top of page

Apakah Benar Genset Merusak Alat Elektronik? Yuk Simak Kebenarannya



Generator set atau akrab dipanggil Genset, adalah alat atau mesin yang sudah secara luas digunakan dalam berbagai bidang kehidupan. Hal itu karena memang Genset berfungsi sebagai pembangkit listrik yang memang akan menggunakan bahan bakar. Jadi mengingat bahwa listrik merupakan salah satu kebutuhan yang penting dan harus dipenuhi, maka sudah pasti keberadaan Genset pun sangat penting di banyak tempat.


Namun walau dianggap penting, sayangnya banyak orang yang masih enggan menggunakan Genset, alasan besarnya karena mereka takut menggunakannya dikarenakan Genset bisa merusak alat-alat elektronik. Nah apakah itu benar atau sekedar hoax? Untuk mengetahuinya, maka Anda bisa cari jawabannya di artikel kami pada kesempatan ini. Maka dari itu, silahkan Anda simak artikel ini selengkapnya!


Apakah Benar Genset Bisa Merusak Berbagai Alat Elektronik yang Ada?

Generator listrik atau Genset itu adalah mesin yang pertama kali ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1831. Nah mesin tersebut dulunya dibuat dalam bentuk kawat besi berbentuk “U” yang dililitkan dengan gulungan kawat, yang mana pastinya dengan manfaat atau tujuan yang baik bagi penggunaan daya listrik. Perlu Anda ketahui, terdapat 2 komponen utama pada generator listrik, yaitu ada sator (bagian yang diam) dan rotor (bagian yang bergerak).


Untuk rotor ia akan berhubungan dengan poros generator listrik yang berputar pada pusat stator. Kemudian poros generator listrik tersebut biasanya diputar dengan menggunakan usaha yang berasal dari luar, seperti yang berasal dari turbin air maupun turbin uap. Kemudian, berdasarkan jenis arus listrik yang dihasilkan, generator listrik pun dibedakan menjadi 2 macam, yaitu Generator Listrik Alternator (AC) dan Generator Listrik Dinamo (DC).


Nah sebenarnya, apapun Genset dengan tipe atau jenis yang berbeda, semuanya adalah mesin atau alat yang memang memiliki kegunaan, terutama berkaitan dengan elektronik. Yaitu dengan memberikan daya listrik ketika PLN tidak ada atau sedang dalam keadaan mati lampu. Maka dari itu jawaban dari apakah benar Genset bisa merusak berbagai alat elektronik itu adalah belum tentu benar.


Mengapa belum tentu benar, karena semua faktor yang bisa merusakan alat elektronik ketika menggunakan Genset, pastinya dari Genset itu sendiri, yang mana mungkin ada kemungkinan adanya kejanggalan pada Genset tersebut. Seperti gangguan abnormal yang membuat putaran generator menjadi lebih cepat, sehingga dengan begitu maka tegangan GGL yang dihasilkan melebihi toleransi yang diizinkan.


Jadi kesimpulannya, Genset memang bisa berkemungkinan merusak alat elektronik, itu karena memang jika Genset yang digunakan adalah Genset yang seperti mengeluarkan 220VAC yang pastinya akan merusak elektronik yang bisa mengeluarkan tegangan 500V. Kemudian, Genset memang bisa juga merusak alat elektronik, jika memang Genset yang digunakan sudah rusak atau Genset yang memang bukan terbaik serta berkualitas.


Nah itulah yang perlu Anda ketahui mengenai Genset yang bisa atau tidak merusak alat elektronik yang ada. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Jika Anda ingin memiliki Genset, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas kami adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, tentunya Anda bisa ketahui lebih lanjut dengan mencoba mengunjungi IndahJaya.com


תגובות


bottom of page