Mengenal Lebih Jauh Tentang Obeng Offset Serta Fungsinya Untuk Apa Saja



Dalam beberapa komponen pada alat elektronik, kendaraan, dan juga sebagainya. Pastinya anda dapat menemukan baut atau sekrup yang terpasang atau tidak terpasang di komponen tersebut. Hal itu tentunya memang wajar, karena memang baut atau sekrup berguna untuk menyatukan komponen menjadi satu dengan suatu objek tertentu, sehingga tidak heran obeng begitu sangat dibutuhkan di beberapa sektor.


Nah meski obeng digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut atau sekrup, tetapi sayangnya obeng banyak tidak bisa digunakan pada beberapa tempat yang sulit dijangkau, sehingga dengan begitu maka dibutuhkanlah alat lain. Alat lain tersebut tentunya masih sejenis obeng dimana namanya adalah obeng offset. Bagi anda yang tidak tahu apa itu obeng offset dan juga kegunaannya, maka silahkan simak artikel ini agar anda semakin mengetahui tentang obeng offset.


Mengenal Lebih Jauh Tentang Obeng Offset

Obeng offset adalah salah satu jenis obeng yang rupa dan fisiknya begitu unik. Dimana obeng offset memiliki bentuk yang menyerupai seperti kunci L, dan kedua ujungnya dilengkapi dengan mata obeng yang bisa disesuaikan dengan kepala beralurnya. Namun lebih jelasnya, obeng offset itu adalah obeng yang gagang atau handlenya berbentuk bengkok, yang mana memang kegunaannya berbeda dengan obeng pada umumnya.


Fungsi dari Obeng Offset

Obeng bengkok itu memiliki kegunaan yang sama dengan obeng pada umumnya, yaitu untuk memasang dan juga melepaskan baut atau mur. Nah jika memang demikian mengapa namanya berbeda? Nah seperti yang sudah kami jelaskan kepada anda, obeng offset itu adalah obeng bengkok, dimana bengkoknya itu ada pada handlenya. Jadi jika anda sudah mengetahui itu, maka bisa disimpulkan bahwa memang obeng tersebut dapat digunakan pada baut, atau sekrup yang jangkauannya tidak terjangkau oleh obeng pada umumnya, yaitu obeng lurus panjang.


Kami perjelas lagi, obeng offset itu berfungsi untuk mengencangkan baut dengan kepala beralur atau sekrup yang letaknya tidak dapat dijangkau dengan jenis obeng biasa, alias obeng lurus. Namun kendati demikian, bukan berarti obeng jenis tersebut tidak memiliki ukuran. Nah obeng offset tentunya memiliki berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis baut/sekrup yang akan dikencangkan atau dikendorkan, sehingga penggunaannya bisa digunakan pada apapun baut atau sekrup di jangkauan yang tidak bisa dijangkau oleh obeng biasa.


Meski bisa digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut di jangkauan yang tidak bisa dijangkau oleh obeng biasa, tetapi obeng tersebut jangan digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut yang memang masih bisa menggunakan obeng biasa. Karena pada dasarnya gaya rotasi memutar obeng yang benar adalah menggunakan obeng yang memiliki bentuk lurus, jadi obeng offset ini hanya digunakan saat obeng biasa tidak bisa menjangkau baut atau sekrup pada suatu komponen saja.


Jadi itulah pengenalan dari kami kepada anda mengenai obeng offset atau bisa dibilang obeng bengkok. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini kepada yang lainnya yang memang membutuhkan informasi dari artikel ini. Jika anda tertarik dengan obeng, maka alat perkakas tersebut yang terbaik dan berkualitas ada di produk perkakas Tenka. Nah perkakas Tenka bisa anda dapatkan dan juga ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com