Inilah yang Dimaksud dengan Obeng Fleksibel dan Fungsi Serta Kegunaannya



Fleksibel merupakan suatu kata yang mendefinisikan bahwa sesuatu itu dapat digunakan sesuai dengan apapun, alias bisa menyesuaikan dengan keadaan. Fleksibel sendiri saat ini bukan hanya bisa digolongkan pada diri manusia, melainkan bisa juga pada peralatan, benda, dan lain sebagainya yang pastinya bisa menyesuaikan dengan keadaan yang ada atau di sekitarnya. Salah satu contoh fleksibel yang ada pada benda, yaitu obeng.


Nah obeng tentunya bisa menjadi fleksibel, tetapi jika itu adalah obeng berjenis fleksibel. Nah apa itu obeng fleksibel dan apa saja fungsi serta kegunaan dari obeng fleksibel, semuanya itu akan kami bantu jelaskan kepada anda melalui artikel ini. Oleh karena itu melalui artikel pada kesempatan kali ini, kami akan bantu anda dalam mengenal salah satu jenis obeng yang bernama fleksibel, berikut juga dengan fungsi serta kegunaannya.


Apa Itu Obeng Fleksibel?

Dalam pengertian fleksibel, itu adalah suatu kata yang bisa menyimpulkan bahwa sesuatu bisa sesuai dengan segala keadaan. Nah jadi dengan demikian, apakah obeng fleksibel itu adalah obeng yang memang digunakan dengan segala keadaan? Jawabannya bisa jadi benar begitu, tetapi bisa juga tidak. Hal itu karena memang obeng fleksibel bukanlah suatu obeng yang sebenarnya, itu karena obeng tersebut hanya aksesoris pada obeng yang sebenarnya. Maksud aksesoris, obeng fleksibel dapat dikombinasikan dengan obeng yang sebenarnya, alias dengan mata obeng fleksibel tersebut.


Meski dikenal dengan nama obeng fleksibel, tetapi sebenarnya banyak orang Indonesia yang menyebutnya sebagai obeng bengkok. Itu karena pada badan dari obeng fleksibel itu bisa digerakan sesuai dengan keadaan yang tidak memungkinkan untuk menggunakan obeng yang sebenarnya. Nah hal tersebut dapat terjadi, karena obeng bengkok dalamnya terdapat sistem torsi dimana penggunaannya bisa memutar satu sisi obeng fleksibel ini, sehingga secara otomatis di ujung lainnya terdapat mata obeng yang akan ikut berputar juga.


Inilah Fungsi dan Kegunaan dari Obeng Fleksibel

Obeng fleksibel tentunya sama dengan obeng pada umumnya, yaitu mengencangkan dan juga mengendorkan baut atau sekrup. Perbedaannya dengan obeng pada umumnya, yaitu hanya cara kerjanya dan juga penempatannya yang bisa digunakan pada celah yang tidak lurus atau datar. Hal tersebut tentunya sudah anda tahu, bahwa obeng fleksibel hanya aksesoris yang dapat digunakan dengan cara bengkok karena adanya sistem torsi pada obeng tersebut. Sehingga tidak heran obeng satu ini adalah alternatif yang dapat digunakan ketika obeng sebenarnya tidak bisa meraih baut atau sekrup yang sulit.


Tentunya dengan menggunakan sistem sederhana tersebut, maka penggunaannya bisa mengencangkan atau mengendorkan baut /sekrup dari sisi manapun, jadi sekali lagi tidak harus lurus dengan posisi sekrup tersebut terpasang. Untuk fisik dari obeng fleksibel atau bengkok, fisik obeng fleksibel berbentuk seperti tube atau selang yang memiliki per atau pegas, yang mana itu dapat meliuk serta mengikuti bentuk sesuai keinginan dari penggunanya. Lalu untuk cara menggunakannya sama dengan pada obeng umumnya, yaitu diputar pada grip obeng tersebut.


Meski penggunaannya diputar pada grip obeng tersebut, tetapi yang perlu diperhatikan adalah pegas pada batang obeng tersebut yang dapat diputar, yaitu harus sesuai dengan arah dan juga ulir baut yang tepat. Kesimpulannya, obeng fleksibel memiliki sistem torsi atau putaran di dalam selang per-nya, dimana saat diputar pegangan / gagang pada obeng, maka ujung satunya juga akan ikut berputar. Perlu anda ketahui juga, obeng fleksibel dapat dipasangkan dengan berbagai jenis mata obeng sesuai dengan kebutuhan di sisi lain dari obeng bengkok tersebut, karena obeng ini mata obengnya dapat diganti sesuai kebutuhan.


Jadi itulah artikel bermanfaat untuk anda dan yang lainnya, yaitu mengenai obeng fleksibel atau obeng bengkok. Bilamana anda tertarik dengan obeng, maka produk perkakas terbaik dan berkualitas yang sangat rekomendasi bagi kami kepada anda adalah Tenka. Mengenai perkakas Tenka, anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com