Informasi Lengkap Tentang Apa Itu Perkakas Tangan dan Macamnya



Dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, maka hal itu membuat beberapa pekerjaan juga berkembang, yaitu menjadi pekerjaan yang mengandalkan alat bantu. Nah alat bantu biasanya itu beragam sesuai dengan fungsinya, seperti salah satunya adalah perkakas yang berguna dalam merakit, membongkar, hingga beberapa pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan perkakas yang digunakan.


Nah bicara soal perkakas, perkakas sebenarnya terdiri dari beberapa ragam dan jenis, tetapi ia juga terdiri dari beberapa cara kerja, yaitu dengan tenaga otomatis dari mesin, lalu ada juga yang dengan tangan manusia alias manual (perkakas tangan). Perkakas tangan adalah perkakas yang umum ditemukan saat ini, yang mana untuk lebih jelasnya dan juga macamnya maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Informasi Lengkap Mengenai Apa Itu Perkakas Tangan

Perkakas tangan jelas adalah suatu perkakas, yang mana sesuai dengan namanya bahwa ia adalah perkakas yang bisa dioperasikan dengan tangan manusia, alias manual. Lebih jelasnya, dari beberapa sumber menyatakan, bahwa perkakas tangan adalah alat-alat tangan yang digunakan dengan kekuatan tangan manual atau tenaga manusia dan bukan dengan tenaga mesin, seperti halnya power tool.


Jadi dengan demikian, maka bisa disimpulkan bahwa perkakas tangan umumnya adalah perkakas yang biasa dioperasikan hanya dengan tangan manusia, yang mana memiliki manfaatnya sendiri dan juga kerugiannya sendiri dibandingkan dengan perkakas otomatis atau elektrik. Untuk manfaatnya perkakas tangan, ia tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan dengan perkakas elektrik, tetapi kerugiannya adalah bisa membuat tenaga manusia lebih lelah serta memakan waktu lebih lama.


Macam-Macam Perkakas Tangan yang Perlu Anda Ketahui

Palu

Palu merupakan salah satu jenis perkakas tangan yang berfungsi untuk memukul benda keras. Hal itu karena memang palu adalah alat yang terbuat dari baja dengan kedua ujungnya yang dikeraskan. Tentunya terdapat banyak jenis palu yang bisa digunakan dan ada saat ini, seperti contohnya palu pencabut paku, palu pemecah batu, palu berkapak, palu muka simetris, dan lainnya.


Obeng

Obeng juga adalah alat perkakas tangan yang juga paling umum ada di banyak tempat. Obeng sendiri adalah alat perkakas tangan yang kegunaannya dapat digunakan untuk mengencangkan, mengendurkan, atau memasang dan melepas sebuah sekrup, mur, dan juga baut yang sesuai dengan ulir serta mata obengnya. Lalu berdasarkan penggunaannya, obeng sendiri digunakan sesuai dengan nomornya, yaitu seperti ada nomor 1, 2, 3.


Gergaji Tangan

Gergaji identik dengan yang menggunakan mesin, alias gergaji mesin. Namun ada juga gergaji manual yang digunakan dengan tenaga manusia. Gergaji tangan tentunya adalah gergaji yang bisa berfungsi untuk memotong sebuah benda. Hal itu bisa terjadi karena memang pada setiap sisi gergaji, terdapat gigi pemotong yang bergerigi dan dikeraskan. Perlu Anda ketahui juga, daun gergaji tangan sendiri terbuat dari baja perkakas sekaligus baja tungsten.


Pahat Tangan

Pahat tangan adalah perkakas tangan yang ternyata berguna untuk menyayat sekaligus memahat benda dalam keadaan dingin. Saat ini, pahat tangan sudah terdiri dari beberapa jenis menurut bentuk dan kegunaannya. Jenisnya seperti ada pahat plat yang berfungsi untuk mengikis bidang cembung, memotong baut, meratakan bidang. Lalu selain itu ada juga pahat alur atau silang yang berfungsi untuk membuat alur minyak, dan juga alur sempit. Begitu juga ada pahat dam yang berfungsi untuk memperbaiki pengeboran, membuat alur, dan lain sebagainya.


Ragum

Apa itu ragum? Ragum merupakan alat perkakas tangan yang digunakan untuk menjepit sebuah benda, baik yang akan dipahat, dikikir, digerjaji, ditap, dan lainnya. Cara penggunaannya yaitu memutar tangkai ragum, lalu mulut ragum akan terbuka dan akan menjepit benda yang mau dipahat, dikikir, digergaji, dan lainnya.


Kikir

Merupakan perkakas tangan yang berfungsi untuk menghaluskan, mengikis, serta meratakan benda kerja. Kikir sendiri memiliki banyak jenis dengan kegunaan yang sangat berbeda. Contohnya seperti kikir plat yang digunakan untuk mengikir bidang rata, lalu ada juga kikir pilar yang berfungsi untuk bidang yang berukuran besar, kikir segiempat untuk mengukir penampang berbentuk persegi dan lubang segiempat, hingga kikir segitiga yang difungsikan untuk lubang segitiga, dan lainnya.


Jadi itulah segalanya yang perlu Anda ketahui mengenai perkakas tangan dan juga macam-macamnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda semua. Bilamana Anda ingin memiliki perkakas terbaik dan berkualitas, maka perkakas Tenka di IndahJaya.com bisa menjadi pilihan utama Anda.