top of page

Inilah 3 Bagian Penting dalam Obeng yang Wajib Anda Ketahui



Jika ditanya kepada banyak orang mengenai perkakas, maka beberapa banyak akan menjawab perkakas bernama obeng. Hal itu memang wajar, karena memang obeng adalah perkakas yang sudah cukup umum ada di banyak sektor, seperti di bidang otomotif, teknologi, kelistrikan, hingga pada kebutuhan furniture rumah tangga. Namun meski banyak yang tahu obeng, sayangnya banyak yang tidak tahu juga bagian penting obeng.


Perlu Anda semua ketahui, bagian penting obeng itu tidak hanya terdiri dari 1 atau 2 saja, melainkan ada 3 bagian penting suatu obeng. Jadi dengan hanya mempunyai 1 atau 2 bagian penting obeng, maka obeng tersebut bukanlah obeng yang tepat dan terbaik untuk digunakan. Nah agar Anda semakin lebih paham mengenai bagian penting pada obeng, maka Anda bisa simak artikel ini yang membahas 3 penting bagian pada obeng.


Inilah 3 Bagian Penting dalam Obeng yang Wajib Untuk Anda Semua Ketahui

Obeng adalah salah satu perkakas yang paling umum digunakan di banyak sektor, hal itu karena obeng memiliki kegunaan yang dapat melepas, memasang, mengencangkan, hingga mengendorkan segala jenis baut, mur, ataupun sekrup tertentu. Namun itu bisa dilakukan dengan benar, apabila obeng memang sudah lengkap memiliki bagiannya masing-masing, yaitu 3 bagian yang saling melengkapi. Nah apa saja 3 bagian tersebut? Untuk mengetahuinya, maka berikut di bawah ini sudah kami jelaskan kepada Anda semua.


1. Mata Obeng

Bagian penting pada obeng adalah mata obeng yang berada pada batang obeng. Karena jika hanya ada batang material logam saja tanpa matanya, maka itu bukanlah obeng melainkan hanyalah batang besi saja. Namun meski begitu, mata obeng pun tidak terdiri dari 1 jenis saja, melainkan itu terdiri dari beberapa jenis mata obeng. Contohnya seperti ada mata obeng plus, minus, segi enam, dan lain sebagainya yang juga bisa terdiri dari beberapa ukuran yang bisa disesuaikan.


2. Batang Obeng

Tentunya mata obeng tidak akan bisa terukir jika tidak ada material logam yang ada, yaitu batang obeng yang memang terbuat dari logam atau besi. Jadi material logam pada obeng adalah komponen penting dari suatu obeng, yang mana dari batang tersebut pada ujungnya bawahnya akan terukir mata obeng yang sesuai. Contohnya ada mata obeng jenis plus, mata obeng minus, mata obeng segi enam, hingga lain sebagainya yang memang ada dan sesuai.


3. Gagang Obeng

Faktanya, batang obeng yang juga dilengkapi dengan mata obeng, tentunya masih bisa membuat obeng 2 bagian tersebut untuk membuka, melepas, mengencangkan hingga mengendorkan baut, mur, dan sekrup dari berbagai jenis yang sesuai dengan mata obengnya. Dimana itu dengan mengandalkan batang logam untuk diputar, baik menggunakan tangan atau bisa juga menggunakan tang. Namun sayangnya, cara tersebut tidak akan bisa membuat baut, mur, dan sekrup dapat presisi untuk dipasang ataupun dibuka. Sehingga dengan begitu maka dibutuhkanlah gagang obeng, yaitu bisa terbuat dari karet, ataupun bahan sebagainya yang aman dan nyaman di telapak tangan.


Jadi itulah 3 bagian penting yang ada dalam satu obeng, dimana semuanya perlu untuk Anda semua ketahui. Semoga bermanfaat bagi Anda semua, terutama menambah wawasan Anda mengenai obeng yang memang memiliki 3 bagian penting. Sekian dari kami, jika Anda ingin memiliki perkakas yang terbaik dan berkualitas, maka saran dan rekomendasi dari kami adalah perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com


bottom of page