Apa Saja Manfaat dan Jenis Generator? Ini Jawabannya


Apa Saja Manfaat dan Jenis Generator Ini Jawabannya

Generator set memiliki banyak fungsi penting di dalam kehidupan sehari-hari. Seperti untuk membangkitkan tenaga listrik. Dengan adanya alat ini energi listrik akan tetap tersedia sekalipun tengah ada kendala dari PLN.


Meski begitu, sudah seyogianya sebagai manusia tetap bijak menggunakan energi listrik. Sejatinya listrik termasuk sumber daya yang dapat diperbaharui atau renewable resources maka dengan penggunaan sebanyak apapun tidak akan cepat habis.


Generator set biasa digunakan untuk menambah daya atau digunakan sebagai cadangan jika suatu waktu listrik padam. Terutama untuk bangunan berskala besar seperti gedung perkantoran, stasiun, rumah sakit, hotel, institusi pendidikan, apartemen dan sebagainya.


Mengingat kegunaannya yang begitu krusial serta manfaatnya juga besar, hampir bisa dipastikan setiap unit bangunan besar pasti memiliki genset. Yaitu untuk menunjang segala aktivitas agar berjalan lancar seperti hari-hari biasanya ketika terkendala suatu hal.


4 Manfaat Penggunaan Generator Set Secara Umum


Sebenarnya manfaat alat tidak hanya sebatas pada fungsinya saja yang bisa menghasilkan listrik. Akan tetapi, masih banyak lagi manfaat lain yang bisa dirasakan. Berikut ini terdapat 4 manfaat langsung yang bisa dirasakan dalam penggunaan alat tersebut, di antaranya:


1. Bisa Digunakan di Daerah Pedalaman


Generator set bisa digunakan di daerah pedalaman mengingat kondisinya yang belum tersentuh listrik secara keseluruhan. Sedangkan energi tersebut merupakan salah satu kebutuhan utama atau primer. Namun untuk penggunaannya sendiri membutuhkan biaya yang tidak sedikit.


2. Mampu Membuat Anda Tetap Bisa Beraktivitas Ketika Listrik Padam


Dalam artian, Anda bisa tetap produktif untuk melakukan kegiatan apa saja meskipun listrik tengah padam. Penggunaan alat dapat membantu Anda untuk tetap bekerja di kantor atau di rumah, menjalani usaha, melakukan kegiatan produksi dan lainnya.


3. Bisa Dimanfaatkan Saat Kegiatan Camping


Sudah bukan rahasia umum apabila saat berkemah biasanya kekurangan sumber daya listrik. Kini Anda tidak harus bersusah payah menggunakan baterai dalam menerangi gelapnya malam. Selain itu, generator set juga tergolong barang ringkas sebab bisa dibawa secara mandiri.


4. Sebagai Tambahan Daya Saat Dibutuhkan


Barang tersebut sebenarnya bisa Anda gunakan untuk menunjang kebutuhan energi listrik rumah tangga. Selain itu sebagai cadangan apabila sedang aliran pemadaman dalam jangka waktu yang cukup lama.


Jenis-jenis Generator Set yang Biasa Ditemui


Alat ini terdiri dari beberapa jenis dengan kegunaannya yang beragam satu dengan lainnya. Selain itu, juga memiliki cara kerjanya tersendiri. Namun secara umum, terdapat dua jenis genset yang sering ditemui serta digunakan oleh masyarakat pada umumnya.


Kedua jenis generator set itu adalah jenis AC atau alternating current dan DC yang merupakan singkatan dari direct current. Meskipun sama-sama mempunyai peran besar, namun terdapat Perbedaan cukup menojol di antara keduanya yaitu pada arus listrik yang dihasilkan.


Pada dasarnya jenis AC menghasilkan energi berupa arus non searah atau arus bolak-balik. Hal tersebut disebabkan oleh kedua ujung kutub dari jenis tersebut, yaitu kutub positif dan kutub negatif tidak saling bersentuhan secara langsung.


Sedangkan untuk jenis generator DC, bekerja secara sebaliknya dengan AC. Di mana kutub positif dan kutub negatif bersentuhan secara langsung karena tidak mempunyai slip ring untuk menghubungkannya. Begitu pula dengan energi yang dihasilkan berupa arus searah.


Meski terdapat perbedaan di antara keduanya, namun secara fungsi masih tergolong sama. Kedua alat tersebut bisa Anda miliki untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau rumah tangga. Namun, tetap harus bijak ketika hendak menggunakan generator set.