top of page

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu PLN Prepaid dan Kelebihannya Apa Saja



Setiap alat yang membutuhkan tenaga listrik yang Anda atau orang lain pakai, pada dasarnya itu akan menggunakan daya listrik dari PLN, perusahaan listrik negara. Nah tentunya itu tidaklah gratis, karena ada harga yang harus dibayar sesuai dengan pemakaian listrik yang Anda atau orang lain pakai. Namun berbeda dengan sistem pakai dulu baru bayar, nyatanya PLN juga memiliki sistem bayar dulu baru pakai.


Nah sistem tersebut adalah prepaid, atau biasa dikenal dengan banyak orang sebagai sistem prabayar. Berbeda dengan sistem pascabayar, sistem prepaid atau prabayar adalah sistem pembayaran dari PLN yang pastinya memiliki kelebihan dari pascabayar, tetapi ada juga kekurangan dari prabayar dengan pascabayar. Nah untuk lebih jelasnya agar Anda mengerti PLN prepaid, maka Anda bisa ketahui lebih jelas di artikel ini!


Mengenal Lebih Jauh Apa Itu PLN Prepaid

Dalam bahasa Indonesia, arti prepaid adalah membayar atau membeli dulu baru mendapatkannya, alias bisa disebut sebagai prabayar. Jelasnya, PLN prepaid itu merupakan suatu produk inovasi dari PLN yang memberi kesempatan kepada pelanggan untuk menggunakan listrik dengan sistem transaksi pembayaran dimuka sebelum listrik dipakai. Nah hal itu bisa terjadi apabila pelanggan membelinya melalui pembelian dan pengisian “token-kwh’ atau nilai isi ulang kwh, alias serupa dengan nilai “pulsa” pada handphone. Jadi sehingga dengan begitu, PLN prepaid pastinya akan memberi nilai tambah serta manfaat bagi pelanggan.


Inilah Beberapa Kelebihan dari PLN Prepaid

Berikut adalah beberapa kelebihan dari PLN prepaid yang bisa menjadi acuan Anda untuk menikmati atau mengandalkan sistem PLN prepaid:

  • Dengan PLN prepaid, maka Anda atau pelanggan tidak terganggu lagi dengan rutinitas kedatangan petugas pencatat meter setiap bulannya.

  • Lalu ada juga kelebihan, yaitu Anda sebagai pelanggan tidak dikagetkan lagi dengan tagihan rekening listrik bulanan yang besarnya tidak bisa diprediksikan, karena semuanya akan sesuai dengan yang Anda beli sebelumnya.

  • Pelanggan tentunya akan bisa membayar seluruh pemakaian listriknya dengan tariff yang sama (flat), alias tanpa adanya blok tariff dan biaya beban lagi

  • Anda juga sebagai pelanggan dapat dengan mudah mengetahui transaksi pembayaran secara transparan, hal itu karena adanya besarnya pemakaian listrik (kwh) dan biaya yang dikeluarkannya (Rp) yang dapat diketahui secara langsung setiap saat.

  • PLN prepaid pada dasarnya bisa menampilkan besarnya pemakaian listrik dan sisa “token-kwh” setiap saat, yang mana itu tidak di sistem pascabayar.

  • Anda yang menggunakan PLN prepaid, pastinya bisa menyimpan data historis sejumlah transaksi pengisian “token-kwh”

  • PLN prepaid pun juga bisa memberi sinyal otomatis bila sisa “token-kwh” hampir habis, yaitu dengan bunyi khusus yang bisa Anda ketahui.

  • Karena menggunakan sistem bayar dulu baru pakai, maka pastinya PLN prepaid bisa membuat Anda atau pelanggan dapat bebas mengendalikan pemakaian listrik sendiri

  • Lalu Anda juga bisa untuk bebas menentukan pembayaran listrik sesuai kebutuhan dan kemampuan daya beli yang Anda inginkan.

  • Berikutnya Anda juga bisa bebas biaya beban, alias tanpa adanya biaya minimum bulanan dari PLN.

  • Kemudian PLN prepaid juga memungkinkan Anda untuk bebas blok tariff.

  • PLN prepaid juga akan memberikan kebebasan kesalahan pencatatan meter yang biasa ada pada teknisi yang datang.

  • Lalu PLN prepaid juga memungkinkan Anda untuk bebas pemutusan listrik karena tunggakan, karena sifatnya yang tidak bisa dipakai jika tidak ada token, alias ada token maka bisa dipakai sesuai dengan token tersebut.

  • Terakhir dan yang tidak kalah penting, PLN prepaid akan membuat Anda bebas dari pembayaran uang jaminan (UJL).

Nah itulah segalanya yang perlu Anda ketahui mengenai PLN prepaid, begitu juga dengan kelebihannya. Semoga jadi manfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda terkait dengan PLN. Apabila Anda ingin memiliki Genset untuk keadaan jika PLN bermasalah, maka rekomendasi kami Anda pilih dan andalkan Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka yang terbaik dan berkualitas, Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page