Apa itu Tower Crane dan Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui


Apa itu Tower Crane dan Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

Dalam dunia konstruksi, penggunaan tower crane pastinya sudah tidak asing bukan? Alat berat yang satu ini memang mempunyai peran sangat penting karena akan memberikan kemudahan dalam proses pemindahan material untuk proyek bangunan.


Penggunaan alat berat yang satu ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat bangunan tinggi sehingga prosesnya jauh lebih mudah. Tanpa menggunakan alat inilah, jelas akan menghabiskan tenaga sekaligus waktu. Tentu Anda tidak ingin bukan apabila proyek selesai dalam waktu lama bukan?


Adapun ciri khas dari crane ini sendiri biasanya mempunyai ketinggian hingga mencapai 100 meter di atas tanah. Karena ukurannya cukup tinggi itulah sering dimanfaatkan untuk pembangunan apartemen, gedung tinggi hingga kantor-kantor perusahaan lainnya.


Mengenal Tower Crane Lebih Dekat


Walaupun keberadaan alat berat satu ini sudah sering digunakan dalam sebuah proyek konstruksi, tetapi tidak semua orang mengetahuinya dengan baik. Crane sendiri merupakan alat berat di mana digunakan buat memindahkan atau mengangkat material. Baik dengan Gerakan vertical atau horizontal.


Dengan penggunaan alat tower crane maka pekerjaan akan terasa jauh lebih efiesien, mudah serta tidak memakan banyak waktu. Berbagai macam jenis muatan ternyata juga bisa dipindahkan oleh crane ini. Seperti besi, beton hingga multiplex.


Fungsi dari alat ini sendiri memang juga cukup penting karena biasanya dimanfaatkan sebagai alat pengecoran balok, kolam, pelat lantai dan masih banyak lagi. Dalam proyek seperti ini, maka penggunaan crane sebaiknya harus dilakukan dengan hati-hati sehingga pekerjaan bisa selesai dengan baik.


Tower crane ini nantinya akan dioperasikan oleh operator yang sudah mahir dibidangnya, tentunya sesuai dengan instruksi dari projek manager. Mulai dari proses membawa material ke lokasi yang sudah ditentukan, menggeser muatan, mengangkatnya hingga menahan material tersebut agar berada di atas.


Kapasitas muatan dari alat inipun ternyata juga mempunyai batasan maksimal yang sudah ditentukan. Dan apabila ternyata digunakan buat mengangkut muatan dengan lebih cukup tinggi, jelas bisa mengakibatkan crane menjadi jungkir balik. Sehingga akan membahayakan para pekerja ataupun orang-orang di sekitarnya.


Cara Kerja Mesin Crane Ini


Sampai di sini, Anda pastinya juga penasaran dengan cara kerja dari tower crane ini bukan? Walaupun mempunyai peran cukup penting, tetapi tidak banyak orang mengetahui bagaimanakah cara kerja yang sebenarnya dari alat satu ini.


Adapun mekanisme dari kerjanya adalah berdasarkan dengan prinsip kerja tali di mana digunakan buat menurunkan muatan ke tempat tertentu. Puncak dari tiang alat tersebut juga terdiri dari winch serta rotation boom. Di mana fungsi utamanya adalah buat menarik material ke bawah ataupun ke atas.


Tidak hanya itu saja, didalam tower crane sendiri ternyata juga terdapat beberapa bagian penting yang terdapat di dalamnya di mana perlu Anda pahami dengan baik. Mulai dari Mast, boom, counter jib, trolley, hoist serta seling.


Masing-masing bagian juga mempunyai fungsi berbeda-beda. Sebagai contohnya adalah mast (tiang utama) di mana merupakan sebuah tiang vertical dengan posisinya berdiri diatas dasar. Sedangkan untuk Boom atau biasa dikenal dengan Jib berfungsi sebagai bagian tengah dari alat berat dan tersusun dari besi.


Masih ada lagi counter jib yang merupakan komponen di mana berfungsi buat menjaga keseimbangan boom. Dengan adanya komponen inilah maka bagian tie bar serta tower cranenya bisa bergerak dengan stabil.


Keberadaan alat berat dalam sebuah proyek konstruksi memang menjadi hal yang cukup penting karena akan memberikan kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan. Termasuk keberadaan tower crane di mana memiliki peran sangat penting.