Informasi Lengkap Tentang Apa Itu Obeng T8 dan Kegunaannya



Baut adalah bentuk pengikat berulir yang dipasangkan dengan ulir jantan eksternal, selain itu kegunaannya adalah untuk digunakan dalam menggabungkan beberapa komponen yang kemudian berubah menjadi satu bagian yang memiliki sifat tidak permanen. Nah baut tentunya bisa dipasang atau dilepas, yang mana itu dengan alat berupa obeng yang pastinya sesuai dengan ulir dari baut itu sendiri.


Ada banyak jenis obeng yang bisa anda temukan saat ini, dimana salah satunya yang menarik dan pastinya asing untuk anda adalah obeng T8. Nah melalui artikel kami pada kesempatan kali ini, kami akan bantu anda dalam memperkenalkan obeng T8, berikut juga dengan fungsi serta kegunaannya dari obeng tersebut. Nah maka dari itu, silahkan anda simak artikel ini selengkapnya agar anda dapat memahami obeng T8.


Apa Itu Obeng T8?

Obeng T8 jelas adalah salah satu jenis obeng, yang mana T8 itu adalah nama atau kode dari obeng tersebut. Kurang lebih, obeng T8 itu adalah obeng yang bisa dikenal dengan nama obeng torx, yaitu obeng yang mata obengnya menyerupai bintang dengan sisi 6 yang sama tumpul.


Obeng torx atau obeng T8, merupakan salah satu tipe obeng yang terkenal, dimana awalnya obeng tersebut digunakan untuk fungsi keamanan, tetapi sejak itu malah menjadi populer di bidang komersial. Nah sama dengan obeng lain, obeng T8 atau torx memiliki bentuk yang sama pada obeng umumnya, yaitu dengan gagang obeng, batang obeng, dan juga mata obeng yang menyerupai bintang atau bisa juga seperti bunga.


Fungsi Serta Kegunaan dari Obeng T8

Obeng T8 pada dasarnya adalah obeng torx, tetapi bisa juga dibilang sebagai obeng hexalobular, atau obeng bintang atau belimbing. Nah obeng tersebut merupakan obeng yang memang didesain untuk dapat menahan torsi besar pada saat pengencangan, itu karena pada kepala obeng tersebut sudah dikembangkan dari tahun 1967 oleh Camcar Textron. Sehingga kini obeng tersebut menjadi obeng yang sering digunakan pada industri otomotif serta elektronik, dikarenakan memang keunggulannya yang tidak mudah slip pada saat melakukan pengencangan.


Obeng T8 sendiri memiliki bentuk dengan 6 lipatan simetris, yang mana itu dapat digunakan untuk membuka baut seperti jenis hex. Namun perlu dicatat, itu harus dengan ukuran yang sesuai, dimana itu untuk menghindari terjadinya kerusakan pada baut atau obeng tersebut. Perlu anda ketahui lagi yang lain, kepala dari obeng T8 memiliki beberapa macam jenis, seperti ada yang motif gerigi, dan lain sebagainya yang memang sudah disesuaikan dengan beberapa baut.


Sebagai tambahan, pada masing-masing jenis dari obeng T8 sendiri merupakan obeng yang berasal dari pengembangan dari jenis Torx. Sehingga jelas obeng tersebut memang sudah memiliki beberapa kelebihan seperti anti slip, keamanan, torsi yang lebih baik, hingga juga pastinya sudah bisa lebih pas untuk digunakan. Jadi kesimpulannya, dalam menggunakan obeng T8, saran dari kami anda jangan menggunakannya pada ulir baut yang berbeda, hal itu karena jika dipaksakan maka itu bisa berdampak pada kerusakan dari obeng T8 atau baut itu sendiri.


Nah itulah segalanya yang perlu anda ketahui mengenai obeng T8, berikut juga dengan fungsi serta kegunaannya. Semoga bermanfaat bagi anda dan juga kepada semuanya. Jika anda tertarik dengan obeng yang terbaik serta berkualitas, maka obeng tersebut ada pada perkakas Tenka, dimana itu ada di IndahJaya.com