Apa Saja Fungsi Mesin Genset? Berikut Penjelasannya


Apa Saja Fungsi Mesin Genset Berikut Penjelasannya

Mesin genset banyak ditemui di banyak tempat sebagai pasokan listrik cadangan. Penggunaan alat ini sangat membantu pada saat keadaan darurat membutuhkan listrik. Misalnya pada gedung-gedung seperti rumah sakit atau perkantoran.


Genset atau generator set adalah yang tersusun dari berbagai komponen dengan memiliki fungsi utama untuk menghasilkan daya dalam kapasitas tertentu. Semakin besar ukuran alat maka semakin besar juga daya yang dihasilkannya.


Sehingga untuk penggunaanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, jika dibutuhkan untuk menjaga pasokan listrik di gedung yang besar, maka ukurannya juga sangat besar. Meskipun kapasitas daya tersedia sangat besar, berbanding dengan suaranya yang sangat bising.


Untuk pemasangan mesin berukuran raksasa maka diperlukan ruangan kedap suara untuk meredam suaranya yang sangat besar tersebut. Itulah terkadang Anda dapat menemui ruangan khusus untuk menyimpan mesin genset.


Mesin ini dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan bahan bakar yang digunakan. Ada yang menggunakan bahan bakar solar, bensin, turbin uap, turbin udara dan turbin air. Namun, yang memiliki kapasitas energi terbesar adalah tenaga turbin.


Ketahui Beberapa Fungsi Mesin Genset


Sebagai alat yang banyak digunakan, mesin ini sangat berperan penting dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan alat ini dapat menunjang berbagai bidang yang membutuhkan listrik.


Fungsinya diantaranya adalah sebagai pasokan listrik darurat, sebagai listrik cadangan, mencegah kerusakan pada beberapa alat elektronik dan menunjang proses produksinya. Uraiannya di bawah ini.


Keadaan Darurat


Genset berfungsi sebagai sumber listrik darurat pada saat sumber utama mengalami masalah. Rumah sakit adalah contoh fasilitas publik yang harus memiliki mesin genset. Hal ini karena kebanyak peralatan medis di RS membutuhkan tenaga daya untuk menjalankannya.


Dapat dibayangkan jika terjadi pemadaman dan rumah sakit tidak memiliki sumber pada keadaan darurat maka akan membahayakan banyak pasien. Tidak hanya di rumah sakit namun di beberapa tempat yang memerlukan pasokan listrik stabil.


Sebagai Cadangan


Jika daerah sekitar sering mengalami pemadaman, maka mesin genset bisa menjadi pilihan sebagai pasokan cadangan. Dengan memanfaatkan fungsi genset sebagai listrik cadangan, aktivitas yang membutuhkan pasokan daya tetap berjalan.


Tidak hanya itu, dengan menggunakan alat ini, Anda bisa menambah daya tambahan. Misalnya saat Anda akan mengadakan hajatan dan pasokan listrik di rumah tidak memadai untuk menampung kapasitas dalam hajatan. Maka, menggunakan genset solusinya.


Menjaga Kondisi Alat Elektronik


Apa jadinya jika terlalu sering terjadi pemutusan aliran? Maka alat-alat elektronik bisa saja mengalami kerusakan dan akibatnya akan merugi. Apalsgi harga dari barang-barang tersebut termasuk cukup mahal untuk satu unitnya.


Dengan menggunakan genset, pasokan listrik ke alat tersebut dapat stabil. Caranya adalah mencari mesin dengan waktu delay rendah. Hal ini sangat berguna untuk memastikan alat elektronik tersebut tidak akan kehilangan daya saat pemadaman tiba-tiba.


Menunjang Proses Produksi


Fungsi mesin genset berikutnya adalah menunjang proses produksi. Sebagai contoh pada pabrik yang memperoduksi es krim jelas membutuhkan pasokan listrik stabil. Namun, bisa saja listrik dari PLN tiba-tiba terputus.


Jika hal ini terjadi, maka pengusaha bisa merugi. Untuk itu, dengan menggunakan genset pasokan listrik akan tetap stabil dan proses produksi akan tetap berjalan optimal. Mesin ini akan menjamin keberlangsungan listrik tetap mengalir dalam proses produksi.


Menggunakan mesin satu ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Mesin genset memiliki banyak jenis sesuai kebutuhan untuk keperluan sehari-hari yang membutuhkan daya aliran listrik dan sebagainya.