top of page

Mengenal Apa Itu Tang Buaya Catok Serta Fungsi dan Kegunaannya



Perkakas merupakan suatu alat yang terdiri dari beberapa jenis, yang mana itu semua dapat dikondisikan dengan pekerjaan atau kegunaannya. Nah salah satunya adalah tang, yaitu salah satu alat perkakas yang sering digunakan untuk menahan, memotong, melepas, dan bahkan memasang bahan kerja yang terkait. Dengan kegunaannya tersebut, maka tidak heran tang banyak digunakan dalam berbagai bidang.


Tang memang adalah alat yang cukup diandalkan, tetapi itu terdiri dari beberapa pekerjaan dengan beberapa jenis dari tang itu sendiri. Salah satu tang yang mungkin cukup awam diketahui oleh Anda, yaitu tang buaya catok. Nah apa itu tang buaya catok dan apa saja fungsi serta kegunaannya? Tentunya semua itu akan kami jelaskan di artikel ini. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin mengenal tang buaya catok untuk simak artikel ini selengkapnya!


Mengenal Apa Itu Tang Buaya Catok?

Tentunya tang buaya catok itu termasuk sebagai jenis dari tang buaya, suatu tang yang memang bisa dikenal dengan nama ‘Vice Grip” dan “Locking Plier”, yaitu dengan cara kerja menggunakan prinsip penguncian pada mata tang. Nah ketika sudah mengunci, maka tang buaya akan bekerja layaknya tang biasa, baik itu untuk memutar objek tertentu. Jadi dengan cara penguncian tersebut maka penggunanya tidak memerlukan tenaga untuk menahannya. Oleh karena itu, maka tidak heran jika tang tersebut dinamakan sebagai buaya, itu karena memang buaya akan mengunci gigitannya pada mangsanya.


Lalu apa itu tang buaya catok? Nah tang buaya catok adalah suatu tang yang sama dengan jenis tang buaya, tetapi perbedaannya jelas ada pada mata tang itu sendiri. Mata atau ujung tang buaya catok akan berbentuk seperti sebuah alat untuk catok, yang mana itu seperti penjepit tetapi dengan jarak atau jangkauan yang cukup jauh. Lalu dengan cara penggunaannya yang seperti dicatok, maka tang buaya catok dapat digunakan untuk membuka objek secara vertikal atau horizontal.


Fungsi dan Kegunaan dari Tang Buaya Catok

Nah karena pada dasarnya tang buaya itu memiliki fungsi atau kegunaan sebagai pengunci benda agar ia tidak mudah bergerak, lalu bisa diputar untuk memasang atau melepaskan suatu objek. Maka tang buaya catok tentunya tidak jauh dari kegunaannya yang seperti itu. Tang jenis buaya catok dapat membuka atau melepas suatu objek tertentu, yaitu dengan cara seperti memelintirkan tang, tetapi ia juga bisa digunakan dengan gaya yang sama dengan tang pada umumnya.


Mata tang buaya catok sebenarnya memiliki beberapa ukuran panjang, jadi ketika ada ukuran mata tang buaya catok yang panjang, maka tang buaya catok juga dapat diandalkan untuk memegang suatu benda panas, seperti timah panas dan sebagainya. Kemudian karena bentuk pengait atau giginya yang menyerupai catok, maka tang catok juga bisa digunakan oleh Anda dalam menekan suatu benda yang memang sulit untuk masuk jika ditekan dengan tangan manusia.


Jadi itulah artikel dari kami yang membahas mengenai tang buaya catok, baik itu pengenalan tentang tang buaya catok ataupun fungsi serta kegunaannya. Sekian artikel dari kami, semoga artikel ini jadi manfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah bilamana Anda tertarik dengan tang atau perkakas lainnya, maka rekomendasi kami yang terbaik dan berkualitas ada di produk perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa ketahui lebih lengkapnya hanya di IndahJaya.com


bottom of page