Yuk Simak Apa Itu Obeng Cengkeh dan Biasanya Digunakan Untuk Apa Saja



Cengkih atau biasa dikenal sebagai cengkeh adalah kuncup bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae. Nah cengkeh sendiri adalah salah satu tanaman asli Indonesia, dimana ia banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan juga bisa sebagai bahan utama rokok kretek khas negara Indonesia. Namun siapa sangka, cengkeh ternyata berkaitan juga dengan perkakas, yaitu obeng yang bernama obeng cengkeh.


Nah jika memang obeng adalah alat perkakas, sementara cengkeh adalah kuncup bunga, apakah mungkin obeng cengkeh itu adalah gabungan dari 2 pengertian tersebut? Tentunya itu bukan, karena obeng cengkeh hanyalah istilah dari obeng pada umumnya. Untuk lebih jelasnya, anda perlu simak artikel ini agar anda semakin tahu tentang obeng cengkeh dan juga kegunaannya, maka dari itu silahkan simak artikel ini sampai tuntas!


Mengenal Apa Itu Obeng Cengkeh?

Banyak orang yang tidak tahu mengenai obeng cengkeh, bahkan karena namanya yang menyerupai suatu kuncup bunga, banyak yang beranggapan bahwa obeng tersebut adalah obeng yang terbuat dari cengkeh. Atau ada juga obeng yang menyerupai cengkeh, atau ada juga yang beranggapan bahwa itu adalah obeng khusus tanaman cengkeh. Nah pada dasarnya semua obeng akan digunakan dan selalu berkaitan pada baut atau mur, sehingga pastinya itu sama dengan yang namanya obeng cengkeh.


Kami jelaskan agar anda semakin tahu, obeng cengkeh itu adalah nama lain dari obeng kembang, atau banyak yang bilang itu adalah obeng plus. Nah obeng tersebut dipanggil dengan cengkeh karena memang mata ujung obeng yang menyerupai cengkeh, atau bisa dibilang menyerupai kembang atau plus. Jadi dengan begitu maka tidak heran banyak yang tidak tahu apa itu obeng cengkeh, itu karena memang obeng cengkeh lebih terkenal dipanggil sebagai obeng kembang atau obeng plus.


Fungsi Serta Kegunaan dari Obeng Cengkeh

Karena obeng cengkeh itu pada dasarnya adalah obeng kembang atau obeng plus, maka tentunya obeng cengkeh memiliki kesamaan yang persis seperti obeng plus, dimana itu bisa anda ketahui di ulasan berikut ini:


Melepaskan atau Mengendorkan Baut, Mur, atau Sekrup

Obeng cengkeh adalah obeng kembang atau plus, sehingga dengan begitu bisa disimpulkan kegunaan dari obeng tersebut adalah untuk melepaskan baut, mur, atau sekrup yang pastinya memiliki kepala yang berulir plus atau tambah. Bukan hanya melepaskan, obeng cengkeh juga dapat mengendorkan baut, mur, atau sekrup yang memang sedari awal sudah sangat kencang dalam pemasangannya.


Memasang atau Mengencangkan Baut, Mur, atau Sekrup

Kebalikan dari melepaskan atau mengendorkan baut atau sekrup, yaitu adalah memasang atau mengencangkan baut atau sekrup. Nah di obeng cengkeh tentunya juga bisa melakukan itu, sehingga obeng tersebut dapat juga digunakan untuk memasang, mengencangkan, dan juga melepas serta mengendorkan baut yang memang memiliki kepala berulir plus atau tambah.


Itulah yang dimaksud dengan obeng cengkeh dan juga kegunaan serta fungsi dari obeng cengkeh yang perlu anda ketahui semuanya. Jika anda tertarik dengan obeng cengkeh, maka obeng terbaik jenis tersebut adalah merk Tenka. Mengenai perkakas Tenka, maka anda dapat miliki serta ketahui lebih lanjut hanya di IndahJaya.com


Selesai sudah artikel kami pada kesempatan kali ini, semoga jadi manfaat untuk anda dalam memahami lebih lagi perkakas yang bernama obeng cengkeh. Tentunya anda dapat share artikel ini kepada mereka yang memang masih belum mengetahui obeng cengkeh, sehingga dengan begitu maka mereka juga dapat mengetahui lebih lagi terkait dengan obeng cengkeh.