Mengenal Apa Itu Obeng Tumbuk Serta Fungsi dan Kegunaannya



Perkakas bernama obeng, adalah alat yang dapat digunakan untuk mengencangkan dan juga melepaskan sekrup pada mesin atau kayu di berbagai bagian, sehingga dengan begitu maka ia bisa digunakan di berbagai tempat yang ada. Ada banyak jenis obeng yang ada saat ini, dimana yang paling umum mudah ditemukan adalah obeng plus dan juga obeng minus.


Nah salah satu obeng yang jarang didengar apalagi diketahui, adalah obeng yang dikenal dengan nama obeng tumbuk. Melalui artikel ini, kami akan bantu anda untuk memahami lebih lagi mengenai obeng tumbuk, berikut juga dengan fungsi serta kegunaannya dari obeng tumbuk. Oleh karena itu bagi anda yang memang tidak tahu atau ingin tahu mengenai obeng tumbuk, maka simak artikel ini selengkapnya!


Apa Itu Obeng Tumbuk?

Obeng tumbuk, apakah itu berarti obeng yang ditumbuk? Tentunya bukan, obeng tumbuk itu adalah salah satu jenis obeng, yang dimana penggunaannya adalah dengan cara tumbuk. Namun lebih jelasnya mungkin kami akan menggunakan nama lain dari obeng tumbuk, yang dimana nama lain dari obeng tumbuk adalah obeng ketok atau bisa juga obeng gedor. Layaknya tumbuk, ketok, ataupun gedor, jelas obeng tersebut menggunakan cara yang dipukul, yang mana salah satu cara penggunaan obeng paling unik yang pernah ada.


Nah karena obeng tumbuk pada dasarnya adalah obeng ketok, maka jelas fisiknya sendiri mirip dengan obeng ketok yaitu seperti selongsong yang terbuat dari material logam. Perlu anda semua ketahui, obeng tumbuk adalah obeng yang memiliki bobot lebih berat daripada obeng jenis lain, selain itu ada juga perbedaannya yang paling terlihat yang terletak pada cara menggunakannya. Nah obeng tumbuk akan menggunakan cara penggunaan berupa mekanisme penggerak gaya rotasi, yang mana itu sangat kuat apabila bagian belakangnya dipukul dengan sesuatu yang keras dan bertekanan.


Fungsi dan Kegunaan dari Obeng Tumbuk

Obeng tumbuk adalah suatu alat yang tentunya bisa digunakan untuk mengencangkan atau melepas baut dengan tingkat kekencangan yang lebih. Namun keunikannya dari obeng ini, ia dapat diaplikasikan dengan cara memutar gagang obeng ke arah mengencangkan, atau bisa juga untuk mengendorkan kemudian menahan dengan tetap menekan, selanjutnya ujung gagang obeng tersebut dipukul dengan sesuatu seperti palu.


Obeng tumbuk juga ada versi yang elektrik, dimana itu dapat memiliki gaya‌ ‌tekan‌ ‌yang‌‌ dapat menghasilkan tenaga 2000-3000‌ ‌bpm‌ ‌setiap‌ ‌menit. Sehingga dengan begitu maka obeng tersebut bisa lebih cepat untuk ‌mengencangkan‌ ‌dan‌ ‌melepas‌ ‌sekrup‌ ‌atau‌‌ membuat‌ ‌lubang‌ ‌pada‌ ‌bahan‌ ‌yang‌ ‌keras.‌ ‌Selain itu, mata obeng dari obeng tumbuk juga dapat diganti-ganti sesuai ukuran yang pas dengan ulir kepala baut, mur, maupun sekrup lainnya.


Dengan kelebihan bisa membuka dan mengencangkan baut dengan cepat, terutama yang berukuran besar, maka obeng tumbuk sangat diandalkan di banyak beberapa tempat, seperti bengkel, dan lain sebagainya. Sebagai tambahan, selain dijadikan sebagai alat untuk membuka atau mengencangkan sekrup yang besar, obeng tumbuk juga bisa dijadikan obeng alternatif atau obeng solusi untuk membuka atau mengendorkan baut yang sangat keras untuk dibuka dengan obeng biasa.


Nah itulah segalanya yang perlu anda ketahui mengenai obeng tumbuk, berikut juga dengan fungsi serta kegunaannya yang perlu diketahui. Bilamana anda tertarik dengan obeng, maka pilihlah obeng terbaik dan juga berkualitas seperti obeng dari perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, anda bisa miliki itu dan juga ketahui lebih lanjut hanya di IndahJaya.com