top of page

Informasi Lengkap Apa Itu MCB Listrik dan Fungsi Serta Kegunaannya



Baik itu di rumah, kantor, industri, atau tempat lain sebagainya yang memang membutuhkan listrik, maka itu harus dilengkapi dengan colokan listrik yang memang tersambung dengan PLN. Hal itu karena jika tidak demikian, maka peralatan apapun yang memang membutuhkan listrik tidak akan bisa digunakan, sehingga salah satu cara untuk menggunakannya atau dapat menghantarkan daya listrik adalah dengan mengandalkan Genset.


Seperti yang kita tahu bersama, arus listrik pada dasarnya harus memiliki nominal yang tepat untuk dihantarkan pada kebutuhan yang memang berada di suatu tempat, hal itu karena jika tidak demikian, maka akan ada beban berlebih atau arus pendek. Nah salah satu alat yang dapat memungkinkan itu tidak terjadi adalah MCB listrik. Nah apa itu MCB listrik dan apa saja kegunaan serta fungsinya, semua itu bisa Anda ketahui di artikel ini!


Informasi Lengkap Mengenai Apa Itu MCB Listrik?

MCB merupakan singkatan “Miniature Circuit Breaker” atau dalam bahasa Indonesia ia dikenal sebagai alat pemutus sirkuit miniatur. Nah MCB sendiri merupakan perangkat yang biasa digunakan untuk membatasi arus listrik. Selain itu, ia juga diandalkan sebagai pengaman ketika ada beban yang berlebih. Hal tersebut dapat MCB lakukan karena ia bisa bekerja secara otomatis untuk memutus arus listrik ketika arus yang melewatinya melebihi arus nominal pada MCB tersebut.


Perlu Anda ketahui, ada terdapat beragam arus nominal pada MCB, yakni ada 1A, 2A, 4A, 6A, 10A, 20A, 25A, 32A dan lain sebagainya. Nah nominal arus tersebut pun ditentukan dari besarnya arus yang mampu dihantarkan oleh MCB. Jadi pada dasarnya pemutusan aliran listrik yang dilakukan oleh MCB berasal dari dua prinsip, yakni prinsip panas dan juga prinsip elektromagnetik. Untuk prinsip panas digunakan saat MCB memutuskan arus karena beban lebih. Sedangkan prinsip elektromagnetik digunakan saat MCB mendeteksi adanya hubungan singkat.


Jenis-Jenis MCB Listrik

  • MCB Tipe B: MCB listrik yang akan trip ketika arus beban lebih besar 3 sampai 5 kali dari arus nominal MCB.

  • MCB Tipe C: MCB listrik yang akan trip ketika arus beban lebih besar 5 sampai 10 kali arus nominal MCB.

  • MCB Tipe C: MCB listrik yang akan trip ketika arus beban lebih besar 8 sampai 12 kali arus nominal MCB.


Inilah Fungsi Serta Kegunaan Lengkap dari MCB Listrik

Prinsip kerja dari MCB listrik yaitu ada pada kondisi normal, yang mana MCB akan berfungsi sebagai saklar manual yang dapat menghubungkan (ON) dan memutuskan (OFF) arus listrik. Kemudian pada saat terjadi beban berlebih atau overload, ataupun hubungan singkat (Short Circuit), maka nantinya MCB akan beroperasi secara otomatis dengan memutuskan arus listrik yang melewatinya. Nah dari prinsip kerjanya tersebut, bisa diambil beberapa point dari fungsi serta kegunaannya utama dari MCB listrik, yakni sebagai berikut:

  • MCB listrik bisa berperan sebagai pemutus arus listrik.

  • MCB listrik bisa berperan sebagai pengaman hubungan arus pendek atau korsleting.

  • MCB listrik bisa berperan sebagai saklar utama listrik.

  • MCB bisa berperan sebagai pengaman beban berlebih pada arus listrik yang ada.

Jadi itulah informasi lengkap mengenai apa itu MCB, begitu juga dengan fungsi serta kegunaan dari MCB listrik. Kiranya jadi manfaat untuk Anda semua, terutama bagi pemahaman mengenai MCB listrik. Jika Anda berniat ingin memiliki Genset, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page