top of page

Inilah yang Dimaksud dengan Selotip Pipa dan Fungsinya yang Wajib Diketahui



Benda bisa mengalami kerusakan, baik itu kerusakan dalam seperti sistem ataupun kerusakan luar atau fisik. Nah umumnya, kerusakan benda pada fisik itu beragam, mulai dari retak, hancur, hingga putus atau tidak tersambung. Ada banyak cara dalam memperbaiki benda yang rusak secara fisik, seperti putus atau bolong yang dapat ditambal dengan lem, tetapi bisa juga dengan selotip khusus dari beberapa jenisnya.


Selotip umumnya akan digunakan pada benda-benda yang putus atau robek, yang mana itu juga termasuk dengan pipa. Namun selotip yang bisa digunakan oleh pipa adalah selotip khusus yang memang dikhususkan untuk pipa, alias selotip pipa. Untuk lebih jelasnya mengenai selotip pipa, maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya, dikarenakan kami juga akan sertakan fungsinya secara lengkap.


Mengenal yang Dimaksud dengan Selotip Pipa

Selotip pipa termasuk sebagai produk Seal yang tentunya memiliki banyak kegunaan. Dalam istilah sekarang terdapat nama atau jenis non adhesive tape atau lakban tanpa lem. Jenis bahan tersebut memiliki pita yang tipis dan tanpa adanya lapisan zat perekat. Namun, tentunya zat tersebut bisa merekat dengan kuat. Nah salah satu jenis atau tipe yang masuk dalam golongan adhesive tape adalah seal tape. Tetapi sayangnya, masih banyak yang belum tahu tentang produk tersebut. Tetapi beberapa mengenalnya dengan istilah selotip, yang biasanya digunakan untuk keran atau pipa, alias selotip pipa.


Fungsi Lengkap dari Selotip Pipa

Selotip merupakan pita perekat yang berukuran besar, yang mana itu dapat digunakan untuk pengemasan barang, alat bantu melindungi area tertentu ketika mengecat, melapis kabel listrik yang rentan, dan lain sebagainya. Jadi dengan demikian, maka fungsi utama dari selotip pipa yaitu untuk merekatkan saluran pipa yang bocor, sehingga dengan begitu maka kebocoran dapat ditambal dan tidak mengganggu aktivitas pengaliran fluida.


Tidak hanya untuk kebocoran saja, selotip pipa juga dapat merekatkan pipa semakin kuat lagi, begitu juga dengan keran yang doll pada tutupnya ataupun sambungannya. Begitu juga dengan tiap sambungan pipa PVC, dan sebagainya yang saling terkait. Nah hal-hal yang dapat merekatkan pipa semakin kuat lagi dengan selotip pipa, hal itu dikarenakan memang selotip pipa akan membantu ikatan yang terpasang semakin kuat lagi.


Nah meski bisa digunakan untuk mengatasi kebocoran pada pipa, selotip pipa juga dapat diandalkan untuk mencegah terjadinya kebocoran pada pipa. Hal itu karena selotip pipa dapat berperan penting dalam menjaga fisik saluran pipa dari sesuatu yang berbahaya, seperti batu, kayu, ataupun sebagainya yang bisa membuat pipa menjadi bocor. Lalu, dengan memberikan selotip pipa pada pipa yang bocor, maka hal itu bisa menjadi tanda untuk yang menggunakannya agar lebih waspada pada titik kebocoran tersebut.


Itulah segalanya yang perlu Anda semua ketahui mengenai selotip pipa, begitu juga dengan fungsi-fungsinya. Semoga jadi manfaat untuk Anda semua, begitu juga menjadi penambah wawasan Anda dalam mengenal selotip pipa. Nah bilamana Anda tertarik ingin memiliki perkakas, maka yang terbaik dan berkualitas rekomendasi dari kami adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa miliki itu serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page