Inilah yang Dimaksud dengan Obeng Sekrup Serta Kegunaanya



Apa itu sekrup? Sekrup adalah suatu batang atau tabung dengan alur heliks pada permukaannya. Pada penggunaan utamanya sendiri, sekrup bisa berperan sebagai pengikat untuk menahan dua objek bersama, lalu itu ditambah dengan sekaligus menjadi pesawat sederhana untuk mengubah torsi menjadi gaya linear. Sekrup sendiri dapat juga didefinisikan sebagai bidang miring yang membungkus suatu batang.


Nah sebagian besar sekrup akan dipererat dengan memutarnya searah jarum jam, yang mana itu disebut ulir kanan. Lalu sekrup dengan ulir kiri digunakan pada kasus tertentu, misalnya saat sekrup akan menjadi pelaku torsi berlawanan arah jarum jam. Tentunya layaknya baut, sekrup juga membutuhkan obeng dalam memasang atau melepasnya. Nah untuk lebih jelasnya mengenai obeng sekrup, maka anda bisa ketahui itu di artikel ini!


Inilah yang Dimaksud dengan Obeng Sekrup Serta Kegunaannya

Obeng digunakan untuk memasang, melepas, mengencangkan, dan juga mengendorkan baut dan juga sekrup. Lalu apa perbedaannya dari baut dan juga sekrup? Nah anda perlu tahu dulu apa perbedaan dari keduanya. Baut tentunya memiliki ulir, tetapi itu tidak semuanya melainkan hanya sebagian pada badan baut. Sementara sekrup memiliki ulir batang yang penuh, alias dari kepala sampai bawahnya memiliki ulir. Bukan hanya itu, perbedaan juga terlihat pada kepalanya, dimana baut bisa dipasang tanpa menggunakan obeng, sementara sekrup pastinya harus menggunakan obeng.


Satu lagi, baut biasanya dilengkapi dengan mur, tetapi sekrup tidak selalu. Nah jadi dengan demikian maka bisa ditarik kesimpulan, bahwa sekrup adalah batang yang membutuhkan obeng khusus untuk memasang, melepas, dan juga mengencangkan serta mengendorkan beberapa sekrup. Obeng khusus yang dimaksud adalah dengan memperhatikan mata obeng tersebut, jika sekrup plus maka dibutuhkan obeng sekrup plus, begitu juga dengan minus dan sebagainya yang ada.


Kegunaan dari Obeng Sekrup

Layaknya obeng baut, obeng sekrup juga memiliki kegunaan yang sama dengan obeng baut, dimana itu sekali lagi harus sesuai dengan mata obeng serta kepala dari sekrup atau baut tersebut. Nah tidak hanya memiliki mata obeng yang beragam sesuai dengan sekrupnya, obeng sekrup juga memiliki variasi ukuran serta jenis pada gripnya, yang mana hampir semuanya cukup sama dengan obeng baut pada umumnya. Jadi dengan begitu, maka obeng sekrup bisa juga dibilang sama saja dengan obeng baut, yang mana yang membedakan hanya pada batang dari baut atau pada batang sekrup itu sendiri.


Jadi itulah yang perlu anda ketahui mengenai obeng sekrup, berikut juga dengan fungsi serta kegunaannya dari obeng sekrup. Semoga bermanfaat bagi anda semua, tetapi yang pasti bisa menambah wawasan anda semua terkait obeng sekrup. Sekian dari kami, jika ada diantara anda yang tertarik ingin memiliki obeng, maka rekomendasi kami yang terbaik serta berkualitas ada pada produk perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, anda bisa miliki itu serta ketahui lebih lanjut hanya di IndahJaya.com