top of page

Mengenal Apa Itu Waterpass Torpedo dan Memiliki Keunggulan Apa



Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan, yang mana itu berguna bagi pemenuhan cairan di beberapa banyak makhluk hidup. Nah faktanya, air bukan hanya digunakan sebagai konsumsi saja, melainkan ada juga air yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat suatu konstruksi buatan, hingga manfaat lainnya yang memang bukan untuk dikonsumsi makhluk hidup.


Namun yang paling menarik, air ternyata mampu menjadi satuan ukuran yang dapat diandalkan untuk pengukuran tertentu, dimana itu adalah alat ukur atau pengukuran yang bernama waterpass. Nah sesuai dengan namanya, waterpass adalah alat ukur yang mengandalkan air untuk mengukur, dimana jenisnya yang cukup dikenal adalah torpedo. Apa itu waterpass torpedo dan apa keunggulannya, itu bisa Anda ketahui dengan menyimak artikel ini!


Mengenal Apa Itu Waterpass Torpedo

Seperti namanya, waterpass adalah alat yang menggunakan air dalam mengukur. Jelasnya, waterpass adalah alat yang digunakan untuk mengukur atau menentukan sebuah benda atau garis dalam posisi rata, baik itu pada pengukuran secara vertikal maupun horizontal. Nah dikatakan torpedo, dikarenakan memang cara kerjanya yang seperti torpedo, alias ada bagian yang bisa menyelipkan pada konstruksi, baik itu untuk mengukur kemiringan atau kedataran.


Ada banyak jenis alat waterpass yang digunakan dalam pertukangan, tapi jenis yang paling sering dipergunakan adalah waterpass dengan panjang yang mencapai 120 cm, yang mana itu terbuat dari bahan kayu dengan tepi kuningan. Selain itu, alat ukur ini juga terdapat dua buah alat pengecek kedataran, baik itu untuk vertikal maupun horizontal yang memang terbuat dari kaca, dimana didalamnya terdapat gelembung cairan. Kemudian pada posisi pinggir, alat ukur tersebut terdapat garisan pembagi yang dapat dipergunakan sebagai alat ukur panjang.


Keunggulan dari Waterpass Torpedo

Waterpass torpedo merupakan alat bantu atau alat ukur yang dapat digunakan untuk melakukan pengukuran kerataan bidang. Selain itu ia juga dilengkapi dengan body yang kuat serta juga dilengkapi dengan magnet, yang mana itu bisa membuat pekerjaan yang menggunakannya bisa menjadi lebih ringkas dan mudah. Nah karena pada dasarnya waterpass torpedo memiliki ukuran yang kecil, alias dengan ukuran panjang 20 cm atau 9’, tentunya itu bisa membuat alat tersebut mudah untuk disimpan.


Bukan hanya mudah untuk disimpan, cara penggunaannya pun juga tergolong sangat mudah dan sangat simple. Hal itu karena menggunakan waterpass hanya perlu menaruhnya di kedataran atau kemiringan yang ingin diukur. Lalu dengan berat yang cukup ringan, alat ukur satu ini juga mudah dibawa kemana saja dan kapan saja. Kemudian keuntungan atau keunggulan lainnya dari waterpass torpedo, yaitu ia sangat mudah untuk dibersihkan ataupun juga dirawat.


Nah jadi itulah artikel dari kami yang membahas mengenai waterpass torpedo, begitu juga dengan keunggulannya. Sekian artikel bermanfaat dari kami, semoga jadi manfaat untuk Anda semua, terutama dalam menambah wawasan Anda terkait alat ukur waterpass torpedo. Apabila Anda ingin memiliki perkakas, maka yang terbaik dan berkualitas dari rekomendasi kami adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda tentunya bisa kunjungi di IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


コメント


bottom of page