Yuk Simak Apa Itu Obeng Pentalobe Serta Fungsi dan Kegunaannya



Di hampir semua teknologi atau perangkat elektronik, tentunya akan ada baut, mur, ataupun sekrup yang menempel pada beberapa sudut. Hal itu tentunya berguna agar beberapa part atau komponen dapat saling terkait atau tersambung dengan benar. Nah untuk melakukan proses pemasangan atau pelepasan baut atau sekrup, tentunya itu membutuhkan satu perkakas yang bernama obeng.


Meski begitu, tidak semua obeng dapat digunakan pada beberapa baut atau sekrup khusus, seperti salah satunya pada perangkat dari teknologi Apple yang memiliki baut khusus mereka sendiri. Nah produk dari Apple seperti Macbook tentunya dilengkapi dengan baut khusus, yang mana itu hanya bisa tersambung dengan obeng khusus yaitu obeng bernama pentalobe. Untuk lebih jelasnya mengenai obeng pentalobe dan juga fungsi serta kegunaannya, maka anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Apa Itu Obeng Pentalobe?

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, obeng pentalobe adalah salah satu jenis obeng yang memang dikhususkan untuk baut, mur, ataupun sekrup yang sesuai dengan mata obeng pentalobe dari produk Apple. Lalu apa itu pentalobe? Pentalobe perlu anda ketahui agar anda semakin mengenal obeng pentalobe, dimana pentalobe itu adalah sekrup keamanan pentalobe, atau pentalobe screw drive, yaitu baut dengan sistem tahan kerusakan dengan bentuk berujung lima layaknya bunga. Nah bentuk baut tersebut memang hanya digunakan oleh produk Apple, yang dimana dimulai dari tahun 2009, yang kemudian saat ini sudah diimplementasikan di MacBook Pro 15 inci.


Fungsi dan Kegunaan dari Obeng Pentalobe

Obeng pentalobe adalah obeng khusus yang dikhususkan untuk baut dari produk apple, dimana itu ada pada baut dengan bentuk lima sisi layaknya bunga. Jadi dengan demikian maka jelas, obeng pentalobe pastinya juga memiliki mata obeng yang menyerupai bunga dengan 5 sisi berbeda. Nah kegunaannya sudah pasti sama dengan beberapa banyak obeng pada umumnya, yaitu untuk mengencangkan, mengendurkan, melepas, hingga bisa memasang baut khusus dari Apple berupa baut pentalobe yang menyerupai bunga.


Nah sebagai tambahan dari kami, obeng pentalobe sendiri memiliki beberapa nama yang bisa disebut, contohnya seperti obeng T5. Namun sebenarnya bentuk dari mata obeng pentalobe sendiri memiliki beberapa jenis lagi, yang mana bisa anda sesuaikan dengan baut, mur, dan juga sekrup. Contohnya seperti obeng T6, T8, T10, yang mana bentuknya memiliki beberapa sisi, ada yang seperti bintang dengan 5 sisi lancip, dan sebagainya yang ada. Lalu untuk gripnya, obeng pentalobe cenderung memiliki gagang yang panjang, dimana itu bisa membuat gagang obeng tidak terlihat terlalu panjang. Tetapi tidak selalu demikian, karena ada juga variasi lain dari bentuk obeng pentalobe.


Jadi itulah yang perlu anda ketahui mengenai obeng pentalobe. Semoga anda mengerti serta bisa memberikan manfaat dan juga wawasan luas bagi anda terkait dengan obeng. Nah bilamana anda tertarik ingin memiliki obeng yang berkualitas serta terbaik, maka saran atau rekomendasi terbaik kami ada pada produk perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com