yang Dimaksud dengan Load Bank dalam Istilah Genset



Mesin Genset saat ini tentunya hampir bisa ditemukan di banyak beberapa tempat, seperti rumah sakit, kantor, dan lain sebagainya. Nah tentunya itu tidak mengherankan, mengingat kegunaan dari Genset itu sangat penting adanya, dikarenakan ia dapat berguna sebagai mesin pembangkit listrik, yang tentunya bisa dioperasikan tanpa membutuhkan listrik, melainkan hanya membutuhkan bahan bakar saja.


Melihat banyak kebutuhan listrik yang pastinya tidak boleh padam, maka Genset begitu sangat diandalkan. Namun meski cukup banyak diandalkan, sayangnya banyak pengguna Genset yang masih belum tahu beberapa istilah pada Genset, seperti topik utama artikel ini yaitu Load Bank. Nah apa itu Load Bank dalam istilah Genset, semua informasinya akan kami jelaskan kepada anda di artikel ini. Maka dari itu, simak artikel ini selengkapnya!


Apa Itu Load Bank dalam Istilah Genset?

Load bank bukanlah suatu bank, atau bukan juga komponen pada mesin Genset, itu karena Load Bank adalah istilah dalam Genset yang tentunya user Genset perlu ketahui itu. Dalam banyaknya pengertian, Load Bank lebih dikenal sebagai salah satu alat yang umumnya dipakai sebagai alat pengetesan pada kemampuan trafo, baterai hingga pada generator set atau Genset. Diketahui saat ini, ada beberapa jenis Load Bank yang umum dijumpai, diantaranya seperti Load Bank yang menggunakan media air laut yang disebut Dummy Load, hingga Load Bank yang memanfaatkan Electric Heater ataupun Grid Resistor.


Inilah Kegunaan dari Load Bank Pada Genset

Untuk memahami Load Bank, maka anda juga perlu mengetahui kegunaan dari Load Bank pada Genset:

  • Bisa melakukan proses synchronizing test atau proses simulator pada Genset, yang mana sebelum proses synchronizing berjalan dengan baik, maka perlu dilakukan setting dan testing dengan load bank, sehingga pada saat proses tersebut tidak akan mengganggu kondisi instalasi kelistrikan yang sedang berjalan.

  • Load Bank dapat berguna untuk mengetahui seberapa banyak persentase penurunan kemampuan suatu Genset Diesel, Gas Engine dan Mesin Turbin.

  • Memaksimalkan kemampuan Genset sebagai sumber daya cadangan yang cukup ketika dibutuhkan.

  • Dengan Load Bank, maka bisa menemukan masalah secara signifikan dan mencegah masalah besar di masa yang akan datang pada Genset.

  • Load Bank dapat membantu membersihkan dan mengurangi karbon yang keluar dari saluran pembuangan Genset.

  • Load Bank dapat berguna untuk memverifikasi sistem pendingin mesin yang ada pada Genset.

  • Berperan sebagai media pemindah beban, pada instalasi crane.

  • Load Bank juga dapat dipakai sebagai pengalih beban untuk menghindari efek overspeed pada generator set atau Genset.

  • Load Bank juga bisa berfungsi sebagai alat penguji kemampuan battery, juga sebagai media discharge pada battery yang ada pada Genset.


Nah itulah segalanya yang perlu anda ketahui dari Load Bank dalam istilah Genset. Apabila ada ketertarikan anda dengan Genset, maka rekomendasi Genset terbaik dan berkualitas dari kami adalah Tenka. Mengenai Genset Tenka, maka anda bisa kunjungi di IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Sekian sudah artikel kami pada kesempatan kali ini, dimana pastinya bisa membuat anda semakin memahami dan mengenal istilah Load Bank pada Genset. Anda tentunya bisa membagikan artikel ini kepada yang lainnya, hal itu agar yang lainnya juga dapat memahami serta mengenal istilah Load Bank pada Genset.