Apa Itu Overhead Crane? Ketahui Jenis dan Bagiannya Juga


Apa Itu Overhead Crane?  Ketahui Jenis dan Bagiannya Juga

Crane jelas menjadi hal yang asing untuk umat awam. Namun, jika Anda bekerja setiap hari pada lingkungan industri, alat ini sudah biasa. Apalagi yang berfokus pada pembongkaran muat dalam pelabuhan atau bengkel hingga gudang. Sudah pasti dapat mengenal berbagai jenis crane yang ada hingga tahu apa itu overhead crane? Jenis ini juga merupakan bagian dari crane sendiri.


Tentunya, crane memang merupakan alat yang digunakan untuk memindahkan barang dari suatu tempat ke tempat lainnya. Namun, tidak hanya itu saja yang merupakan kemampuan dari mesin crane. Alat ini juga dapat mengefisiensi waktu dan juga pekerjaan. Banyak jenis crane yang sudah orang kenal karena dapat digunakan dengan mudah. Yuk, kenali lebih lanjut mengenai jenis ini!


Apa Itu Overhead Crane?


Untuk memperoleh kemudahan sendiri, Anda dapat mempelajari dengan melihat pengertiannya jauh lebih dulu. Overhead crane adalah bagian dari crane yang sudah dikenali oleh banyak orang. Rangkaian hoist crane yang satu ini terpasang pada bagian atap bangunan. Karena itu, disebut juga dengan overhead crane yang mempunyai kemampuan untuk mengangkat dan memindahkan beban.


Overhead crane sendiri sering disebut sebagai bridge crane atau juga jembatan crane. Hampir semua pemakaian crane ini digunakan dalam gedung. Namun, bukan berarti tidak dapat digunakan di luar ruangan juga. Ada lumayan banyak orang yang juga menggunakan alat ini di luar ruangan. Hal ini dapat disesuaikan dengan lokasi pekerjaan yang ada.


Jenis dari Overhead Crane


Dalam mengenal apa itu overhead crane, Anda juga harus tahu jenis yang tersedia. Salah satu jenisnya adalah overhead traveling crane. Jenis yang satu ini mempunyai fungsi untuk mengangkat dan memindahkan barang dalam lingkungan yang terbatas. Walaupun harus dalam ruang lingkup yang lebih kecil, alat ini dapat bekerja secara efektif. Hal ini karena gerakannya yang sederhana.


Jenis overhead ini dapat dibuat dengan menggunakan single girder atau juga double gilder. Tentunya, menyesuaikan dengan kebutuhan Anda juga. Yang paling banyak orang gunakan dalam pembangunan adalah girder kotak. Hal ini dikarenakan penggunaannya jauh lebih praktis. Walaupun dalam proses pembuatan tidak memakai teknologi tinggi, tetap berkualitas dengan segala aspek.


Bagian Dalam Overhead Crane


Selain mengetahui berbagai jenis yang ada, Anda juga harus tahu bagian yang berfungsi dalam pengangkatan. Dengan mengetahui informasi seperti ini, Anda dapat meminimalisir kerusakan karena mengetahui cara kerjanya. Berikut ini daftar bagiannya:


1. Drum

Bagian ini mempunyai peran penting dalam overhead crane karena merupakan alat untuk menggulung tali baja. Tentunya, berperan sebagai penggerak daya dan sudah dilengkapi dengan alur. Jadi, tali baja nantinya dapat digulung teratur.


2. Rail

Bagian lainnya adalah rail atau lintasan untuk bergerak. Komponen yang satu ini ada pada bagian samping kanan dan kiri. Tentunya, sesuai dengan namanya, bagian ini berfungsi untuk tempat roda sehingga dapat menggerakan hoist crane maju atau juga mundur.


3. Girder dan hoist

Tentunya, ada juga girder yang merupakan tempat hoist untuk bergerak. Bentuknya juga seperti lintasan dengan dua jenis berbeda. Untuk hoist sendiri adalah mesin yang digunakan dalam mengangkat dan juga menurunkan beban.


Demikian hal yang harus Anda ketahui dalam mencari informasi terkait apa itu overhead crane? Anda juga dapat memastikan produk tetap berkualitas dan tidak ada masalah jika menggunakan INDAHJAYA.com sebagai pilihan.