Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Obeng Bolak Balik dan Fungsi Serta Kegunaannya



Ketika membeli suatu obeng, pastinya anda harus memastikan bahwa obeng tersebut sesuai dengan baut atau sekrup yang ingin anda terapkan. Contohnya jika anda ingin menggunakan obeng untuk baut plus, maka cari dan beli obeng plus, begitu juga dengan yang lainnya. Namun terkadang pemastian tersebut terkadang menjadi suatu hambatan jika ada baut yang tidak sesuai dengan obeng yang anda punya.


Nah karena masalah tersebut, maka banyak obeng yang harus dipunyai, dan tentunya jelas itu bisa membuat pengeluaran begitu besar. Untuk mengatasi itu, tentunya ada cara mudah dan praktis, yaitu anda mengandalkan obeng yang bernama obeng bolak-balik. Apa maksud dari obeng bolak-balik, lalu apa fungsi serta kegunaannya akan kami jelaskan di bawah ini. Maka dari silahkan simak artikel ini selengkapnya!


Apa Itu Obeng Bolak-Balik?

Obeng bolak-balik bukanlah obeng yang bisa dibolak-balik, karena semua obeng atau benda apapun pastinya bisa dibolak-balik, baik atas-bawah, kiri-kanan, depan dan belakang. Nah obeng bolak-balik yang dimaksud adalah obeng yang digunakan pada hampir semua baut atau sekrup, dimana ujung sekrup pada obeng bolak-balik dapat dicopot dan diganti dengan ujung yang sesuai dengan baut atau sekrupnya. Nah oleh karena itu, maka jelas obeng tersebut dinamai sebagai obeng bolak-balik.


Fungsi dan Kegunaan dari Obeng Bolak-Balik

Nama sebenarnya dari obeng bolak-balik adalah obeng Ratchet, yaitu obeng yang memang memiliki ujung sekrup yang dapat diganti, seperti sekrup plus, minus, bintang, dan lain sebagainya yang memang ada dan tersedia. Nah oleh karena itu, maka jelas kegunaannya bisa untuk mengencangkan, mengendorkan segala baut atau sekrup yang memang dipunyai oleh obeng bolak-balik tersebut.


Nah jelas dan rincinya, obeng jenis ini memiliki bentuk yang serupa dengan pistol, dimana ia juga memiliki gagangnya yang dapat menyimpan mata sekrup yang dilengkapi dengan sekrup pipih, sok, kembang, dan lain sebagainya. Nah oleh karena itu, jika pengguna ingin mengganti sekrup, maka bagian ujung obeng bisa dibongkar-pasang sesuai dengan sekrup atau baut yang sesuai. Nah keunggulan dari sistem obeng ini, yaitu terletak pada penyetelan dan pemasangan satu arah cepat tuntas, sedangkan kekurangannya hanya ada pada bagian penyetelannya yang terkadang akan cepat aus.


Jadi itulah segalanya yang perlu anda ketahui mengenai obeng bolak-balik, baik pemahamannya, hingga bentuk dan kegunaannya. Membaca artikel ini pastinya bisa membuat anda tertarik untuk memiliki obeng, oleh karena itu obeng terbaik yang kami rekomendasikan kepada anda adalah obeng Tenka. Mengenai obeng atau perkakas Tenka, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Sekian dari kami, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dalam mengetahui obeng yang bernama bolak-balik. Jangan lupa anda bisa bagikan artikel ini kepada mereka yang memang belum tahu apa itu obeng bolak-balik, baik itu menggunakan media sosial ataupun media yang ada dan tersedia.