Apa Itu Pompa Air Submersible Air Dalam? Ini Penjelasannya!


Apa Itu Pompa Air Submersible Air Dalam? Ini Penjelasannya!

Berbagai jenis pompa air bisa Anda temukan untuk menyesuaikan penggunaan fungsi dan tempatnya. Salah satu pompa yang memiliki keunggulan banyak ialah pompa submersible, apa itu pompa air submersible? Temukan jawabannya di sini.


Apa Itu Pompa Air Submersible?


Pompa submersible disebut juga dengan pompa celup atau pompa benam,seperti namanya, jenis pompa ini diletakan di dalam air dan bisa mengalami kerusakan jika dijalankan atau dioperasikan pada daerah yang tidak terdapat air secara terus menerus.


Pada dasarnya jenis pompa air ini memiliki fungsi yang sama dengan jenis pompa lainnya yakni memindahkan cairan dari satu titik ke titik lainnya.


Disebut dengan pompa submersible air dalam karena memang pompa ini memiliki aturan tinggi minimal air yang dapat dipompa dan terus diisi sehingga pompa dapat bekerja dengan baik dan jangka waktu yang lama. Keseluruhan komponen pompa submersible harus terendam dalam air yang dipompakan.


Prinsip kerja pada pompa submersible yakni mengubah energy kinetis—kecepatan cairan menjadi energi dinamis—kecepatan dengan impeller yang berputar pada casing, dengan ini pompa submersible merupakan tipe sentrifugal.


Keunggulan Pompa Air Submersible


Jenis pompa air submersible memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan jenis pompa lainnya. yang mana kelebihannya di antaranya sebagai berikut.


1. Kegunaaan

Jenis pompa celup atau submersible ini memiliki kegunaan dalam mendorong air sumber untuk menuju ke permukaan.


Hal ini difaktori oleh adanya perangkat impeller yang memutar pada casingnya, putaran yang terjadi dihasilkan dari motor listrik yang ada di dalamnya.


2. Keawetan

Pompa celup ini pun disebut memiliki keawetan yang cukup tahan lama, sebab pompa celup atau submersible ini dibuat dengan dilindungi stainless steel beserta casingnya yang tertutup rapat untuk menghindari air masuk ke alam mesin pompa.


Sehingga pompa jenis ini cocok digunakan pada jenis sumur bor, drainase, kolam tambak atau irigasi pertanian.


3. Pemeliharaan yang Murah

Keunggulan yang bisa Anda temukan pada jenis pompa submersible adalah pada pemeliharaan atau perawatannya.


Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk melakukan perawatan pompa tersebut, sebab jenis pompa ini memiliki ketahanan yang lama asalkan Anda dapat menjaga kedalaman air dengan aturan ketetapannya.


4. Tidak Adanya Suara Berisik

Berbeda dengan jenis pompa lainnya yang akan mengeluarkan suara berisik atau bising saat dioperasikan, pompa submersible sama sekali tidak menimbulkan kebisingan.


Hal ini karena pompa submersible ditanam atau diletakan pada kedalaman air yang tidak dapat menimbulkan suara bising.


5. Cara Kerja yang Efisien

Jika Anda bertanya apakah jenis pompa ini cukup efisien atau tidak maka tentu jawabannya adalah iya. Pompa celup ini memiliki cara kerja yang terbilang efisien, sebab tadi fungsi dari pompa ini menghisap air untuk memindahkannya sehingga dengan ini Anda tidak perlu memerlukan banyak energi dalam menarik cairan masuk ke dalam pompa.


Demikianlah keunggulan-keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari jenis pompa air submersible. Dengan penjelasan di atas, Anda kini bisa lebih mengenal apa itu pompa submersible air dalam. jika Anda tertarik menggunakan jenis pompa ini, Anda bisa mendapatkannya dari perusahaan distributor peralatan teknik yang tak lain adalah Indah Jaya.