Bagaimana Cara Merawat Genset yang Benar? Ini Jawabannya


Bagaimana Cara Merawat Genset yang Benar Ini Jawabannya

Kebutuhan genset dari tahun ke tahun semakin meningkat seiring dengan perkembangan industri. Generator set merupakan salah satu jawaban untuk menghindari kerugian akibat aktivitas produksi dalam pabrik terhenti.


Berbicara tentang generator set, kita harus mengetahui cara perawatannya yang benar. Dengan begitu generator set yang Anda gunakan dapat bertahan lama. Hal ini akan mengurangi biaya pengeluaran akibat mesin sering rusak atau tidak bekerja.


Memiliki genset yang dirancang dan terpelihara baik merupakan salah satu upaya agar ketersediaan listrik tetap terjaga saat diadakan pemadaman bergilir. Selain itu, generator set tidak terawat kerap mengalami gagal operasi.


Namun cara merawat alat ini tidak dapat dilakukan sembarangan. Terdapat beberapa aturan yang perlu diperhatikan untuk menghindari kesalahan prosedur perawatan atau kelalaian sehingga memicu mesin gagal starting.


Cara Merawat Genset yang Benar agar Tahan Lama


Merawat generator set perlu Anda lakukan agar tahan lama atau tidak mudah rusak. Berikut beberapa cara merawat generator set agar tahan lama, di antaranya:


Sering Memanaskan Generator Set Setiap Minggu


Sebagai salah satu langkah perawatan, panaskanlah genset satu minggu sekali agar mesinnya tetap aktif sekalipun tidak digunakan. Hal ini diperlukan untuk memungkinkan mesin mampu bergerak dengan baik dan fungsinya tetap terjaga optimal.


Rawat Sistem Pendingin Secara Hati-hati


Perawatan pada sistem pendingin perlu Anda lakukan secara hati-hati untuk menghindari kerusakan pada sirip pendingin. Gunakanlah kompresi udara tekanan rendah atau aliran air ke arah berlawanan dengan udara normal untuk membersihkan bagian radiator.


Rajin Mengganti Sparepart Generator Set


Untuk menjaga ketahanan genset, mengganti sparepart perlu dilakukan secara rutin. Anda dapat melihat petunjuknya dalam buku panduan untuk mengetahui komponen apa saja yang kira-kira sudah usang dan harus diganti.


Lakukan Perawatan Pada Sistem Pelumas


Lakukan perawatan pada sistem pelumas dengan memeriksa tingkat oil mesin saat dimatikan pada interval yang telah ditentukan oleh tabel. Jaga level oil mendekati dengan full pada dipstick dengan menambahkan oil berkualitas dan merk yang sama.


Pastikan Aki Tidak Berkarat dan Longgar


Pemeriksaan aki dapat dilakukan dengan cara mengecek terminalnya agar tidak longgar untuk menghindari kerusakan semakin parah. Selain pemeriksaan kelonggaran pada terminal, pastikan sistem aki tidak berkarat agar tidak menghambat proses starting.


Beberapa Hal yang dapat Membuat Genset Cepat Rusak


Selain melakukan upaya perawatan, Anda juga perlu menghindari beberapa hal yang membuat generator set cepat rusak. Berikut di antaranya:


Menggunakan Generator Set Secara Berlebihan


Salah satu hal yang dapat membuat generator set cepat rusak yaitu menggunakannya secara berlebihan. Untuk menghindari kesalahan ini sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang waktu operasionalnya agar tidak melebihi batas tersebut.


Menggunakan Generator Set Ketika Bahan Bakarnya Habis


Sering menggunakan genset ketika bahan bakar habis akan menyebabkan komponen di dalamnya cepat aus. Maka dari itu selalu siapkan bahan bakar cadangan untuk generator set sehingga tidak memaksanya tetap nyala saat situasi darurat.


Menyimpan Mesin di Sembarang Tempat


Menyimpannya di tempat sembarangan akan memperbesar tingkat kerusakan pada mesin dan membuatnya cepat rapuh, berkarat hingga kehilangan fungsinya. Seperti di tempat yang terkena paparan sinar matahari secara langsung dan air hujan.


Generator set membutuhkan cara perawatan yang benar agar terhindar dari kesalahan yang membuatnya cepat rusak. Selain itu, hindari beberapa hal yang dapat membuat komponen mesin cepat rusak. Pertimbangkan tempat penyimpanan dan cara penggunaan genset.