Cara Menanggulangi Filter Udara Kotor Pada Genset yang Wajib Diwaspadai



Tentunya filter udara ada pada beberapa mesin kendaraan dan juga Genset, itu karena ia memiliki fungsi dan kegunaannya sendiri. Nah kegunaannya jelas, yaitu untuk menyaring semua debu dan kotoran sehingga tidak akan mengganggu proses pembakaran pada suatu mesin. Jika adanya gangguan, maka pastinya mesin tidak akan bisa digunakan, yang mana juga akan merembet pada masalah lain di komponen lain.


Nah melalui artikel kami pada kesempatan kali ini, kami berkesempatan untuk mempermudah anda dalam mengenal cara untuk menanggulangi filter udara Genset yang memang sedang dalam keadaan kotor. Maka dari itu filter udara yang kotor perlu diwaspadai, dimana cara mengatasinya bisa anda ketahui di artikel ini. Oleh karena itu, silahkan anda simak artikel ini selengkapnya agar anda dapat menanggulangi filter udara kotor pada Genset.


Inilah Penyebab dan Juga Dampak dari Filter Udara Genset yang Kotor

Sebelum mengetahui cara menanggulanginya, tentunya anda perlu tahu dulu apa penyebab filter udara Genset kotor, begitu juga dengan dampak dari filter udara yang kotor. Nah tentunya penyebab filter udara yang kotor pastinya karena memang pemakaian yang terus menerus, sehingga bisa menumpukan kotoran lama-kelamaan. Tidak hanya itu, ada juga penempatan Genset yang tidak seharusnya, yang dimana bisa juga membuat filter udara menjadi kotor.


Ketika filter udara kotor, maka tentu itu akan memberikan dampak bagi Genset itu sendiri. Nah dampak dari filter udara yang kotor tentunya akan memunculkan beberapa efek negatif buat mesin Genset. Filter udara Genset memiliki fungsi, yang dimana ia berfungsi untuk menyaring udara dari kotoran sebelum masuk ke ruang bakar. Oleh karena itu, jika filter udara kotor, maka otomatis pasokan udara yang masuk ke ruang bakar juga terhambat atau tidak lancar. Kemudian mesin Genset pastinya akan memiliki kinerja yang berat, bahkan bisa tersendat.


Inilah Cara Menanggulangi Filter Udara yang Kotor Pada Genset

Karena tidak baik untuk mesin Genset itu sendiri, maka jelas filter udara yang kotor harus diatasi. Cara yang tepat untuk atasi itu, ya tentu hanya membersihkannya, atau kalau perlu anda ganti komponen filter udara dari Genset tersebut. Nah cara membersihkan filter udara pada Genset sebenarnya mudah dan bisa anda lakukan, dimana caranya adalah sebagai berikut:


  1. Melepas filter udara pada mesin Genset.

  2. Kemudian filter udara bisa dibersihkan dengan cara disemprot, atau bisa juga dicuci menggunakan air detergen atau cairan pembersih (tidak boleh menggunakan cairan yang mudah terbakar).

  3. Selanjutnya anda bisa peras filter udara tersebut sampai air tidak ada lagi.

  4. Berikutnya, keringkan dengan cara disemprot menggunakan alat penyemprot udara bertekanan sesuai.

  5. Nah selanjutnya, anda dapat melumasi filter udara menggunakan oli.

  6. Terakhir pasang kembali filter udara Genset ke posisi semula pada mesin Genset anda.


Jadi itulah cara membersihkan filter udara, yang mana sebenarnya bisa bebas anda lakukan asal itu tepat, seperti mengetuknya dengan sesuai agar kotoran keluar, disemprot dengan tekanan sesuai, atau bisa juga dicuci dengan air dan pembersih yang sesuai. Namun jika memang tidak memungkinkan untuk dibersihkan, maka anda dapat mengganti komponen tersebut dengan yang baru.


Nah itulah cara menanggulangi filter udara Genset yang kotor, dimana itu sangat bermanfaat untuk anda semua dan juga Genset-nya. Sekian dari kami, bilamana anda tertarik ingin memiliki Genset, maka yang berkualitas dan terbaik adalah Tenka. Mengenai Genset Tenka, anda dapat miliki itu dan juga ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com