Mengenal Lebih Lengkap Apa Itu Obeng Bengkok dan Kegunaannya



Tentunya hampir banyak orang-orang yang tahu, bahwa obeng memiliki kegunaan untuk memasang ataupun bisa melepas suatu baut, mur, dan juga sekrup. Tetapi itu bisa dilakukan dengan baut, mur, dan juga sekrup yang pastinya sesuai dengan obeng tersebut, seperti obeng plus dengan baut yang juga plus, dan sebagainya yang ada. Nah cara penggunaan obeng sendiri yaitu bisa dilakukan dengan tegak lurus, baik mendatar atau menurun.


Tetapi sayangnya penggunaan obeng yang datar atau tegak terkadang tidak efektif dalam membuka beberapa baut atau mur yang berada dalam lokasi sulit terjangkau dengan obeng pada umumnya. Sehingga jadinya dengan begitu maka akan sulit membuka baut atau mur tersebut. Namun ada solusi untuk itu, yang mana itu adalah dengan menggunakan obeng bengkok, dimana itu akan kami jelaskan kepada anda semua di artikel ini. Maka dari itu silahkan anda simak artikel ini selengkapnya!


Mengenal Lebih Dekat Mengenai Obeng Bengkok

Obeng bengkok jelas adalah obeng yang sangat menyerupai namanya, yaitu bengkok. Obeng bengkok sendiri adalah salah satu jenis obeng, yang mana perbedaannya dengan obeng pada umumnya adalah pada batang dari obeng bengkok. Jika obeng biasa atau obeng pada umumnya memiliki batang obeng yang lurus, maka itu berbeda dengan obeng bengkok yang memiliki batang obeng menyerupai L, alias seperti bengkok. Jadi obeng bengkok adalah obeng yang menyerupai bentuk yang bengkok alias tidak lurus.


Inilah Fungsi dan Kegunaan dari Obeng Bengkok

Obeng bengkok bukanlah obeng yang dibengkokan tanpa adanya tujuan. Perlu anda ketahui, obeng bengkok itu muncul dikarenakan pada zaman saat ini sudah banyak kemajuan, yang mana itu berpengaruh pada beberapa part atau komponen yang saling terhubung dengan baut. Sehingga dengan begitu maka bisa membuat baut atau mur yang terpasang pada komponen akan terletak pada posisi yang sulit, alias mustahil dibuka atau dipasang dengan obeng yang lurus.


Nah dengan adanya perubahan ini, pastinya mau tidak mau beberapa alat yang digunakan manusia juga mengalami inovasi, yang mana obeng adalah salah satunya yang wajib. Melihat tidak semua baut, mur, dan juga sekrup berada pada posisi yang tidak memungkinkan menggunakan obeng biasa, maka hadirlah inovasi obeng yang cocok dengan pekerjaan tersebut. Obeng tersebut adalah obeng bengkok, yaitu obeng yang bisa memungkinkan melakukan pekerjaan memasang atau melepas baut atau mur pada tempat yang tidak lurus.


Baut, mur, dan sekrup apa aja yang cocok dengan obeng bengkok? Jawabannya itu tergantung dari mata obeng bengkok itu sendiri, yang mana jika obeng bengkok memiliki mata obeng plus, maka baut plus lah yang cocok, begitu juga dengan minus dan sebagainya. Obeng bengkok sendiri juga memiliki beberapa tipe, seperti offset yang mempunyai bilah yang sekaligus sebagai tangkainya, lalu ada juga obeng bengkok dengan bentuk T, bolak-balik, hingga L.


Bukan hanya tipe, obeng bengkok juga terdiri dari beberapa ukuran yang tentunya dapat disesuaikan dengan baut, mur, dan juga sekrup yang ada. Jadi kesimpulannya, fungsi serta kegunaan dari obeng bengkok itu bisa menjadi obeng alternatif, dimana ia bisa diandalkan ketika obeng biasa tidak dapat meraih putaran yang benar pada baut, mur, dan juga sekrup pada tempat yang sulit terjangkau oleh obeng.


Jadi itulah segalanya yang perlu anda ketahui mengenai obeng bengkok, semoga bermanfaat bagi anda dan juga kepada semuanya. Bilamana anda tertarik ingin memiliki obeng, maka obeng terbaik serta berkualitas ada pada produk perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, semua itu bisa anda miliki serta ketahui lebih lanjut hanya di IndahJaya.com